4 Sistem kandang ayam atau bentuk kandang ayam cemani yang baik

BENTUK KANDANG AYAM CEMANI
PETERNAKAN AYAM

 
    PETERNAKAN- Kandang ayam cemani terdiri dari beberapa tipe. tipe yang di buat tentu di sesuaikan dengan luas tanah yang yang tersedia. dibawah ini adalah beberapa tipe kandang ayam cemani :

1. Kandang ayam cemani sistem ren
    Kandang ayam cemani sistem ren adalah kandang dengan halaman pengumbaran. Siang hari ayam - ayam cemani dapat bercanda dan berkeliaran di halaman pengumbaran. Pada malam hari masuk kedalam kandangnya. Tempat pengumbaran sebaiknya lebih luas dari kandangnya. tempat pengumbaranpun tidak perlu menggunakan hamburan, cukup di tanami rumput, perdu atau bunga - bungaan agar lebih asri dan nyaman. Kehidupan yang tentram dan nyaman bisa meningkatkan kesehatan dan produktifitas serta mempercepat pertumbuhan anak ayam cemani.
  • Kelebihan kandang ayam sistem ren
  • Pemeliharaan lebih mudah dan praktis (kandang tak perlu di bersihkan setiap hari) sehingga dapat menghemat tenaga kerja, vitamin B12 mudah di peroleh yaitu dari hamburan penutup lantai, lantai kandang ayam lunak sehingga keselamatan kaki ayam terpelihara. selain itu, kotoran ayam mudah terserap sehingga bau busuk akan sedikit berkurang dan ayam dapat di lepas di tempat pengumbaran untuk pergerakan seperlunya, mendapatkan sinar matahari, tambahan zat makanan berupa mineral sehingga ayam kelihatan sehat dan tumbuh dengan cepat. 

  • Kekurangan kandang ayam sistem ren
  • Memerlukan tempat yang lebih banyak, Pada saat tertentu hamburan penutup lantai harus di buka dan di balik agar konsistensinya tetap serta sewaktu - waktu di ganti yang baru. Bila hamburan penutup lantai sering basah dan lembap akan membuat ayam cemani cepat terkena penyakit. Kekurangan lainnya adalah ternak ayam cemani lebih mudah di hinggapi penyakit yang penularannya melalui udara atau di bawa oleh burung gereja, burung merpati, tikus dan sebagainya.
2. Kandang ayam cemani sistem postal
    Kandang ayam cemani sistem postal tidak mempunyai halaman pengumbaran, jadi ayam cemani selalu berada dalam kandang. oleh karena itu dengan sistem postal kesehatan ayam cemani betul - betul harus di perhatikan
  • Kelebihan kandang ayam sistem postal
  • Pemeliharaan ayam cemani pada sistem postal juga lebih praktis, artinya kandang ayam tersebut tidak perlu di bersihkan setiap hari. Biarpun dalam keadaan hujan, hawa dalam kandang akan tetap hangat karena pengaruh proses kimiawi yang di hasilkan oleh hamburan penutup lantai. Di samping itu, ayam akan lebih gembira karena dapat mengais - ngais serta mandi pasir sepuas - puasnya tanpa takut telapak kakinya membengkak karena lantai cukup lunak. begitu juga bau tidak begitu terasa karena kotorannya segera meresap ke dalam litter. 

  • Kekurangan kandang ayam sistem postal
  • Ayam tidak dapat bebas bergerak semaunya karena tidak ada tempat pengumbaran. Frekuensi penggantian hamburan penutup lantai juga harus lebih sering. apalagi bila litter tidak cukup tebal.
3. Kandang ayam cemani sistem baterai
Kandang ayam cemani yang di bentuk kotak bertingkat serta berderet menyerupai baterai di sebut kandang sistem beterai. Tiap kotak hanya dapat menampung seekor ayam saja. Biasanya tiap kotak ruangan berukuran 40 x 40 x 45 cm³.
Kandang ayam cemani sistem baterai biasanya di gunakan untuk ayam petelur yang hasilnya di gunakan untuk di konsumsi sebab telurnya tidak di buahi oleh pejantan. Namun kandang ini dapat juga di gunakan untuk membesarkan anak ayam cemani yang telah di seleksi (berumur sekitar 3 bulan) sehingga pertumbuhannya pesat karena ayam sedikit bergerak kerjanya makan dan minum saja.
Sistem kandang ayam baterai banyak di pakai di kota besar karena dengan tempat yang relatif sempit dapat menampung banyak ayam. Hanya saja, semua yang menyangkut kesehatan ayam cemani seperti vitamin, air minum, makanan atau obat - obatan, harus betul - betul di penuhi. Hal ini karena ayam cemani tidak dapat mencari makanan sendiri.
  • Kelebihan kandang ayam sistem baterai
  • Penularan penyakit dapat di hindarkan, demikian pula kanibalisme antarayam. dan dapat di deteksi pertumbuhan dan perkembangan ayam secara teliti sehingga dapat segera di ketahui jenis ayam yang bermutu.
  • Kekurangan kandang ayam sistem baterai
  • Pemeliharaan ayam cemani melalui sistem ini harus intensif karena ayam - ayam minta perhatian lebih banyak dari pemeliharanya. Jika kekurangan makan, ayam akan mudah terserang penyakit. kotoran  yang jatuh di lantai kandang akan mengundang banyak lalat, menjadi sumber penyakit dan bau busuk di sekitar kandang. biaya pembuatan kandang sistem ini cenderung lebih mahal jika di banding sistem lainnya.
4. Kandang ayam cemani sistem koloni
Bentuk kandang ayam sistem koloni sama dengan sistem baterai hanya ruangannya di buat lebih besar sehingga tiap kotak dapat menampung beberapa ekor ayam cemani. kandang ayam cemani semacam ini dapat di gunakan untuk pembesaran anak - anak ayam cemani yang telah berumur dua bulan ke atas. dengan kandang seperti itu kita dapat menggolongkan beberapa kelompok umur anak ayam cemani yang berbeda sehingga tidak tercampur. hal ini penting karena percampuran anak ayam cemani dari berbagai umur yang jauh berbeda sering menyebabkan kematian.
  • Kelebihan kandang ayam sistem koloni

  • Menghemat ruangan tempat pemeliharaan dan dapat di pergunakan untuk memelihara sekelompok ayam dari umur tertentu. kelebihan lain, ayam yang berada dalam kandang kelihatan lebih ceria karena dapat bercanda dengan yang lain.
  • Kekurangan kandang ayam sistem koloni

  • Kandang tersebut harus sering di kontrol karena sifat kanibalisme sering sekali terjadi. kotoran akan cepat menumpuk sehingga kandang ayam tersebut harus sering di bersihkan. jika pembersihan kandang terlambat akan menyebabkan bau busuk sehingga mengganggu kesehatan ayam. jumlah ayam yang melebihi kapasitas kandang akan menyebabkan ayam berebutan dan berdesakan dalam memperoleh makanan sehingga ayam - ayam yang kuat saja yang mendapatkan gizi yang cukup. selain itu, penularan penyakit lebih mudah terjadi.
Nah itulah beberapa sistem kandang ayam cemani yang banyak kita jumpai, jika anda ingin memulai beternak ayam silahkan anda pilih model mana yang anda sukai karena setiap kandang tersebut ada kelebihan dan ada kekurangnya masing - masing.

Belum ada Komentar untuk "4 Sistem kandang ayam atau bentuk kandang ayam cemani yang baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel