cara mengembangbiakkan burung kenari yang benar

PENGEMBANGBIAKAN BURUNG KENARI

BURUNG KENARI
BURUNG KENARI

Burung kenari dengan nama latin Serinus Canaria ditemukan pada abad ke-15 di Kepulauan Canary oleh seorang pelaut kebangsaan prancis yang bernama Jean de Berthan Cout, keaneka ragaman burung kenari yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung hias sekarang ini merupakan hasil dari perkawinan silang yang dilakukan oleh peternak, jenis burung kenari hasil dari perkawinan silang diantaranya yaitu, norwich, scoth fancy, london fancy, bolder fancy, yorkshire, gloser, lanchaisire dan lain sebagainya. Nama dari burung kenari diambil dari nama pulau tempat ditemukannya burung tersebut yakni kepulauan Canary. Apabila kita ingin mendapatkan burung kenari sangatlah mudah sekarang ini, karna banyak dijual di tempat penjualan burung ataupun jika ingin beternak burung kenari dibawah ini kami uraikan beberapa hal yang perlu dilakukan dalam beternak kenari bagi pemula. dibawah ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan dalam kegiatan beternak burung kenari.

CARA MEMBEDAKAN INDUKAN BURUNG KENARI JANTAN DAN KENARI BETINA

Kenari Jantan
  1. Pada umumnya posisi dubur lebih menonjol dan tegak lurus keatas.
  2. Tubuhnya lebih ramping dan memanjang serta leher lebih panjang
  3. Memiliki bunyi lebih nyaring.
Kenari Betina
  1. Posisi dubur tidak menonjol dan juga datar.
  2. Tubuhnya agak bulat dan memiliki leher lebih pendek.
  3. Berbunyi nyaring tetapi tidak ngerol, namun ada juga yg berbunyi ngerol tetapi tidak nyaring.
UMUR BURUNG KENARI UNTUK DI KAWINKAN
Burung Kenari yang telah siap untuk di kawinkan untuk yang jantan berusia 8 bulan dan untuk betina berusia 6 bulan. namun untuk burung kenari postur besar keturunan dari burung kenari Yorkhire sebaiknya berumur 10 bulan atau lebih.
Burung Kenari yang akan diternak harus di pastikan dalam kondisi/keadaan birahi. karena ada kalanya burung kenari yg sudah cukup umur tetapi tidak birahi. sehingga menjadi susah diternak karena sulit berjodoh. kemudian burung kenari harus dalam keadaan sehat.

KARAKTERISTIK BURUNG KENARI BIRAHI
Kenari Jantan
  • Sering berkicau serta melompat-lompat ke kanan dan ke kiri pada bagian dasar kadang sambil berbunyi, bahkan terlihat menabrak jeruji sangkar. Yang jantan berbunyi nyaring dengan menurunkan sayap setengah badan.
Kenari Betina
  • Sering berbunyi cuit memanggil yang jantan dan biasa ngeleperkan sayap nya serta merobek kertas yg ada di dalam kandang.
PERSIAPAN KANDANG
Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan kandang ternak burung kenari. ada dua jenis sangkar yang bisa digunakan pertama sangkar box, ini untuk ternak kenari khusus. kemudian Jenis sangkar yang kedua menggunakan sangkar yang di bagian tengahnya ada penyekat tujuannya untuk memudahkan pada saat proses penjodohan. Untuk sangkar burung kenari jantan sebaiknya menggunakan sangkar gantung dan letakanlah pada tempat yang aman dan juga tenang/tidak bising.

Pakan burung kenari harus di perhatikan untuk kelangsungan ternak burung tersebut. Pakan yang bisa diberikan untuk kenari berupa biji-bijian seperti biji sawi. millet, biji kenari/kenari seed, biji sawi ijo. timun, biji sawi putih dan apel serta tambahkan multivitamin khusus burung kenari ternak. air minum harus selalu tersedia dalam sangkar.

MENGAWINKAN BURUNG KENARI
Dalam kegiatan beternak kenari tidak bisa dipisahkan dari proses penjodohan. penjodohan kenari yaitu proses memperkenalkan kenari jantan  dan kenari betina. dengan cara meletakkan burung kenari pada satu kandang yang ada penyekatnya ataupun diletakkan di dua kandang yang berdekatan, dibawah ini ada dua sangkar yang bagus untuk digunakan yaitu :
  1. Kandang box khusus untuk burung kenari betina.
  2. Kandang gantung untuk burung kenari jantan.
PROSES PENJODOHAN
Burung Kenari jantan dan kenari betina sebaiknya di tempatkan pada kandang yang berbeda dan diletakkan saling berdekatan. jangan langsung memasukkan burung kenari jantan dan kenari betina ke dalam satu sangkar/kandang. Melalui proses penjodohan ini, kita akan mengetahui mengenai kesiapan burung kenari untuk kawin. kalau belum siap jodoh, maka kedua Burung Kenari akan saling berantem dan proses penjodohan ini akan semakin lama.

KARAKTERISTIK BURUNG KENARI YANG SUDAH BERJODOH
  1. Burung kenari jantan akan meloloh burung kenari betina bahkan dari luar kandang.
  2. Burung kenari jantan akan berbunyi keras merayu yang betina. selanjutnya yang betina mengeleperkan sayapnya. biasanya yang betina akan menungging itu tandanya minta kawin.
  3. Burung Kenari bergaul dan tidak bertarung.
MENGAWINKAN BURUNG KENARI
Kalau burung kenari sudah terlihat berjodoh seperti pada penjelasan di atas. Langkah selanjutnya yaitu untuk menyatukan burung kenari jantan dan kenari betina dalam satu kandang. Namun sebelumnya telah melewati masa perjodohan sehingga apabila disatukan dalam satu kandang dapat mengurangi resiko terjadinya perkelahian. Masukkan burung kenari jantan ke dalam sangkar box kenari betina.

Sebaiknya dalam menyatukan kenari jantan dan kenari betina dilakukan pada waktu sore hari. Perhatikan gerak-gerik kenarinya apabila kenari sudah mau berjodoh maka kenari jantan dan kenari betina masing-masing akan meloloh yg biasanya tampak seperti berciuman. Apabila kedua burung kenari memang sedang birahi maka burung kenari jantan dan burung kenari betina akan segera melakukan perkawinan.

PROSES PENGERAMAN
Kalau burung kenari sudah bertelur kemudian burung kenari jantan sebaiknya dibiarkan bersama burung kenari betina karena kenari jantan akan senantiasa meloloh kenari betina, sehingga kenari betina jarang keluar sarang dan ini sangat baik untuk proses pengeraman telur yang maksimal. Kenari betina tetap setia mengerami telurnya sampai menetas walaupun yang jantan sudah dipisahkan.

PERAWATAN INDUK KENARI PADA SAAT PENGERAMAN TELUR
  1. Pakan biji-bijian selalu tersedia serta air minum juga tersedia dalam sangkar.
  2. Selain biji-bijian bisa diberikan juga kombinasi makanan seperti sawi dan buah apel
  3. Kebersihan sangkar selalu terjaga dengan baik. hati-hati dalam membersihkan kandang jangan sampai telur tergoncang.
  4. Dapat juga ditambahkan telur puyuh rebus, pemberiannya bisa 2 kali dalam seminggu.
PROSES MENETAS DAN PANEN
Biasanya telur tersebut akan menetas pada hari ke 14. selanjutnya beri makanan untuk induk kenari yg sedang meloloh anakan yg baru menetas sampai anakan siap panen. Saat anakan kenari baru menetas air dan biji-bijian harus selalu ada dan bisa ditambahkan telur puyuh yang sudah di rebus hingga anakan burung kenari berumur 1 minggu. Sebelum anakan burung kenari berumur 1 minggu jangan diberikan buah dan sayuran dulu. tetapi cukup diberikan biji-bijian dan telur rebus saja, tujuannya untuk meminimalisir kematian pada anakan burung kenari apabila umur anakan burung kenari sudah lewat dari satu minggu, Dapat diberikan buah apel dan sayuran seperti sawi putih dan sawi ijo dan tambahkan juga multivitamin, Anakan burung kenari telah siap dipanen idealnya kalau sudah berusia 25  hari.

KANDANG BURUNG KENARI YANG BAGUS
KANDANG BURUNG KENARI


Belum ada Komentar untuk "cara mengembangbiakkan burung kenari yang benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel