jenis jenis sapi potong atau sapi pedaging

JENIS-JENIS SAPI POTONG ATAU SAPI PEDAGING

Sapi potong atau sapi pedaging adalah sapi yang dipelihara dengan tujuannya untuk kemudian diambil dagingnya. Sapi yang dipelihara untuk dipotong memiliki ciri sebagai berikut ini yang pertama mempunyai ukuran badan yang besar, kedua memiliki bentuk badan yang simetris, ketiga mempunyai kualitas daging yang bagus dan yang terakhir atau keempat yaitu mempunyai pertumbuhan yang cepat.

Dibawah ini merupakan jenis-jenis sapi potong atau sapi pedaging yang banyak diternakkan/dipelihara dan kami berikan lengkap dengan gambarnya :

Sapi Aceh
sapi aceh
GAMBAR SAPI ACEH

Sapi aceh adalah hasil dari persilangan antara sapi ongole dengan sapi lokal, disamping itu sapi aceh menjadi salah satu sapi potong/sapi pedaging lokal favorit bagi para peternak. Ciri fisik dari sapi aceh yaitu mempunyai warna bulu merah kecoklatan dan memiliki punuk kecil seperti pada sapi ongole.

Sapi bali
SAPI BALI

GAMBAR SAPI BALI


Sapi bali berasal dari pulau bali pada dasarnya sapi ini merupakan banteng namun sudah dijinakkan pada zaman dahulu, kini sapi bali sangat banyak diternakkan oleh masyarakat indonesia. Ciri-ciri dari sapi bali yaitu memiliki bulu berwarna merah dan mempunyai warna putih pada lutut ke bawah hingga ke pantat, sapi bali juga memiliki garis berwarna hitam pada bagian punggung atau orang sering menyebutnya garis belut. disamping itu sapi bali memiliki kemampuan dalam beradaptasi pada lingkungan yg baru dengan sangat baik.

Sapi Charolais
Sapi Charolais
GAMBAR CHAROLAIS


Sapi charolais adalah salah satu jenis sapi unggul, sapi ini berasal dari negara prancis namun kini banyak dikembangbiakkan di negara amerika, di prancis sapi ini sangat terkenal sebagai sapi potong/sapi pedaging. ciri fisik dari sapi charolais yaitu memiliki tubuh yang besar dan tinggi dan mempunyai warna bulu perak terang atau kecoklatan dan mempunyai tanduk yang panjang.


Sapi Peranakan Ongole (PO)
Sapi Peranakan Ongole (PO)
GAMBAR SAPI PERANAKAN ONGOLE

Sapi PO (peranakan Ongole) adalah hasil dari persilangan antara sapi lokal Jawa dengan sapi ongole, sapi ini memiliki tenaga yang sangat kuat dan harga sapi peranakan ongole tidak terlalu mahal dan jenis sapi ini memiliki daging kualitas bagus. Ciri fisik sapi ongole yaitu mempunyai punuk dan memiliki gelambir di leher, namun gelambir sapi peranakan ongole tidak sebesar gelambir sapi ongole asli.

Sapi Ongole
sapi ongole
SAPI ONGOLE


Sapi Ongole adalah jenis sapi yang berasal dari negara india dan memiliki ciri-ciri warna bulunya putih dan juga memiliki warna hitam di sebagian tubuhnya, memiliki punuk dan juga mempunyai gelambir. Jenis sapi ongole sudah disilangkan dengan jenis sapi Madura dan memiliki ciri yang sama, namun yang membedakannya yaitu sapi yang telah disilangkan memiliki kemampuan reproduksi yg rendah.


Sapi Madura
SAPI MADURA
GAMBAR SAPI MADURA


Sapi Madura merupakan jenis sapi potong yang berasal dari negara Indonesia. Sapi madura adalah sapi hasil dari persilangan banteng dengan jenis sapi zebu. Sapi madura memiliki ciri-ciri warna bulu kuning sampai warna merah bata dan memiliki punuk, serta pada bagian moncong, ekor dan kaki bagian bawah mempunyai warna putih.


Sapi Droughmaster
Sapi Droughmaster
GAMBAR SAPI DROUGHMASTER


Sapi droughmaster adalah jenis sapi yang cukup banyak diternakkan di negara Australia. Pada awalnya sapi droughmaster merupakan hasil dari persilangan antara sapi brahman dari negara india dengan sapi shorthorn dari negara inggris. Ciri fisiknya yaitu tubuh besar dan warna bulunya coklat kemerahan di seluruh bagian tubuhnya.


Sapi Brahman
SAPI BRAHMAN
GAMBAR SAPI BRAHMAN


Sapi Brahman adalah salah satu jenis sapi yang berasal dari negara India. Ciri fisik dari sapi Brahman yaitu memiliki warna bulu coklat sampai warna coklat tua, punuk besar, kepala berwarna putih, serta gelambir berlipat-lipat yang memanjang dari bagian kepala hingga leher dan memiliki kemampuan dalam beradaptasi yang tinggi, dan tahan terhadap cuaca yang panas.


Sapi Hereford
Sapi Hereford
GAMBAR SAPI HEREFORD


Sapi hereford adalah sapi yang berasal dari benua eropa dan memiliki ciri warna bulunya merah dan warna putih di bagian dada, muka, ekor, serta perut bagian bawah dan bentuk tubuhnya besar dan bulat memanjang.


Sapi Beefmaster
Sapi Beefmaster
GAMBAR SAPI BEEFMASTER

Sapi beefmaster yaitu jenis sapi yang pertama kali dikembangkan di negara Amerika serikat, sapi ini merupakan hasil dari persilangan antara sapi betina shorthorn dengan sapi brahman jantan. dengan memiliki ciri fisiknya yaitu tubuh yang besar dengan warna bulu coklat kemerahan dan memiliki punuk. 

Sapi Charbray
Sapi Charbray
GAMBAR SAPI CHARBRAY

Sapi charbray adalah jenis sapi hasil dari persilangan antara sapi charolais dari negara amerika serikat dengan sapi brahman dari negara india. dengan memiliki ciri tubuh besar bulu berwarna coklat atau krem dan mempunyai punuk serta memiliki tanduk kecil.

Sapi Limosin (Limmousine)
Sapi Limosin (Limmousine)
GAMBAR SAPI LIMOSIN

Sapi Limosin berasal dari negara Perancis. sapi limosin mempunyai ciri tubuhnya yaitu tanduk kecil dan berbentuk lengkung serta memiliki tubuh yang besar, tebal dan memiliki bulu kemerahan. Sapi limosin memiliki tingkat keunggulan pertumbuhan tubuhnya yang di atas sapi jenis yang lain.

Sapi Simmental
Sapi Simmental
GAMBAR SAPI SIMMENTAL

Sapi simmental adalah jenis sapi potong yang berasal dari Eropa. dengan memiliki ciri fisiknya yaitu kekar dan cukup mudah untuk dijinakkan. Pada umumnya sapi simmental warna tubuhnya coklat dan sedikit warna putih di depan kepala dan berbulu di telapak kaki.

Data ini kami rangkum dari beberapa sumber mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaiannya

Belum ada Komentar untuk "jenis jenis sapi potong atau sapi pedaging"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel