jenis-jenis kelinci dan ciri-ciri kelinci peliharaan

KELINCI

KELINCI

PETERNAKAN- Kelinci merupakan salah satu hewan mamalia dari keluarga Leporidae, Kelinci sangat mudah untuk ditemukan karena hampir di setiap negara ada hewan yang satu ini. Pada zaman dahulu, kelinci adalah hewan yang hidup secara liar di Afrika sampai ke negara- negara di Eropa. dari sebuah informasi yang didapatkan yang bahwa, pertama kali kelinci dibawa ke Jawa oleh orang-orang dari negara Belanda yaitu pada tahun 1835-an. Pada masa itu, kelinci sudah menjadi ternak peliharaan. Di negara Indonesia sendiri, budidaya/peternakan kelinci dibagi menjadi dua : pertama peternakan daging dan kedua sebagai ternak hias.

DATA BIOLOGIS KELINCI
  1. Masa hidup: 5 - 10 tahun.
  2. Masa bunting : 28-35 hari (rata-rata 29 hingga 31 hari).
  3. Masa produksi: 1 - 3 tahun.
  4. Umur dewasa: 4-10 bulan.
  5. Masa penyapihan : 6-8 minggu.
  6. Masa perkawinan setelah beranak : 1 minggu setelah anak disapih.
  7. Umur dikawinkan: 6-12 bulan.
  8. Siklus birahi: lebihkurang Sekitar 2 minggu.
  9. Siklus kelamin : Poliestrus dalam setahun bisa 5 kali bunting.
  10. Ovulasi: Terjadi pada hari kawin (9 - 13 jam kemudian).
  11. Periode estrus : 11 - 15 hari.
  12. Jumlah kelahiran: 4- 10 ekor (rata-rata 6 - 8).
  13. Fertilitas: 1 - 2 jam sesudah kawin.
  14. Bobot dewasa:  tergantung pada jenis kelamin, ras, dan juga faktor pemeliharaan.
  15. Volume darah: 40 ml/kg berat badan.
JENIS KELINCI PENGHASIL BULU
a. Kelinci Angora
KELINCI ANGORA
Kelinci Angora merupakan jenis kelinci penghasil bulu (woll) yang paling digemari, Ciri-ciri dari kelinci angora yaitu berbulu tebal dan halus. bentuk rupa kelinci angora cantik dan elok, oleh sebab itu kelinci angora banyak dipelihara oleh masyarakat sebagai kelinci hias. Dibawah ini beberapa tipe kelinci angora yang banyak diternakkan dan juga cukup terkenal didunia, yakni:
  1. angora Perancis
  2. angora Inggris
  3. angora Jerman
  4. angora peranakan giant flemish
  5. angora peranakan satin
kelinci angora memiliki beragam ukuran tubuh tergantung jenisnya, Jenis kelinci angora yang terkecil yaitu angora inggris dengan bobot tubuh rata-rata 2,3 kg dan jenis yang paling kecil adalah kelinci angora peranakan giant flemish yang hanya bisa mencapai bobot 5 kg. Kelinci jenis ini menyukai tempat yang sejuk. namun kelinci angora tidak menyukai tempat yang lembab. karena jika tempat terlalu lembab bulunya akan mudah rontok.

JENIS KELINCI PEDAGING
a. Kelinci Flemish Giant
KELINCI FLEMISH GIANT
Jenis kelinci flemish giant bobot tubuhnya bisa mencapai 10 kilogram. Rata-rata ras kelinci flemish giant yang dewasa berbobot 6 kilogram. Sekarang ini dalam usaha ternak kelinci flemish giant kebanyakannya para peternak menggunakan ras hasil silangan yang ukuran dan bobotnya tidak sebesar ras murninya, itu di karenakan pada saat ini di indonesia begitu sulit untuk mendapatkan ras flemish giant murni. Ciri-ciri dari kelinci flemish giant yaitu bertubuh panjang mempunyai telinga lebar. Bulunya memiliki warna yang cukup beragam mulai dari warna hitam, putih, biru, coklat kekuningan , abu-abu cerah dan warna abu-abu gelap, serta berwarna hitam kecoklatan.

b. Kelinci Netherland Dwarf
kelinci netherland dwarf
Kelinci jenis Netherland Dwarf dibawa ke negara Indonesia oleh belanda kemudian dipelihara sebagai binatang peliharaan di perkebunan-perkebunan milik kolonial belanda. Setelah belanda pergi kemudian masyarakat indonesia banyak membudidayakannya, Kelinci Netherland Dwarf berukuran kecil dan pertumbuhan badannya relatif lambat. Sebenarnya jenis kelinci ini kurang cocok untuk kegiatan usaha ternak, namun kini penyebaran kelinci Netherland Dwarf sudah begitu banyak di Indonesia .

c. Kelinci New Zealand white
Kita jangan terkecoh dengan nama kelinci ini memang nama kelinci ini mirip nama sebuah negara yaitu New Zealand, tetapi kelinci ini bukanlah berasal dari negara New Zealand, melainkan dari negara Amerika Serikat. kelinci New Zealand didapatkan dari hasil persilangan dengan kelinci flemish giant. Bobot tubuhnya bisa mencapai 5,5 kilogram dan jika dipelihara dengan baik kelinci New Zealand umurnya bisa mencapai hingga 10 tahun. Jumlah anak kelinci New Zealand dalam sekali kelahiran rata-rata 10 sampai 12 ekor. Ras kelinci New Zealand cocok dipelihara sebagai indukan untuk ternak kelinci. kelinci New Zealand memiliki warna bulunya putih albino dan mata berwarna merah.

JENIS KELINCI PENGHASIL DAGING DAN KULIT
a. Kelinci Rex
kelinci rex
Kelinci Rex mulai dikenal di Negara Amerika Serikat sekitar tahun 1980-an yang dipelihara sebagai kelinci hias. Karena mempunyai keunggulan pedaging, maka jenis Kelinci Rex banyak dijadikan sebagai kelinci pedaging. Bobot tubuhnya sekitar 3,6 kilogram dan rasa dagingnya cukup enak, apabila ingin beternak kelinci rex paling bagus dilakukan di tempat yang memiliki hawa sejuk, dan akan paling bagus tumbuhnya pada suhu sekitar 5 sampai 15oC. Keunggulan dari kelinci rex terletak pada bulunya yang kuat dan halus, tidak akan mudah rontok. Sehingga sangat cocok untuk diambil kulitnya.

b. Kelinci Satin
kelinci satin
Kelinci Satin berasal dari negara Amerika. Bobot tubuhnya setelah berumur lebih dari 8 bulan dapat mencapai 4 hingga 5 kilogram. Jenis kelinci satin mempunyai ruas-ruas tulang dan kuku yang sangat kuat. Jumlah anak dalam sekali kelahiran 7 hingga 10 ekor.  Ciri dari Kelinci Satin yaitu memiliki bentuk tubuh panjang dengan bentuk kepala yang lebar dan bentuk leher pendek. kelinci Satin mempunyai warna bulu yang cukup beragam mulai dari warna putih, coklat, kebiruan, gading dan warna hitam.

PAKAN KELINCI
Jenis makanan yang baik diberikan untuk kelinci, mutu dan komposisi sangat mempengaruhi dalam pertumbuhan, perkembangbiakkan dan kesehatan kelinci. Makanan/pakan yang diberikan untuk kelinci tidak harus setiap hari rumput dan sayuran hijau.
Selain rumput dan hijauan, jenis makanan/pakan kelinci yang baik dan sehat diantaranya yaitu biji-bijian, umbi-umbian dan juga pelet. Pelet juga bisa diberikan untuk kelinci sebagai makanan tambahan.

Belum ada Komentar untuk "jenis-jenis kelinci dan ciri-ciri kelinci peliharaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel