penyakit surra dan penyakit kuku busuk pada sapi dan pengobatannya

PETERNAKAN SAPI


PETERNAKAN- Penyakit merupakan sebuah permasalahan yang serius harus di tangani secara cepat dan tepat oleh peternak, karena jika ternak sapi sudah terserang penyakit bisa mengakibatkan penurunan produksi bahkan yang lebih parahnya lagi bisa mengakibatkan angka kematian sapi yang sangat tinggi akibat penyakit ini. Oleh karena itu penyakit yang bisa mengakibatkan penurunan produksi bahkan kematian ternak sapi sebaiknya harus di tanggani dengan cepat dan benar.

Sebuah informasi yang kami dapatkan yang bahwa penyakit pada ternak sapi perah, sapi potong dan sapi pekerja secara umum di sebabkan oleh : bakteri, Hewan Parasit dan Virus.
Hewan parasit adalah hewan yang hidup pada ternak sapi baik di dalam tubuh maupun di luar tubuh sapi contohnya parasit internal yaitu cacing yang biasanya menyerang bagian dalam tubuh ternak sapi dan yang kedua parasit eksternal yaitu kutu yang umumnya menyerang kulit atau bagian permukaan pada sapi .
Bakteri yang ada pada ternak sapi tidak semuanya tergolong menyebabkan suatu penyakit berbahaya. Ada beberapa bakteri yang dapat membantu untuk melancarkan pencernaan pada sapi . Dalam penangganan bakteri menggunakan antibody yang sesuai dengan ukuran pada ternak sapi.
Sedangkan Virus adalah sebuah penyakit yang cukup berbahaya bagi sapi, apabila sapi terjangkit virus haruslah ditangani dengan benar dan sebaiknya segera menghubungi dokter hewan.

PENYAKIT SURRA
PENYAKIT SURRA

Penyakit ini merupakan sebuah penyakit yang sangat berbahaya bagi sapi, Karena hingga saat ini penyakit surra masih di waspadai oleh peternak sapi, penyakit surra di sebabkan oleh bakteri yang sangat cepat perkembangannya, sapi yang terjangkit penyakit ini dapat mengakibatkan angka kematian yang sangat tinggi, Penyakit surra biasanya menyerang sapi pada waktu musim hujan dimana kondisi kekebalan tubuh sapi sering turun dan melemah . bahkan pada beberapa kasus dijumpai dapat menewaskan hewan ternak terutama kerbau.
  • Tanda dan Ciri Sapi Terjangkit Penyakit Surra yaitu sebagai berikut :
  1. Nafsu makan berkurang
  2. Sapi berputar – putar karena saraf mulai rusak
  3. Demam yang tidak stabil suhunya
  4. Selaput lendir menguning
  • Penanggulangan Dan Pengobatan Penyakit Surra pada ternak sapi :
  1. Penyemprotan insektisida di dalam kandang sapi untuk mencegah dan menghindari dari datangnya serangga penghisap darah.
  2. Sisa makanan ternak yang tidak habis termakan jangan sampai membusuk di dalam kandang
  3. Hindari kandang ternak dari tempat yang rawan dijadikan sebagai sarang serangga (misalnya parit dan tempat lembab)
  4. Jika sapi terluka, jangan dibiarkan infeksi dan jadi makanan bagi lalat pembawa penyakit
  5. Sapi yang sakit harus dikarantina dan berikan obat berupa atocyl ataupun artosol, dalam pemberian obat terhadap ternak harus melalui konsultasi dengan dokter hewan
PENYAKIT KUKU BUSUK
Penyakit kuku busuk berkembang pada bagian kuku sapi. Biasa disebut sebagai penyakit Foot Rot atau Pembusukan kaki/kuku. Bakteri fusiformis masuk ke celah kuku sapi dan kemudian berkembang didalam celah kuku, bahkan daya tahan bakteri atau kuman tersebut semakin lama apabila berada di dalam kuku. Penyebab masuknya bakteri ini adalah karena kuku sapi terluka terkena hantaman benda keras di tempat yang tidak bersih atau tempat kotor dan akhirnya bakteri tersebut masuk dan berkembang pesat disana. apabila dibiarkan atau tidak diobati, bakteri ini akan tumbuh dan berkembang menjadi penyakit yang akhirnya melumpuhkan sel - sel di bagian telapak kaki sapi sampai sapi tidak dapat bergerak.
  • Ciri-ciri dan Gejala Umum Penyakit Kuku Busuk pada sapi yaitu sebagai berikut :
  1. Dibagian Celah kuku dan tumit terlihat membengkak
  2. Selaput terkelupas pada bagian kuku diakibatkan karena matinya jaringan sel di bagian tersebut
  3. Keluarnya cairan kuning dan berbau busuk di bagian kuku
  4. Sapi tampak pincang pada saat bergerak dan kesakitan 
  • Cara Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kuku Busuk pada Sapi :
  1. Periksa kebersihan kuku sapi secara rutin
  2. Jaga kebersihan kandang sapi sehingga bakteri sulit berkembang
  3. Untuk pengobatan dengan cara suntik, usahakan kaki sapi tetap dalam keadaan kering dan disuntikkan dengan larutan sulfat beserta antibiotik sesuai dengan petunjuk dokter hewan
  4. Apabila sudah terserang penyakit ini, segera rendam kaki sapi yang terserang dengan larutan formalin sebanyak 10%.



Diolah dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "penyakit surra dan penyakit kuku busuk pada sapi dan pengobatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel