Ciri-Ciri Sapi Bali Dan Keunggulan Sapi Bali

SAPI BALI

SAPI BALI
PETERNAKAN-Sapi bali nama latin Bos Sondaicus adalah jenis sapi unggul yang berasal dari palau Bali, sapi bali adalah hasil dari domestikasi dari bibos banteng. Sapi bali sudah dikembangbiakkan oleh masyarakat bali sejak zaman dahulu.
Jika kita lihat sejarahnya, sapi bali yakni berasal dari banteng yg sudah dijinakkan ratusan tahun yang lalu, kemudian abad ke-18 sapi ini mulai menyebar ke wilayah Lombok setelah itu mulai menyebar ke daerah-daerah lain di Indonesia. Pada saat ini sapi Bali sudah menyebar sampai ke Filipina, Australia, Malaysia dan beberapa negara-negara lainnya.
Sapi bali termasuk salah satu usaha peternakan yg cukup potensial untuk dikembangkan dan juga sangat cocok dengan kondisi lingkungan di negara indonesia. Sapi bali juga mempunyai beberapa keunggulan apabila dibandingkan dengan jenis sapi lain, keunggulan sapi bali contohnya seperti mudah dalam beradaptasi dengan iklim yang panas, tingkat kesuburannya yang mencapai hingga 83%, dan sapi bali adalah tenaga kerja yang kuat dan tangguh pada saat turun ke sawah untuk membajak tanah.

Baca juga informasi lowongan kerja di aceh:
CIRI-CIRI SAPI BALI
  1. Penampilan Fisik
  2. Secara fisiknya, sapi ini cukup mudah untuk dikenali karena memiliki ciri-ciri seperti dibawah ini:
    1. Kaki di bawah persendian telapak kaki depan dan persendian telapak kaki belakang berwarna putih. Kulit yang berwarna putih juga terlihat di bagian pantatnya dan juga pada bagian paha, kulit yang berwarna putih tersebut bentuknya oval. Warna bulu putih juga ditemukan pada bibir atas/bawah, tepi daun telinga dan ujung ekor. Bulu sapi bali halus pendek dan mengkilap.
    2. Warna bulu pada badan akan mengalami perubahan sesuai usia dan juga jenis kelaminnya, sapi bali termasuk hewan dimoprhism-sex. ketika masih “pedet”, bulu pada badannya berwarna sawo matang hingga warna kemerahan, kemudian setelah dewasa yang jantan akan berwarna lebih gelap jika dibandingkan dengan yang betina. 
    3. Badannya padat dengan dada yang dalam.
    4. Ukuran badan sedang dan bentuk badan memanjang.
    5. Kaki ramping, sedikit pendek mirip kaki kerbau.
    6. Tidak memiliki punuk dan seolah-olah tidak bergelambir
    7. Hidung, kuku dan bulu ujung ekor berwarna hitam
  3. Warna Bulu Sapi Bali
  4. Pedet jantan ataupun yang betina sejak lahir sampai berumur 1,5 tahun mempunyai warna bulu sawo matang atau kemerahan. akan tetapi setelah umur 1,5 tahun keatas warna bulu yang jantan akan berubah menjadi hitam sampai sapi tersebut dewasa. Untuk sapi bali betina tetap berwarna merah. 
  5. Reproduksi
apabila dilihat dari segi reproduksi, sapi ini termasuk jenis sapi yang subur. Persentase dalam beranaknya berkisar antara 40 sampai 80 %, kemudian selang beranak yang cukup pendek yaitu mendekati 1 tahun.

KUALITAS DAGING SAPI BALI
Sapi bali termasuk ternak sapi potong andalan Indonesia. Sapi bali mempunyai persentase karkas yang tinggi dan lemaknya sedikit, perbandingan daging dan tulangnya sangat rendah. Dilihat dari segi produksi karkas, ternak sapi bali mempunyai persentase karkas yang sangat tinggi dari pada ternak sapi lainnya. Untuk Persentase karkas sapi bali berkisar 56 sampai 57%.

KEUNGGULAN SAPI BALI Kelebihan dan Keunggulan sapi bali terlihat pada hidupnya yaitu tahan terhadap cuaca yang panas dan mudah dikendalikan  serta jinak. Ternak sapi bali masih bisa hidup walaupun hanya dengan memakan rumput yang kurang bergizi, sapi bali juga tidak terlalu selektif terhadap makanan, dan mempunyai daya cerna makanan serat yang sangat baik. Kelebihan sapi bali yang sangat mencolok yaitu kemampuannya dalam beradaptasi/hidup dengan baik meskipun pada keadaaan lingkungan dan juga kondisi lingkungan yang kurang baik.
Baca juga cara beternak ayam aduan dan cara beternak ayam kampung

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Sapi Bali Dan Keunggulan Sapi Bali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel