jenis-jenis kambing dan manfaat daging kambing

DEFINISI KAMBING
GAMBAR KAMBING

PETERNAKAN-Kambing (Capra aegagrus hircus) yaitu salah satu hewan memamah biak yang memiliki ukuran tubuh sedang. hewan ternak ini merupakan subspesies dari kambing liar yang tersebar di wilayah Asia Barat Daya dan benua Eropa. Ciri dari Kambing liar jantan ataupun betina mempunyai tanduk sepasang, tetapi tanduk kambing jantan ukurannya lebih besar. Pada umumnya, kambing memiliki jenggot, ekor agak ke atas, dahi cembung dan kebanyakan kambing mempunyai bulu lurus dan juga kasar. Kemudian panjang tubuhnya tidak termasuk ekor yaitu 1,3 meter sampai 1,4 meter dan ekornya 12 centimeter hingga 15 centimeter. Bobot kambing yang betina bisa mencapai 50 kg sampai 55 kg, sedangkan kambing jantan dapat mencapai bobot 120 kg. Kambing tersebar mulai dari negara Spanyol ke arah timur hingga ke India dan dari negera India ke utara hingga Siberia dan Mongolia. Habitat yg disukainya yaitu daerah pegunungan yg berbatu-batuan.
Kambing sudah diternakkan manusia sekitar 8000 hingga 9000 tahun yg lalu. Di habitat aslinya, kambing hidup bergerombolan atau berkelompok mulai dari 5 sampai 20 ekor. Makanan utama kambing adalah dedaunan dan rumput-rumputan. kemudian waktu aktif dalam mencari makannya yaitu pada siang maupun malam hari.

Jenis-Jenis Kambing Yang Banyak Diternakkan Di Indonesia
  1. Kambing Jawa Randu
  2. Nama lain dari jenis kambing jawa randu yaitu Anglo Nubian, kambing Bligon,Gumbolo, Kacukan atau Koplo. Berasal dari daerah Nubia ( Timur Laut Afrika ). Berat badan kambing jantan ini dapat mencapai 40 kilogram, mempunyai tanduk baik yang jantan maupun kambing betina. Adalah hasil dari perkawinan antara Kambing Peranakan Ettawa dan Kambing Kacang 
  3. Kambing Kacang
  4. KAMBING KACANG

    Kambing ini merupakan jenis kambing yang paling banyak dan kambing kacang disebut juga kambing asli Indonesia. Bobotnya rata-rata yang dewasa lebih kurang 25 kilogram, dengan tinggi gumba lebih kurang sekitar 60 centimeter. jantan maupun yang betina bertanduk, telinga nya pendek dan menggantung. Warna bulunya bervariasi dari coklat, hitam, putih dan kombinasi dari beberapa warna. kambing kacang adalah salah satu tipe penghasil daging yang baik. 
  5. Kambing Ettawa
  6. KAMBING ETAWA

    Kambing jenis ini (Ettawa) disebut juga dengan nama kambing Jamnapari karena kambing ettawa berasal dari wilayah Jamnapari India. Posturnya besar telinga terkulai panjang bisa mencapai 20 hingga 30 centimeter.  warnanya belang hitam putih ataupun merah dan cokelat putih. Bobot yang jantan bisa mencapai 68 kg sampai 91 kg, bobot yang betina 36 sampai 63 kilogram. untuk produksi susu bisa mencapai 2 hingga 3 liter/harinya.
  7. Kambing Saenen
  8. KAMBING SEANEN

    Kambing ini berasal dari wilayah Saenen, negara Swiss, memiliki warna yang putih, Kambing ini merupakan tipe perah, dan sering dikawinkan dengan jenis kambing peranakan etawa tujuannya untuk menghasilkan susu yg lebih banyak.
  9. Kambing Peranakan Ettawa (PE)
  10. KAMBING PERANAKAN ETAWA ATAU PE

    Kambing jenis ini adalah hasil dari perkawinan antara Kambing lokal atau kambing kacang dengan Kambing Ettawa, Dwiguna sebagai tipe kambing perah dan pedaging. Warna bulunya beragam bisa merah coklat, belang putih, bercak hitam atau kombinasi dari beberapa warna bulu dan pada bagian belakang memiliki bulu yang panjang dan lebat. tinggi kambing jenis ini bisa mencapai 70 sampai 90 cm.
  11. Kambing Boer
  12. KAMBING BOER

    Kambing yang satu ini berasal dari benua afrika, dan kemudian banyak dikembangbiakkan di Australia. Bobot yang jantan bisa mencapai 100 sampai dengan 150 kilogram. bentuk tubuhnya besar dan juga panjang tetapi tidak setinggi jenis Kambing Peranakan Ettawa(PE). Prosentase karkasnya cukup baik mencapai 52 persen sehingga sangat bagus untuk dijadikan sebagai tipe pedaging.
KANDUNGAN GIZI PADA DAGING KAMBING
Dibawah ini adalah kandungan gizi per 100 gram daging Kambing.
Berdasarkan dari beberapa sumber yang kami rangkum tentang kandungan gizi daging kambing per 100 gram, yaitu daging kambing mempunyai beberapa Nutrisi yg cukup tinggi:
  1. Lemak 11g (17 % dari kebutuhan harian)
  2. Kalori : 234, Kalori dari lemak 100
  3. Lemak Jenuh 5g (26%)
  4. Sodium 135 mg 6%
  5. Kolesterol 109 mg (36 % kebutuhan harian)
MANFAAT DAGING KAMBING UNTUK KESEHATAN TUBUH
  1. Sebagai sumber energi
  2. Pembentukan otot
  3. Mencegah anemia
  4. Menjaga sistem saraf
  5. Meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh
  6. Sumber antioksidan
  7. Menjaga kesehatan mental
  8. Meningkatkan kolestrol baik(HDL)
  9. Menjaga kesehatan mata
  10. Kesehatan tulang
EFEK SAMPING KONSUMSI DAGING KAMBING BERLEBIHAN
Apabila anda mempunyai penyakit tekanan darah tinggi, penyakit diabetes dan kolesterol sebaiknya anda mengurangi atau membatasi dalam mengkonsumsi daging kambing. tidak mengkonsumsi daging kambing terlalu berlebihan karena di dalam daging kambing sangat tinggi kandungan kolestrolnya, daging kambing juga cukup berbahaya bagi anda yang mempunyai penyakit hipertensi.

CARA MENGKONSUMSI DAGING KAMBING YANG BENAR
Sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kebugaran tubuh dan membatasi dalam mengkonsumsi daging kambing,  maksimalnya dalam 1 minggu 1 kali. sebaiknya satu kali makan daging kambing jangan terlalu banyak usahakan tidak lebih dari 100 gram, kecuali jika anda yakin dengan kondisi tubuh anda memang fit dan belum terindikasi adanya penyakit berbahaya.

Belum ada Komentar untuk "jenis-jenis kambing dan manfaat daging kambing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel