Ayam kalkun dan jenis-jenis ayam kalkun

AYAM KALKUN

AYAM KALKUN

PETERNAKAN-Ayam kalkun merupakan sebuah sebutan untuk dua jenis spesies burung yang memiliki ukuran tubuh besar dari ordo Galliformes genus Meleagris, ayam kalkun pertama kali ditemukan di Amerika,
Ayam Kalkun betina mempunyai ukuran tubuh lebih kecil dan juga ayam kalkun betina warna bulu kurang berwarna-warni apabila dibandingkan dengan ayam kalkun jantan. Ayam kalkun sangat mudah dikenali salah satunya dari rentang sayapnya yang dapat mencapai hingga 1,5-1,8 meter.
Spesies ayam kalkun yang berasal dari Amerika Utara disebut M. gallopavo sedangkan jenis ayam kalkun asal Amerika Tengah disebut dengan M. ocellata.
Ayam kalkun memiliki banyak jenisnya kemudian pemeliharaan ayam kalkun tidak payah sama halnya seperti pemeliharaan ayam kampung ataupun pemeliharaan ayam potong biasanya.  kemudian juga proses dari DOC hingga siap telur, ayam kalkun membutuhkan waktu 7-8 bulan. ayam kalkun biasanya akan mulai bertelur pada umur 7-8 bulan  dan ayam kalkun masa mengerami telur selama 28 hari, ayam kalkun dalam satu tahun indukannya bisa bertelur sampai 3-5 kali dan banyaknya telur bisa sampai 12 hingga 16 butir. apabila jumlah telur di bawah 15 butir maka induknya bisa mengerami sendiri telunya, namun jika di atas 15 butir maka tidak akan maksimal untuk mengeraminya.

Jenis-jenis Ayam Kalkun dapat dibedakan berdasarkan dari warna bulunya. Menurut standar dari American Poultry Association(APA) untuk kategori ayam kalkun dapat dibedakan menjadi 8(delapan) Varietas, walaupun begitu tidak menutup kemungkinan nantinya akan muncul varietas-varietas baru yang didapatkan atau dihasilkan dari perkawinan silang antar varietas.

BERIKUT INI JENIS-JENIS AYAM KALKUN YANG DAPAT DIJUMPAI DIBEBERAPA WILAYAH.
  1. KALKUN JENIS BRONZE
  2. Keexotisan warna perunggu yang sangat mengkilap terutama pada bulu-bulu di bagian dadanya. Mungkin dari sekian banyak jenis ayam kalkun, ayam kalkun jenis bronze paling mudah kita temui. 
  3. AYAM KALKUN NARRAGANSETT 
  4. Jenis ayam kalkun narragansett memiliki warna bulu hitam, putih, abu-abu dan coklat. Seperti jenis ayam kalkun bronze hanya saja warna bulu abu-abu menggantikan warna bulu perunggu pada bagian dadanya. Ayam kalkun jenis narragansett agak payah untuk ditemukan, karena populasi ayam kalkun jenis narragansett tidak sebanyak ayam kalkun jenis bronze.
  5. AYAM KALKUN BELTSVILLE SMALL WHITE (BSW)
  6. Ayam kalkun Beltsville Small White memiliki ukuran tubuh agak lebih kecil apabila kita bandingkan dengan jenis ayam kalkun lainnya dan mempunyai bulu putih mulus atau albino sehingga kalkun ini dinamai Beltsville Small White. Jenis ayam kalkun ini sangat banyak jumpai di Indonesia.
  7. AYAM KALKUN BOURBON RED
  8. Ayam kalkun ini berasal dari Bourbon Country Kentucky, dengan memiliki warna bulu merah khas yang di padu warna putih atau warna coklat muda pada bagian sayap dan ekor. Jenis ayam kalkun Bourbon red saat ini banyak dicari, dikarenakan keindahan warna membuat jenis ayam kalkun bourbon red menjadi sangat mahal. Namun perubahan warna dapat dimungkinkan terjadi karena perkawinan silang seperti warna coklat muda atau warna coklat pekat tanpa putih pada bagian sayap dan ekor.
  9. AYAM KALKUN BLUE SLATE
  10. Ayam kalkun jenis blue slate, mempunyai warna bulu khas abu-abu, diduga karena terjadi perkawinan antara hitam dan putih. Ayam kalkun jenis ini ada juga yang menyebutnya ayam Kalkun LAVENDER.
  11. AYAM KALKUN WHITE HOLAND
  12. Jenis ini sama-sama mempunyai bulu putih mulus seperti jenis ayam kalkun Beltsville small white, tetapi ukuran atau bobotnya saja yang beda. jenis ayam kalkun white holand dihasilkan dari perkawinan silang antara ayam kalkun jenis Bronze dengan ayam kalkun jenis Broad Breasted White
  13. AYAM KALKUN ROYAL PALM
  14. Ayam kalkun jenis ini sangat indah di pandang, kombinasi warna putih dan warna hitam yang sempurna. Jenis ayam kalkun royal palm masih banyak jumpai di Indonesia, walaupun kadang-kadang warna sudah tidak asli lagi akibat gradasi yang disebabkan karena terjadinya perkawinan silang. Di Amerika, ayam kalkun jenis royal palm tidak dikembangkan sebagai ayam kalkun pedaging, namun ada beberapa yg mengembangkan dalam jumlah yang kecil sebagai ayam kalkun hias yang diperlombakan.
  15. AYAM KALKUN BLACK SPANISH
  16. Ayam kalkun black spanish dengan memiliki warna bulu semuanya hitam. Ayam kalkun Jenis Black Spanish adalah ayam kalkun yang berasal dari benua Eropa. akan tetapi dalam perkembangannya ditemukan beberapa jenis ayam kalkun hitam dengan perbedaan hitamnya seperti warna Hitam Dop atau Hitam Mengkilap dan kombinasi warna antara warna hitam dengan ekor putih.
diolah dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "Ayam kalkun dan jenis-jenis ayam kalkun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel