cara pemberian pakan untuk ayam aduan dan ciri ciri ayam aduan

CARA PEMBERIAN PAKAN UNTUK AYAM ADUAN

ayam aduanam
Sumber gambar dari GOOGLE

Dalam pemeliharaan dan perawatan ayam aduan, salah satu hal yang tidak boleh diabaikan yaitu pakan/makanan, makanan yang akan diberikan untuk ayam aduan harus benar-benar diperhatikan karena pakan tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik ayam. makanan/pakan untuk ayam aduan harus memenuhi kandungan nutrisi yang komplit misalnya seperti protein, lemak, karbohidrat, pakan hijauan, mineral dan vitamin. Pada setiap umur ayam maka kebutuhan kandungan nutrisi akan berbeda pula.
Dibawah ini merupakan prosedur dalam pemberian pakan untuk ayam aduan sesuai dengan umur
  • Umur ayam 2 hari - 2 Minggu
Pada umur ayam 2 hari - 2 minggu harus diberikan pakan yang tinggi protein dan tinggi lemak, karena pada umur ini tubuh ayam aduan sangat membutuhkan gizi yang tinggi. makanan yang bisa diberikan untuk ayam aduan pada umur ini yaitu pakan yang biasa diberikan untuk ayam pedaging, karena pakan ini mengandung protein yang tinggi.
  • Umur Ayam aduan 2 minggu - 1 bulan
Umur ayam 2 minggu - 1 bulan pada umur ini ayam bisa di beri pakan yang mengandung tinggi protein namun rendah lemak, dengan persentase nya kira-kira mengandung Serat 6,0%, lemak 3,0%, protein 20%. Untuk jenis pakan yang bisa di gunakan dapat menggunakan makanan campuran misalnya katul, tepung ikan dan jagung dengan perbandingannya 3:2:1.
  • Umur Ayam aduan 1-3 Bulan
Pada umur 1 sampai 3 bulan ayam aduan bisa di berikan pakan khusus misalnya pakan yang berkode 591/2/3 sesuai dengan tahap perkembangan dan umurnya. pada umur ayam aduan 1 bulan ayam sudah dapat di lepas bebas selama 1 jam tiap harinya, setelah ayam berumur  2 bulan bisa di lepas paling lama 2 jam tiap harinya.
  • Umur Ayam aduan 3-6 Bulan
Pada saat ayam sudah memasuki usia 3 sampai 6 bulan, ayam sudah dapat diberi pakan khusus (ayam aduan) dengan ditambah suplemen ataupun dapat diberikan vitamin b komplet, tujuannya adalah untuk pertumbuhan tulang dan bulunya.
Apabila ayam telah mencapai umur 3 - 4 bulan maka pakan sebaiknya diganti dengan pakan ayam aduan yang berkode 593 dan 594 untuk selanjutnya di teruskan dengan pakan campuran antara butiran 594 dengan beras merah pada umur ayam 6 bulan.
  • Pakan Ayam Aduan umur 6 bulan Keatas
Ketika ayam sudah memasuki umur 6 bulan keatas maka pakan yang dapat diberikan berupa beras merah, tujuan pemberian pakan berupa beras merah yaitu untuk pembentukan tubuh dan otot. Pemberian pakan di umur ini sesekali juga di berikan pakan voor hingga pertumbuhan bulu-bulunya betul-betul sempurna.

CIRI - CIRI AYAM ADUAN YANG BAGUS(AYAM BANGKOK).
Ayam Bangkok sering di jadikan sebagai ayam aduan, ayam bangkok mempunyai banyak kelebihan dan keunggulan dari pada ayam aduan biasanya. Ayam bangkok aduan akan lebih besar peluangnya untuk memenangkan dalam sebuah ajang aduan ayam, dibawah ini merupakan ciri - ciri dari ayam bangkok aduan yang bagus kuliatasnya
ciri - ciri ayam bangkok unggulan :
  1. batok kepalanya yang kelihatan tebal dan Alis yang tebal.
  2. Mempunyai kepala yang mirip seperti buah pinang.
  3. Memiliki bulu yang mengkilap terutama pada bagian sayap dan ekornya.
  4. Mempunyai mata yang jernih, sipit dan masuk kedalam.
  5. Memiliki paruh yang besar dan juga melengkung beraur dari hidung ke arah muka.
  6. Mempunyai Kulit Mukanya kasar dan tebal, warnanya pun akan merah.
  7. Jari kaki kecil dan panjang, susunan jarinya mekar.
  8. Pandai Memukul alat vital lawan aduan.
  9. Mempunyai insting tarung yang bagus.
  10. Kaki ayam bangkok mempunyai sisik yang kasar biasanya berbentuk persegi ataupun bulat.
  11. Semangat bertarung Ayam tinggi.
  12. Lubang hidung agak menjorok kedepan.
  13. Jika berdiri sikapnya akan tegak tidak membungkuk.
  14. Mempunyai pukulan yang keras dan akurat.
  15. Tidak Mudah Lelah.
Data ini kami dapatkan dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "cara pemberian pakan untuk ayam aduan dan ciri ciri ayam aduan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel