Ciri Ayam aduan kualitas super

MENCETAK AYAM ADUAN YANG TANGGUH

ayam aduan

PETERNAKAN- Dalam artikel yang kami tulis ini tidak bermaksud mengajari hal-hal yang buruk apalagi dalam agama apapun didunia ini mangadu hewan atau binatang adalah hal yang dilarang termasuk adu ayam, tujuan kami menulis artikel ini hanya untuk pendidikan yaitu bagaimana memilih ayam yang bagus untuk dipelihara yang kemudian untuk di konsumsi ataupun untuk dijual, jika kita memelihara ayam yang mempunyai kualitas yang bagus maka harga pun akan cukup tinggi sebagai catatan ayam tersebut di jual kepada pencinta ayam jago jangan kepada warung nasi kalau kita jual untuk warung nasi tentu harga nya sesuai harga sepiring nasi ....

ok kita lanjut ketujuan kita yaitu mencetak ayam jago/ayam aduan...

ayam yang dijadikan sebagai ayam aduan atau dalam kata lain Ayam sabung adalah ayam jantan pilihan yang dipelihara secara khusus mulai dari pakan yang diberikan sampai obat-obatan. Adu ayam atau sabung ayam bagi sebagian orang adalah sebuah kesenangan tersendiri (tentu melanggar hak asasi kebinatangan karena membuat ayam sengsara) . ayam bangkok merupakan jenis ayam yang paling banyak dipelihara oleh pencinta ayam jago. Ayam bangkok berasal dari thailand dengan memiliki postur badan lebih besar jika dibandingkan ayam lokal(indonesia). Menurut para peternak ayam jago jenis Ayam bangkok memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan mempunyai susunan tulang yang kuat pula. Disamping itu ayam bangkok juga memiliki daya pukul yang sangat kuat bahkan dalam sekali pukul dapat membuat penantang mati seketika(ini menurut pengalaman kawan)
  • Karakteristik atau ciri-ciri Ayam Aduan(ayam jago)
jika kita melihat pada karakteristiknya dalam bertarung maka ayam jago atau ayam sabung dapat dibedakan menjadi dua yang pertama ayam jalu yang kedua ayam pukul

ok kita bahas satu persatu karakteristik ayam tersebut dalam bertarung yang pertama yaitu ayam jalu dengan memiliki gaya slugger, yaitu gesit dan sangat lincah dengan kelincahannya dapat membuat lawan pusing. Yang kedua, ayam pukul yang memiliki karakter bertarung dengan gaya fighter tanpa lari dari ring. pada usia 18 bulan ayam jalu sudah siap untuk bertarung, sedangkan untuk ayam pukul pada usia 12 bulan sudah dapat untuk di adu. Lebih baik ayam yang akan dijadikan ayam aduan tidak dikawinkan minimal dua minggu sebelum naik ring.
  • ciri-ciri fisik ayam jalu seperti dibawah ini :
memiliki bentuk kepala agak kecil dan sedikit panjang dan jenggernya terlihat lentur dan sedikit tipis. Dengan mempunyai Biji mata yang kecil, tampak bundar dan sedikit masuk ke dalam. Ayam jalu bentuk paruhnya agak panjang dan cukup kuat.
postur tubuh ayam jalu ramping dengan lehernya agak panjang. Bulu pada tubuh dan ekornya sangat lebat.
pergelangan kaki kecil, kering dan bulat. Dan taji dapat tumbuh sepanjang sekitar 2 cm. Letak atau Posisinya dekat dengan jari kelingking dan searah jari luar.

ayam aduan

  • sedangkan Ayam pukul memiliki ciri-ciri fisik sebagai berikut :
jenggernya kecil dan kaku bentuk kepala agak besar. Paruh agak pendek dan tulang alisnya menonjol.
memiliki postur tubuh yang kekar dengan tulang yang kuat serta bulu yang tumbuh pada tubuhnya tampak lebat dan kaku sedangkan pada bagian kaki, ujung leher, leher, sayap dan bahu tampak berotot dan keras.
pada ruas kaki terlihat kurang teratur dan pada bagian belakang kaki lebih tepatnya di bawah taji terdapat benjolan.
ayam aduan

  • cara memilih bibit ayam jago
bibit ayam aduan dapat diperoleh dari keturunan ayam jago yang pernah menang dalam aduan. Bibit ayam yang dipelihara untuk nantinya dijadikan sebagai ayam aduan baru bisa dipilih setelah ayam berumur enam bulan. Dikarenakan pada umur enam bulan ciri ayam jago sudah terlihat seperti warna bulu, tumbuhnya taji,bentuk kepala dan bulu sayap
  • dibawah ini merupakan kriteria ayam aduan yang bagus
  1. yang pertama harus berasal dari keturunan ayam jago yang selalu menang dalam aduan
  2. kedua tubuhnya tidak cacat dan Sehat.
  3. ketiga mewarisi gaya bertarung ayam pejantan indukannya.
  • Pemeliharaan dan Perawatan ayam aduan
pemeliharaan atau perawatan sangat berpengaruh terhadap kondisi badan ayam jago, mental, dan naluri dalam bertarung ayam jago. Untuk perawatannya meliputi pemberian pakan yang bagus dan perawatan kesehatan tubuh. Ayam aduan supaya tetap sehat maka pada pagi hari harus sering dimandikan dan dijemur.
Pakan untuk ayam aduan harus mengandung nutrisi yang lengkap yaitu vitamin dan karbohidrat . pakan yang bagus untuk ayam sabung antara lain jagung, beras merah dan gabah.
selain pakan seperti yang disebutkan diatas, ayam aduan juga harus diberi pakan tambahan. Makanan tambahan yang baik yaitu telur, madu, tomat, bawang merah, bawang putih, gula jawa, asam jawa, daun pepaya serta ditambah dengan multivitamin yang dapat diperoleh ditoko penjualan obat.-obatan hewan.
  • Pelatihan Fisik dan Mental Ayam Aduan
waktu pelatihan fisik yang baik yaitu pada pagi atau sore hari sebelumnya ayam tersebut harus diberi makan dulu tapi jangan terlalu banyak secukupnya saja. Bagian-bagian tubuh yang perlu dilatih yaitu lutut, leher, pangkal paha,pangkal jari, bahu, dan perut bagian belakang.
disamping itu mental ayam aduan juga harus dilatih. tujuan pelatihan mental yaitu untuk mempertajam naluri bertarung. Caranya yaitu dengan menghadapkan ayam aduan dengan sparring partner (lawan adu) yang memiliki postur seimbang. Pelatihan harus dihentikan pada waktu tiga hari sebelum pertarungan.


ayam aduan


ayam aduan
ayam aduan

ayam aduan





Sumber : Google

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ayam aduan kualitas super"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel