wajib dikenali penyakit berbahaya bagi ayam

Penyakit Berak Kapur atau Pullorum

ayam

PETERNAKANBagi seorang peternak ayam pasti sudah pernah mendapati ayamnya terkena penyakit ini yaitu penyakit berak kapur, penyakit berak kapur atau pullorum adalah salah satu penyakit yang menyerang unggas yang disebabkan oleh kuman salmonellosis pullorum kemudian terjadilah infeksi atau peradangan di bagian saluran pencernaan dan akhirnya menimbulkan diare. Ada banyak penyebab dari terkenanya penyakit berak kapur, seperti kotoran ayam yang jarang dibersihkan didalam kandang ataupun karena faktor cuaca yang kurang baik.
Penyakit berak kapur sering menyerang anak ayam yang masih berumur 1-10 hari, Namun sering juga penyakit ini ditemukan pada ayam yang dewasa. Apabila ada ayam yang terserang penyakit berak kapur maka sebaiknya harus segera dilakukan penanganan karena penyakit berak kapur termasuk penyakit yang menular pada ayam sehingga jika tidak segera dilakukan penanganan dikhawatirkan akan tertular pada ternak ayam lain baik itu pada anak ayam ataupun pada ayam dewasa. bahaya dari penyakit berak kapur adalah kematian ayam secara mendadak, karena biasanya ayam yang sudah terkena penyakit berak kapur akan mati dalam waktu yang relatif cepat, berikut ini ciri-ciri ayam yang terjangkit penyakit berak kapur.
Tanda-tanda atau gejala yang timbul yaitu sebagai berikut :
  1. kotoran encer dan ada butiran-butiran putih seperti kapur
  2. bulu disekitar area dubur melekat satu dengan yang lain
  3. nafsu makan menurun
  4. jengger berwarna keabu-abuan
  5. sayap terkulai kebawah
  6. mata menutup
  7. badan anak ayam menjadi menunduk
  8. anaka ayam akan terlihat pucat
  9. lemas
  10. kedinginan dan bergerombol mencari tempat yang hangat.
Namun akan berbeda dengan ayam dewasa, tanda atau gejala berak kapur tidak begitu terlihat. Ayam dewasa yang terkena penyakit ini akan mengalami depresi, menurunnya produktivitas telur, anemia, kotorannya encer dan berwarna kuning.
Cara Pencegahan Penyakit Berak Kapur : adalah dengan selalu menjaga kebersihan area kandang dan kebersihan peralatan kandang seperti tempat makan, tempat minum serta melakukan desinfeksi kandang ayam dengan formaldehyde. Ayam yang sudah terjangkit penyakit berak kapur sebaiknya dipisahkan dari ayam yang belum terkena atau dari ayam yang belum terjangkit penyakit ini, sedangkan untuk ayam yang sudah sangat parah dimusnahkan.
Cara Pengobatan Ayam : pengobatan untuk ayam yang sudah terkena penyakit berak kapur yaitu dengan menyuntikkan antibiotik seperti coccilin, furozolidon, neo terramycin, tetra atau mycomas di bagian dada ayam. Namun bisa juga pengobatan untuk ayam dilakukan dengan menggunakan preparat sulfonamide.

Selanjutnya penyakit berbahaya yang kedua :

Penyakit Berak Hijau

ayam

Penyakit berak hijau juga termasuk penyakit yang cukup berbahaya terhadap ayam, penyakit ini menyerang semua jenis ayam baik itu ayam pedaging (ayam broiler) dan ayam petelur. Penyakit berak hijau merupakan jenis penyakit unggas yang disebabkan oleh kuman yang cukup membahayakan antara lain bakteri Salmonella pullorum dan Pasteurella Multocida. Penyakit berak hijau dapat menyerang ayam disemua usia, bahkan telur ayam yang dihasilkan dari indukan ayam yang terkena penyakit ini ikut terjangkit pula, sehingga anakan ayam yang menetas nantinya bisa tertular oleh penyakit ini. Penyakit berak hijau menyerang pada sistem pernafasan dan pencernaan, adapun penularan penyakit berak hijau bisa melalui kontak langsung unggas, melalui makanan, air ataupun tempat makanan dan kandang.
Penyebab penyakit berak hijau belum diketahui secara pasti, begitu juga dengan pengobatannya. Namun diduga penyakit berak hijau disebabkan oleh kuman sejenis Salmonella pullorum. Cara penularan penyakit berak hijau sangat mudah yaitu melalui kontak langsung antar ayam termasuk juga pada saat induk jantan mengawini induk betina dan melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan ayam yang sakit.

Berikut ini adalah gejala penyakit berak hijau yang dapat dilihat :
  1. nafsu makan menurun
  2. jengger berwarna kebiruan
  3. mata tampak lesu
  4. pada area pantat terlihat memutih dan lengket.
Upaya yang dapat dilakukan untuk pencegahan penyakit berak hijau antara lain dengan menjaga kebersihan kandang dan sanitasi kandang, yang terpenting harus dilakukan yaitu dipisahkan antara ayam yang sakit dengan yang sehat dan memberikan makanan yang baik.
Apabila ayam yang terjangkit mengalami kematian, maka ayam tersebut harus dibakar ataupun dikubur yang dalam supaya bakteri tersebut tidak menular ke ayam yang lain.

data ini dirangkum dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "wajib dikenali penyakit berbahaya bagi ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel