pakan fermentasi untuk ternak kambing

Pakan Fermentasi untuk Penggemukan Ternak Kambing

pakan ternak

PETERNAKAN- Fermentasi  merupakan suatu cara untuk mengubah substrat yang kemudian menjadi produk tertentu seperti yang diinginkan dengan menggunakan bantuan mikroba didalam kondisi lingkungan yang terkendali atau dengan kata lain fermentasi yaitu perubahan struktur kimia dari bahan organik dengan pemanfaattan agen-agen biologis terutama enzim sebagai biokatalis.

Didalam proses fermentasi, terlibat beberapa hal penjelasannya seperti dibawah ini :
  1. Media atau Tempat/wadah terjadinya fermentasi
  2. Mikroorganisme sebagai inokulum (Inokulum artinya kultur mikroba yang mempunyai sifat yang khas dan bisa dikembangbiakkan dalam suatu tempat/substrat)
  3. Substrat.  Substrat yaitu tempat tumbuh dan sumber nutrisi bagi mikroba. Contoh substrat misalnya kacang, pohon pisang atau jagung.
Teknologi fermentasi adalah salah satu cara untuk memanfaatkan bahan-bahan yang berharga murah ataupun bahan yang tidak berharga menjadi produk yang bernilai dan juga berguna bagi manusia. Hingga saat ini penerapan teknologi fermentasi semakin berkembang di berbagai bidang, termasuk di bidang peternakan.

Penggunaan teknologi fermentasi pada bidang pertanian salah satunya yaitu pada pembuatan pupuk organik bokashi, sedangkan pada bidang peternakan hewan diaplikasikan pada proses pembuatan pakan ternak dari jerami atau dari pohon pisang/gedebog.

Namun pada pembahasan kita kali ini, kita lebih menfokuskan pada pembuatan pakan fermentasi untuk ternak kambing, kenapa kami lebih memilih pada pembuatan pakan ternak kambing fermentasi ?? mengingat daging kambing tergolong mempunyai pangsa pasar yang cukup luas. Pada saat ini permintaan pasar terhadap daging kambing juga semakin tinggi dari tahun ke tahun terus meningkat, maka dari itu bagi para peternak harus menambah jumlah ternak peliharaanya untuk mencukupi kebutuhan pasar akan daging kambing, namun salah satu kendala yang akan terjadi jika ternak kambing banyak yaitu masalah pakan yang tidak sanggup untuk dicukupi oleh peternak, apalagi pakan hijauan pada saat ini sangat susah untuk didapatkan, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan pakan fermentasi, disamping itu pakan ternak fermentasi juga sangat banyak manfaatnya bagi ternak, untuk lebih jelasnya dibawah ini adalah penjelasan mengenai pakan ternak kambing fermentasi.

Kelebihan Dari Pakan Ternak Kambing Fermentasi
  1. Bobot badan kambing akan bertambah dengan cepat secara alami, sehat dan cepat gemuk.
  2. Daging kambing rendah kolesterol dan akan lebih berisi.
  3. Memperbaiki sistem pencernaan kambing.
  4. Meningkatkan atau menambah produksi susu (terutama untuk ternak kambing etawa).
  5. Meningkatkan nafsu makan.
  6. Kotoran kambing tidak akan terlalu berbau sehingga udara disekitar kandang tidak akan menjadi tercemar.
  7. Kambing akan lebih kebal dan relatif tahan terhadap berbagai serangan penyakit.
  8. Kotoran dan urine kambing akan jauh lebih sedikit dan bisa dipakai sebagai biogas serta digunakan sebagai pupuk kandang alami.
  9. sangat banyak lagi kelebihan pakan fermentasi bagi ternak kambing.
Cara Membuat Pakan Ternak Kambing Fermentasi
  1. Pohon Pisang (debog) atau Jerami sebagai alternatif lain, jerami dicincang atau dipotong kecil-kecil. Selanjutnya siapkan larutan gula bersama dengan parutan nanas yg dicampur dengan air tujuannya membuat fermentasi basah (gedebog) sebanyak 1 liter air. Sedangkan untuk fermentasi kering maka dapat gunakan sebanyak 10 liter air.
  2. pakan ternak
  3. Selain itu, jangan lupa pula untuk mencampurkan bahan utamanya yaitu pohon pisang atau jerami, ampas tahu beserta bekatul ke dalam sebuah Tempat/wadah yang berukuran besar.
  4. Kemudian larutan yang berisi gula pasir, air dan parutan nanas harus diaduk sampai merata. selanjutnya coba diamkan campuran tersebut kurang lebih selama 15 menit. Kemudian masukkan kembali larutan yang tadi dibuat ke dalam 10 liter air. Lalu siramkan secara merata ke dalam campuran pakan di dalam Tempat/wadah besar. Sebagai tambahan, taburkan sedikit garam kemudian di aduk kembali secara terus menerus sampai semua bahan tersebut menjadi tercampur merata.
Selanjutnya setelah semua proses di atas selesai, maka tugas kita selanjutnya adalah memasukkan bahan pakan fermentasi kedalam sebuah ember plastik atau drum. Kemudian tutup ember plastik atau drum tadi menggunakan plastik atau terpal, sehingga bagian dalam ember atau drum menjadi kedap udara paling tidak selama kurang lebih 1 hari. Tetapi, bila pakan terbuat dari pohon pisang (basah), maka proses fermentasi hanya membutuhkan waktu selama kurang lebih 1 sampai 3 jam saja.

Sampai pada proses ini pakan ternak kambing hasil fermentasi sudah bisa diberikan untuk ternak kambing dua kali dalam sehari, yaitu pada waktu pagi dan sore hari. Selain bisa diberikan sebagai pakan ternak kambing, hasil dari fermentasi tersebut juga bisa diberikan untuk ternak sapi yang juga memerlukan pakan tambahan untuk menambah daging.

data ini diolah dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "pakan fermentasi untuk ternak kambing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel