Bahan utama pembuatan pakan Ternak Ayam yang berkualitas

PAKAN TERNAK AYAM

Peternakan- Salah satu faktor yang menjadi penentu kesuksesan dalam beternak ayam adalah pakan/Ransum. Oleh karena itu, pengetahuan tentang pakan ternak wajib untuk diketahui oleh para peternak ayam. Sebaiknya pengetahuan tentang pakan ayam dan cara meracik pakan ternak didapat sebelum calon peternak terjun langsung ke lapangan, kecuali orang yang sudah berpengalaman.
Dalam menjalani usaha beternak ayam sebenarnya susah-susah gampang apalagi buat pemula atau bagi orang yang baru terjun kedunia peternakan, mulai dari cara perawatan hingga dalam pemberian pakan untuk ternak. kemudian didalam setiap tahap tersebut sudah pasti caranya tidak boleh sembarangan, harus dilakukan dengan pola dan prosedur serta dengan tata cara yang benar.
Selanjutnya yaitu jenis pakan yang diberikan untuk ternak ayam juga harus sesuai dengan umur ayam. Ayam yang masih DOC harus diberikan pakan yang halus dengan tujuan supaya DOC mudah didalam mencerna makanan tersebut.

Tepung Ikan
pakan ternak
Tepung ikan merupakan bagian-bagian dari ikan yang minyaknya diambil atau tidak, dikeringkan yang kemudian digiling/dihaluskan.
Tepung ikan sebagai bahan baku utama dalam membuat pakan ternak mempunyai kualitas yang beragam, karena tergantung dari jenis ikan yang di gunakan dan asal tepung ikan. sebaiknya tepung ikan dibuat atau diambil dari ikan putih, sebab kandungan lemaknya tidak lebih dari 6% dan juga kandungan garamnya lebihkurang sekitar 4%. Sedangkan untuk tepung ikan kwalitas kedua dibuat dari ikan yang tidak layak konsumsi manusia (ikan afkir) yang kandungan garam dan lemaknya sangat tinggi, sehingga jika diberikan berlebihan bisa mengakibatkan efek negatif terhadap ternak ayam jika diberikan pakan ini. Kemudian kualitas tepung ikan akan ditentukan oleh bahan yang digunakan dan proses dalam pembuatan serta daerah asal. Apabila tepung ikan hanya terdiri dari kepala dan ekor saja, maka kualitasnya akan sangat rendah.

Tepung ikan juga termasuk salah satu bahan pakan yang cukup penting di dalam penyusunan ransum ternak ayam sebagai sumber mineral yang sangat tinggi yaitu lebih kurang sekitar (100-200 gr/kg) seperti mangan, besi, kalsium, phospor dan iodin selain dari itu kaya asam amino esensial terutama lisin, metionin, thriptophan dan sistin. Tepung ikan juga sebagai sumber vitamin B-kompleks yang sangat baik, terutama choline, riboflavin dan B-12. Pemakaian tepung ikan pada ransum ternak ayam broiler sampai level 6% juga bisa menurunkan kandungan lemak daging dan juga persentase lemak abdomen, kemudian tepung ikan juga mengandung protein yang cukup tinggi sehingga sangat baik sebagai bahan campuran pakan ayam.

Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai yaitu kedelai yang telah diambil minyaknya, jika kedelai sudah diambil minyaknya, maka kadar protein yang terdapat didalam bungkil kacang kedelai akan lebih tinggi dari pada kedelainya sendiri yaitu lebih kurang sekitar 50%. 

Bungkil kacang kedelai adalah sumber asam amino esensial yang sangat baik bagi perkembangan ternak ayam, itu dikarenakan dari keseimbangan asam-asam amino yang terdapat di dalamnya tinggi serta cukup lengkap. Di samping itu bahan pakan ayam dari bungkil kacang kedelai relatif mudah dicerna, asal dipanaskan terlebih dahulu supaya faktor-faktor yang menjadi penghalang pada saat proses pencernaan dapat dihindari,  
Bungkil kacang kedelai bisa digunakan dalam ransum ternak ayam semua usia. Bungkil kacang kedelai pada saat ini juga dipakai sebagai salah satu bahan dalam membuat makanan pokok ayam, selain dari jagung dan tepung ikan.

Bungkil Kelapa 

Bungkil Kelapa merupakan hasil dari sisa pengolahan minyak kelapa. ada 2 jenis bungkil kelapa. Yang pertama yaitu dihasilkan melalui proses pengambilan minyak kelapa secara ekstraksi menggunakan zat pelarut yang kemudian hasilnya disebut extracted coconut oil.
Yang kedua merupakan hasil dari proses pengambilan minyak kelapa secara ekstraksi dengan cara dipres kemudian hasilnya disebut expeller coconut oil. Jika bungkil kelapa disimpan dalam suhu tinggi maka akan sangat cepat proses ketengikan. maka sebaiknya bungkil kelapa yang akan dipakai dalam ransum ternak ayam tidak dalam keadaan tengik, karena bisa menyebabkan penyakit diare pada ayam. Bungkil kelapa bisa dipakai dalam ransum untuk ayam semua umur.

Jagung
pakan ternak
Jagung adalah bahan makanan berbutir yang sangat banyak digunakan dalam penyusunan ransum ternak termasuk ternak ayam. jagung memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, jagung banyak mengandung karbohidrat yang menjadi sumber energi dan juga jagung mengandung provitamin A, dan mudah dicernakan serta serat kasarnya rendah. namun bahan ini kandungan mineralnya sedikit rendah.

Belum ada Komentar untuk "Bahan utama pembuatan pakan Ternak Ayam yang berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel