tanda penyakit cacingan pada ayam dan penanggulangannya

PENYAKIT CACINGAN PADA AYAM

ayam

Pada umumnya penyakit cacingan tidak mengakibatkan kematian ayam secara mendadak seperti halnya pada serangan penyakit seperti Avian Influenza dan Newcastle Desease. Penyakit cacingan pada ayam kurang disadari oleh para peternak karena biasanya unggas yang terinfeksi penyakit cacingan tidak menunjukkan gejala klinis yang menciri. Apabila ayam terkena penyakit cacingan maka akan terjadi beberapa hal pada ayam seperti menurunnya efisiensi ransum dan produksi telur.
  • Heterakis gallinae
Cacing heterakis gallinae tidak menimbulkan akibat yang serius pada kesehatan unggas. Minimal tidak mengakibatkan gejala yang cukup signifikan, namun walaupun tidak berbahaya untuk ayam tapi bagi para peternak juga harus mewaspadai penyakit cacingan ini karena bisa berdampak pada perkembangan ayam. Cara penularan cacing Heterakis gallinae sama dengan cacing Ascaridia galli, Parasit ini dapat dibasmi dengan menggunakan fenbendazole.
  • Ascaridia galli
Cacing Ascaridia galli pada umumnya menyerang ayam umur 3-4 bulan. Cacing Ascaridia galli berpindah tempat dari usus ke oviduct dan bisa masuk ke dalam telur pada waktu pembentukan telur tersebut. Cacing yang dewasa dapat dilihat dengan mata telanjang karena panjang nya dapat mencapai ½ sampai 3 inchi.
Ayam yang terinfeksi oleh cacing Ascaridia galli akan terlihat lesu, diare dan tubuh kurus. Kerugian yang paling utama yang ditimbulkan yaitu penurunan efisiensi ransum/pakan, kematian ayam hanya terjadi pada infeksi yang sangat berat.
Cara pencegahan dari penyakit ini yang dapat dilakukan yaitu dengan sanitasi kandang yang baik dan dilakukan pemisahan terhadap ayam berdasarkan umurnya. Usahakan kandang selalu dalam keadaaan bersih dan pemberian obat adalah solusi terbaik yang bisa dilakukan.
  • Capillaria annulata
Parasit ini mengakibatkan penipisan dan juga inflamasi pada mukosa, Cacing Capillaria annulata atau Capllaria contorta biasanya sering ditemukan pada tembolok dan esophagus.
Berbeda dengan jenis cacing yang lain, pembentukan embryo membutuhkan waktu 6 hingga 8 hari dan akan sangat infeksius untuk peternakan ayam. Kerusakan terparah akibat cacing ini akan terjadi pada 2 minggu setelah infeksi. Akibat dari parasit ini akan menimbulkan inflamasi berat dan terkadang terjadi pendarahan serta erosi pada usus dan dapat menyebabkan kematian pada ayam. Masalah yang bisa ditimbulkan akibat parasit ini yaitu penurunan pertumbuhan ayam, penurunan produksi dan fertilitas.
Pemberian vitamin A sangat baik untuk ayam dan sanitasi kandang yang baik.

Secara umum, tanda gejala penyakit cacingan pada ayam adalah sebagai berikut:
  1. nafsu makan berkurang
  2. tubuh ayam menjadi kurus
  3. sayap kusam dan terkulai
  4. pertumbuhan lamban
  5. kotoran encer dan berlendir berwarna keputihan
Cara penanggulangan yang bisa dilakukan secara umum adalah sebagai berikut ini:
  1. pemberian Caricid pada usia 4-6 minggu dengan takaran/dosis 30 ml/3 liter air untuk 100 ekor ayam. Usia lebih dari 6 minggu diberi dosis 6 ml/10 liter air untuk 100 ekor ayam
  2. campurkan premix 2.4% ke dalam pakan dengan takaran/dosis 2.5 kg/kg pakan diberikan selama 5-6 hari
  3. sanitasi kandang dengan desinfektan

BACA JUGA INFORMASI LOWONGAN KERJA DI ACEH

Cara Pengendalian Penyakit Cacingan
Upaya pengendalian penyakit cacingan adalah salah satu kegiatan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Cara yang dapat dilakukan supaya ayam terhindar dari penyakit cacingan yaitu dengan dilakukannya pencegahan, dan pencegahannya adalah sebagai berikut :
  1. Pemberian obat cacing.
  2. Melakukan sanitasi kandang dan peralatan kandang.
  3. Mengurangi kepadatan kandang.
  4. Pemberian pakan dengan kandungan mineral dan protein yang cukup.
  5. Mencegah kandang becek.

1 Komentar untuk "tanda penyakit cacingan pada ayam dan penanggulangannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel