9 penyakit yang sering menyerang ternak kambing

Peternakan- Dalam semua usaha peternakan tidak selalu berjalan mulus pasti ada permasalah yang timbul seperti halnya pada peternakan kambing, permasalahan yang umum terjadi misalnya penyakit jika ternak sudah terserang penyakit maka pengembanganya akan terganggu, ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi pengembangan pada budidaya ternak kambing yang biasanya disebabkan oleh penyakit diantaranya yaitu : manajemen pemeliharaan ternak, kualitas lingkungan kandang dan wabah. Manajemen pemeliharaan ternak kambing termasuk sistem kandang, pemeriksaan hewan, pakan dan sebagainya. Kemudian yang juga perlu diperhatikan adalah Lingkungan juga sangat penting untuk dicermati mulai dari kebersihan lingkungan kandang dan dekat dengan pencemaran.

Penyakit yang sering menyerang ternak kambing, dapat di bagi menjadi 2 (dua) yaitu penyakit yang disebabkan infeksi (bakteri, virus, jamur dan parasit) dan penyakit yang diakibatkan non infeksi yaitu penyakit keracunan makanan dan penyakit gangguan metabolisme.
Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit yang sering ditemukan pada ternak kambing yang bisa menyebabkan kematian terhadap ternak kambing bila tidak ditangani secara tepat.

Dibawah ini merupakan jenis-jenis penyakit ternak kambing

1. Penyakit Antraks

Penyebab penyakit antraks yaitu Bacillus anthracis yang tertular melalui kontak langsung, pakan atau minuman dan penyakit antraks dapat juga menular melalui pernafasan. Tanda gejala kambing yang terjangkit virus antraks antara lain,
  1. Kambing demam tinggi, badan lemas, dan tubuhnya terlihat gemetar
  2. Terjadi gangguan pada pernafasan
  3. Kotoran kambing cair dan sering bercampur darah
  4. Terjadi pembengkakan pada kelenjar dada, alat kelamin, leher dan badan penuh bisul
  5. terkadang darah berwarna merah kehitaman keluar melalui lubang hidung, mulut, telinga, anus, dan alat vital
  6. limpa bengkak dan berwarna kehitaman. 
Cara pengendalian penyakit antraks yang dapat dilakukan adalah dengan membakar ataupun mengubur kambing yang mati.

2. Penyakit Cacingan
Penyakit cacingan pada ternak kambing di sebabkan oleh parasit internal pencernaannya yang tidak normal dan adapun tanda-tanda kambing terjangkit penyakit cacingan adalah sebagai berikut ini :
  1. Diare atau mencret
  2. Perut terlihat buncit
  3. Ternak tidak mempunyai nafsu makan,
  4. Bulu terlihat Kusam
  5. Tubuh terlihat lemah dan lesu
Sementara untuk mengatasi penyakit cacingan adalah dengan memberikan kambing obat cacing dengan teratur dan sebaiknya segera menghubungi dokter hewan.

3. Penyakit Pink Eye
Penyakit Pink eye atau radang mata menular merupakan penyakit menular akut pada ternak kambing yang disebabkan oleh virus, bakteri, riketsia atau klamidia.
Bila penyakit Pink eye di biarkan sampai parah, maka dapat menimbulkan kebutaan secara permanen dan juga jenis penyakit yang satu ini tergolong jenis penyakit yang menular, cara menangani penyakit ini yaitu dengan memberi nya obat mata/salep mata khusus buat ternak kambing.

Penyebab bakteri yaitu Moraxella bovis yang bersifat hemolitik :
  1. Mata nya terlihat selalu berair
  2. Selalu menghindari sinar matahari
  3. Bagian matanya terlihat membengkak
  4. Mata nya terlihat kemerah-merahan
4. Penyakit Scabies
Dalam ilmu kedokteran penyakit ini disebut adalah Sarcoptic Mange. Penyakit scabies disebabkan oleh parasit Sarcoptes scabiei. Jenis dari tungau ini masuk kedalam jaringan kulit. Kemudian tungau ini akan mengakibatkan pembengkakan dan juga bintik-bintik yang disebabkan kalenjar rambut yg terhambat. Penyakit scabies sering terjadi pada kambing yang masih muda ataupun pada kambing yang sedang bunting dan juga pada kambing perah.
Tanda atau Ciri-ciri yang di timbulkan dari penyakit scabies yaitu :
  1. Tubuh Kambing terlihat kurus
  2. Bersisik dan gatal
  3. Terlihat timbul bercak merah pada kulit kambing
Untuk pencegahan penyakit scabies yaitu dengan selalu menjaga kebersihan kandang, lingkungan kandang serta kambingnya, sebaiknya sesekali kambing dimandikan.

5. Penyakit Orfatau Dakangan Atau ORF
Penyakit orfatau dakangan di sebabkan dari makanan atau dari rumput yang berbulu ataupun berdebu, dan ciri-ciri dari gejala penyakit ini yaitu di sekitar area mulut terlihat keropeng hitam dan ada benjolan. Untuk penanganan penyakit ini yaitu dengan memberikan obat antibiotik.

6. Penyakit Kuku Dan Mulut
penyakit kambing
Penyebab penyakit kuku dan mulut adalah karena virus dan penularannya melalui kontak langsung melalui air kencing, air liur, susu dan benda-benda yang tercemar virus.
Gejala penyakit kuku dan mulut antara lain adalah :
  1. Pada rongga mulut, lidah, dan pada telapak kaki atau kikil melepuh dan terdapat tonjolan bulat berisi cairan yang bening 
  2. nafsu makan ternak menurun bahkan tidak mau makan sama sekali
  3. Tubuh panas atau demam, Namun terkadang suhu tubuh menurun drastis dan cenderung tidak stabil
  4. keluarnya air liur yang berlebihan. 
  5. Cara Pengendalian penyakit kuku dan mulut adalah dengan cara vaksinasi serta pada ternak yang terinfeksi diisolasi dan diobati secara terpisah sebaiknya kandang isolasi jauh dari kandang kambing yang sehat.
    7. Penyakit Radang Kuku
    Radang kuku di sebabkan oleh seringnya ternak menginjak air, sebaiknya dalam pembuatan kandang kambing usahakan supaya kaki kambing tidak menyentuh tanah atau pembuatan kandang kambing dalam bentuk panggung, Sedangkan gejala yang di timbulkan akibat penyakit ini yaitu :
    1. Kuku tampak bengkak,
    2. Kaki ternak terlihat pincang dan dapat mengakibatkan kelumpuhan,
    3. kuku nya mengelupas serta
    4. Timbul nya benjolan.
    Cara pengobatan penyakit ini yaitu dengan membersihkan nya secara rutin dengan menggunakan alkohol dan cara pencegahan nya adalah dengan menjaga kebersihan kandang.

    8. Penyakit Kembung (Bloating)
    penyakit kambing
    Ternak Kambing yang terjangkit penyakit kembung perut atau Bloating biasanya dikarenakan akibat terlalu banyak memakan pakan hijauan terutama rumputan yang masih muda ataupun rumputan yang basah/berembun, sehingga akan menimbulkan produksi gas yg berlebih didalam perut kambing. 

    ciri-ciri kambing yang terserang penyakit kembung perut yaitu memiliki berbagai tanda , diantaranya adalah
    1. Pada bagian perut kambing, saat diraba terasa keras dan kambing merasa sakit
    2. Pada saat berbaring kambing akan kesulitan untuk berdiri kembali akibat perut membesar
    3. Ternak susah dalam proses buang air besar (BAB)
    Cara pencegahan yang dapat dilakukan adalah tidak mengembalakan kambing pada pagi hari, ataupun dapat juga memberikan obat masuk angin khusus untuk hewan, untuk pertolongan selanjutnya dapat menghubungi dokter hewan.
      9. Penyakit Mastitis
      Penyakit mastitis biasa terjadi atau menyerang ternak kambing perah karena penyakit ini menyerang pada bagian puting nya dan bila kambing terserang penyakit ini maka kerugian yang akan diderita yaitu bisa mengurangi jumlah produksi susu nya, kemudian kualitas dari susu nya pun akan kurang bagus, Cara pengobatan penyakit Mastitis yaitu dengan memberikan obat antibiotika intra-mammary.

      Data ini dirangkum dari beberapa sumber

      Belum ada Komentar untuk "9 penyakit yang sering menyerang ternak kambing"

      Posting Komentar

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel