jenis pakan yang baik bagi ternak sapi

PAKAN SAPI

PAKAN SAPI

PETERNAKAN- Bagi para peternak pengetahuan dasar mengenai pakan sangat penting untuk diketahui guna menunjang sistem atau cara pemberian pakan yang benar pada ternak khususnya ternak sapi. Pakan ternak adalah hal terpenting yang harus diperhatikan dalam suatu usaha ternak sapi. mengingat pakan sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan ternak sapi. Pada umumnya sapi yang biasa di jadikan ternak adalah jenis sapi perah dan sapi pedaging. Kedua jenis sapi tersebut sangat memerlukan pakan ternak yang baik supaya dapat menopang pertumbuhannya.

Didalam pemberian jumlah pakan berdasarkan periode ternak sapi misalnya seperti anak sapi sampai sapi dara, masa periode bunting, masa periode kering dan laktasi. Pemberian konsentrat pada anak sapi lebih tinggi dari pada rumputan.

Makanan ternak yang berupa rumput untuk sapi dewasa biasanya diberikan sebanyak 10% dari bobot badannya dan pakan tambahan sebanyak 1-2% dari Bobot badan.

Pada sapi yang sedang menyusui (laktasi) membutuhkan pakan tambahan sebanyak 25% pakan hijauan dan konsentrat dalam ransumnya.

Biasanya para peternak memberikan rumput sebagai makanan utama ternak, namun sebaiknya di imbangi dengan pakan ternak fermentasi dan pakan ternak sapi konsentrat. Mengingat kebutuhan pakan sapi sangat membantu dalam menambah Gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh sapi.

Dibawah ini adalah pakan/makanan ternak sapi berupa rumput
  1. Rumput grinting
  2. Rumput lapangan
  3. Rumput tanaman
  4. Rumput kolonjono
  5. Rumput benggala
  6. Daun leguminoss
  7. Rumput tuton
pakan ternak sapi konsentrat
Makanan ternak sapi konsentrat adalah jenis pakan campuran yg biasa diberikan untuk hewan ternak, seperti Sapi maupun kambing. Pakan konsentrat mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi yang baik untuk pertumbuhan ternak sapi. Kemudian selain dari itu biasanya para peternak sapi menggunakan rumput sebagai makanan ternaknya.

pakan/makanan ternak sapi fermentasi
dipasaran harga pakan ternak sangat bervariasi, Karena itu tergantung dari distributor yang menjual barangnya. Pada saat ini banyak masyarakat atau para peternak sapi yang memanfaatkan jerami padi sebagai bahan pakan fermentasi, dikarenakan kandungan gizi yg terdapat didalam pakan fermentasi dapat mencukupi kebutuhan tubuh sapi.

pakan ternak sapi fermentasi dibuat untuk mengefisiensikan dalam penyediaan makanan ternak. pada saat ini makanan ternak sapi fermentasi menggunakan bahan dari limbah pertanian. Selain dari itu makanan ternak sapi fermentasi dapat juga menggunakan limbah hijauan dari makanan ternak. Makanan ternak fermentasi juga baik untuk menambah gizi dan nutrisi pada ternak sapi. 
Dibawah ini merupakan jenis pakan fermentasi yang baik untuk ternak sapi

Jerami
PAKAN SAPI
Jerami adalah salah satu limbah yang mempunyai manfaat sebagai makanan fermentasi untuk ternak sapi. Jerami termasuk salah satu limbah dari pertanian yang sangat mudah untuk difermentasi.

Tangkai Jagung kering
pakan sapi
Tangkai Jagung kering dapat dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat pakan sapi fermentasi. Sudah banyak peternak sapi yang memanfaatkan Tangkai Jagung kering sebagai bahan untuk membuat pakan sapi fermentasi untuk ternaknya.

Rumput
Rumput adalah salah satu jenis pakan yang baik untuk ternak sapi, pada umumnya yang sering dijadikan pakan fermentasi yaitu rumput yang telah tua ataupun rumput yang sudah kering. ada baiknya rumput yang telah tua tidak dibuang, tapi di coba untuk di fermentasikan sebagai makanan tambahan ternak.

Nilai gizi suatu bahan pakan ternak sapi, selain ditentukan oleh kandungan zat gizinya juga ditentukan oleh kemampuan degradasi dan juga adaptasi terhadap kecernaan makanan dan yang terutama kandungan lignin yang biasanya cukup banyak terdapat pada limbah pertanian

Pakan Hijauan Untuk Ternak Sapi
  1. Rumput gajah, di dalam rumput gajah terkandung protein 8,4-11,4%, serat  kasar 29,5-33% daya cerna 52%, lemak 1,7-1,9%.
  2. Tanaman leguminosae semak  mengandung protein tinggi contohnya seperti Gamal (Gliricidia sepium), Kaliandra (Calliandra calothrysus) dan Lamtoro (Leucaena leucocephala),.
  3. Tanaman legum merambat contohnya seperti Kacang Sentro (Centrosema pubescens), Kacang Ruji (Pueraria phaseoloides) dan Kembang Telang (Clitoria ternatea).
  4. Jerami termasuk salah satu sumber pakan ternak sapi yang berkualitas rendah, kandungan yang terdapat di dalamnya yaitu protein 4,5 – 5,5% dan lemak 1,4 – 1,7% daya cerna 30% (seandainya sapi makan 10kg jerami maka yang diserap tubuh hanya 3 kg, sedangkan lainnya menjadi kotoran).
Bahan Pakan Non Hijauan Untuk Ternak Sapi

1. Dedak padi
Dedak padi yaitu kulit gabah halus yg bercampur dengan sedikit pecahan beras dan daya cernanya sedikit rendah.  di dalam dedak padi terdapat kandungan nutrisi : 10.6%, protein, 32.4%, air, 4.1% bahan ekstrak tanpa N, 35.3%, lemak dan 16% abu serta  serat kasar, 1.6%.

2. Bungkil kelapa
Bungkil kelapa yaitu hasil sisa dari proses pembuatan minyak kelapa dan ekstraksi minyak yang didapat dari daging kelapa yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Dalam hal pemberiannya tergantung pada bobot badannya yaitu antara 1.5 sampai 2.5 kg/ekor/hari. Berikut adalah Analisa nutrisi : 11.6% air, protein 18.7% , bahan ekstrak tanpa N 45.5% , serat kasar 8.8% , lemak 9.6%  dan 5.8% abu serta nilai Martabat Pati 81.

3. Dedak jagung
Jenis pakan yang satu ini sangat baik diberikan pada ternak. Berikut ini Analisa nutrisi : 9.9% air, protein 9.8% , bahan ekstrak tanpa N 61.8% , serat kasar 9.8%, lemak 6.4%dan 2.3% abu serta nilai Martabat Pati adalah 68.

4. Bungkil kacang tanah
Dipakai sebagai komposisi pada ransum konsentrat untuk ternak sapi, babi dan ternak ayam, akantetapi harus dibatasi jumlah pemberiannya karena didalam bungkil kacang tanah kadar lemaknya sangat tinggi dan harganya relatif mahal. Berikut ini merupakan Analisa nutrisi: 6.6% air, protein 42.7%, bahan ekstrak tanpa N  27%, serat kasar 8.9%, lemak 8.5% dan 6.3% abu serta nilai Martabat Pati adalah 80.

5. Kulit Kopi
Pada proses pengolahan kopi akan dihasilkan kulit kopi 45%, lendir 10%, kulit ari 5% dan biji kopi 40%. Penggunaan kulit kopi sebagai pakan ternak sapi pada usaha pembibitan bisa menggantikan konsentrat komersial sampai 20%.

6. Onggok
Onggok adalah hasil dari sisa dalam pembuatan tepung kanji, bisa diberikan pada ternak sapi dan ternak peliharaan yang lainnya sebagai pakannya. Berikut ini adalah Analisa nutrisi: air 18.3%, protein  0.8%, bahan ekstrak tanpa N 78%, serat kasar 2.2%, lemak 0.2% dan 2.5% abu serta nilai Martabat Pati adalah 76.

7. Kulit Kakao
Limbah dari pengolahan buah kakao yang bisa dipakai sebagai bahan pakan ternak sapi diantaranya yaitu kulit luar dan kulit biji. Dari sebuah penelitian pemakaian limbah kakao pada ternak ruminansia, menunjukkan yang bahwa penggunaan kulit luar kakao pada taraf 30% tanpa pengolahan, bisa menurunkan kecernaan in vitro. Sedangkan pemanfaatannya dalam usaha pembibitan bisa mencapai 20% dalam konsentrat komersial.

8. Kulit Kacang Tanah
Pemakaian kulit kacang tanah sebagai makanan ternak termasuk ternak sapi belum optimal, sebagian besarnya hanya dibuang ataupun dibakar. Penggunaan kulit kacang tanah dalam usaha pembibitan bisa mencapai 20 persen dalam konsentrat komersial.

9. Kacang Kedelai dan Ikutannya
Hasil ikutan kacang kedelai yang banyak dipakai sebagai ransum ternak sapi diantaranya yaitu ampas tahu, kedelai afkir, jerami kedelai dan ampas kecap. Penggunaan bahan pakan ternak asal kacang kedelai dan ikutannya bisa digunakan semaksimal mungkin.

Data ini diolah dari berbagai sumber

    Belum ada Komentar untuk "jenis pakan yang baik bagi ternak sapi"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel