Jenis-jenis burung ciblek

KUMPULAN BURUNG CIBLEK
BURUNG CIBLEK

PETERNAKAN – Burung ciblek bernama latin Prinia familiaris, burung ciblek memiliki keunggulan paling menonjol ini dapat dilihat dari perawakan imut dan gerakan nya yang sangat lincah. Burung Ciblek atau disebut juga Prenjak merupakan salah satu jenis burung yang mempunyai suara unik dan khas. Ada beberapa macam jenis burung ciblek yang cukup populer di Indonesia, diantaranya adalah ciblek jawa, ciblek sawah, ciblek gunung dan ciblek tambak. Namun, wilayah penyebaran burung ciblek tidak sepenuhnya ada di berbagai pulau di Indonesia, Karena burung ciblek atau prenjak memang burung endemik yang cukup banyak ditemukan di pulau Jawa, pulau Sumatera dan pulau Bali.
Burung ciblek agak mirip dengan burung pipit dan burung gereja. burung prenjak/burung ciblek juga sangat mudah bersahabat dan juga beradaptasi dengan lingkungan manusia, bahkan burung ciblek sering berkeliaran di pemukiman penduduk untuk mencari makanan, makanan yang disukai burung ciblek seperti serangga kecil, ulat dan kroto.
Burung ciblek akan membangun sarangnya dengan menggunakan serat tumbuhan atau dari rerumputan yang sudah kering dan kemudian diletakkan pada semak belukar dengan jarak jangkauan mencapai hingga 1,5 meter dari tanah.
Dibawah ini adalah kumpulan jenis-jenis burung ciblek :

1. Ciblek Sawah atau Prenjak Padi
burung ciblek

Diantara banyak jenis ciblek, ciblek sawah memiliki ciri khas yang lebih mudah untuk dikenali. burung ciblek sawah lebih sering berkeliaran di sawah-sawah ataupun di ladang jagung untuk mencari makanan. Ciblek sawah memiliki kicau yang terkesan lebih lirih, bahkan kicauannya menyerupai bunyi jangkrik atau menyerupai suara anak ayam. Perbedaan juga dapat dilihat dari segi bentuk tubuh yang dimilikinya, sebab ciblek sawah tidak mengangkat ekor pada saat berkicau.

2. Ciblek Tambak
burung ciblek

Terdapat 2 macam varian warna untuk jenis burung ciblek tambak, yang pertama warna bulunya dominan putih dan abu-abu. Kemudian warna putihnya terdapat di bagian leher hingga perut. Sedangkan untuk jenis kedua memiliki perpaduan yaitu warna bulu putih kekuningan. Warna kuning terdapat di bagian pantat dan di bagian punggung hingga ekornya berwarna putih kecoklatan. 

3. Ciblek Jawa atau Prenjak Jawa
burung ciblek

Burung Ciblek Jawa atau prenjak jawa merupakan jenis ciblek yang memiliki panjang tubuh dari ekor sampai kepala 13 centimeter. Hampir seluruh bulu pada bagian atas berwarna coklat kehijau-hijauan. Selain itu, pada leher dan dada mempunyai warna putih serta perut sampai pantat bewarna kekuningan. Ciri khas yang sangat mudah untuk dikenali yaitu garis hitam putih yang terdapat pada ekor dan pada kedua sayapnya. Burung ciblek ini biasanya kerap dijumpai di perkebunan teh, hutan mangrove, ladang terbuka dan perbukitan.

4. Ciblek Gunung
ciblek gunung

Ciblek gunung atau Prinia atrogularis juga merupakan salah satu jenis burung ciblek yang tidak kalah eksotis. burung ciblek jenis ini lebih banyak ditemui pada dataran tinggi seperti di pegunungan dan di perbukitan. Kemudian perbedaan juga terlihat pada warna bulu yang dimilikinya. Baik pada leher, di dahi sampai pada bagian punggungnya yang bewarna keabu-abuan dan untuk selebihnya hampir seluruh tubuhnya mempunyai warna coklat kekuning-kuningan.

Untuk membedakan jenis kelamin burung ciblek antara ciblek jantan dengan ciblek betina berikut uraiannya yang bisa kita lihat.

Cara Membedakan Ciri Ciblek Jantan dan Ciblek Betina

Ciri-ciri Burung Ciblek Gunung Jantan
(1) Kepala agak besar dibanding betina dan motif lirik-lirik pada bagian atasnya telihat lebih jelas, (2) Warna bulu lebih mengkilap seolah seperti tersiram minyak, (3) Pen dubur terlihat menonjol kedepan dan bulu lebih banyak, (4)Paruh tampak tebal kokoh dan agak berwarna lebih gelap, (5) pada bagian tenggorokan terdapat warna kuning yang lebih mengkilap, (6)Mempunyai ukuran kaki relatif besar dan berwarna kecoklatan, (7)Bulu pada bagian bawah perut tampak lebih bersih.

Ciri-ciri Burung Ciblek Gunung Betina
(1)Ciblek betina pen dubur tidak menonjol dan bulunya tidak banyak. (2)Kepala relatif kecil dan motif pada bagian atasnya terlihat samar-samar.(3)Ciblek Betina bulu tubuh cenderung berwarna kusam. (4)Paruh lebih tipis dan berwarna coklat muda atau warna mendekati merah muda. (5)pada tenggorokan bagian dalam terdapat warna kuning muda.  (6)Ciblek betina bulu yang terdapat di bagian bawah perut tampak agak kusam. (7)Kaki yang betina relatif kecil dengan warna merah muda.

Ciri-ciri Burung Ciblek Kebun Jantan
(1)Mempunyai rambut hitam pada bagian atas mata dan tidak ada warna putih di sekitarnya, (2)Mempunyai bulu yang berwarna abu-abu lebih gelap, (3)Yang jantan kepala berukuran lebih besar, (4)Ukuran paruh lebih besar dan warna hitam di atasnya lebih pekat serta ujung paruh di bagian bawah ada hitamnya, (5)Kaki relatif besar, (6)Kuku hitamnya cenderung lebih gelap.

Ciri-ciri Burung Ciblek Kebun Betina
(1)Tidak mempunyai bulu rambut atau alis berwarna hitam di sekitar kepala, (2)paruh relatif tipis dan warna hitam pada bagian atas memudar serta ujung bagian bawahnya tampak samar-samar bahkan sampai tidak ada, (3)Terdapat bulu alis putih di sekitar kepala bagian atas matanya, (4)Kepala relatif kecil dan berbentuk lonjong, (5)Kaki cenderung kecil, (6)Kuku pada bagian kaki berwarna putih.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis burung ciblek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel