ciri-ciri ayam arab dan manfaat ayam arab

AYAM ARAB

ayam arab

PETERNAKAN- Ayam arab dapat dikatagorikan sebagai ayam petelur unggul, karena ayam arab memiliki kemampuannya bertelur yang sangat tinggi. Pada umumnya para peternak memanfaatkan ayam jenis ini karena produksi telurnya yang cukup tinggi yaitu bisa mencapai 190 hingga 250 butir/tahun dengan memiliki berat telur rata-ratanya 40 gram. dengan warna kerabang yang cukup bervariasi yakni putih, coklat  dan kekuningan sehingga banyak orang tidak bisa membedakan yang mana telur ayam arab dan yang mana telur ayam kampung.

Ayam arab juga termasuk tipe ayam penghasil daging yang cukup baik, Anak ayam arab jantan yang dipelihara sekitar 2 sampai 3 bulan dengan pemberian pakan yang baik dan berkualitas sudah mampu mencapai bobot tubuh antara 4 hingga 5 ons. Ayam jenis ini memiliki warna kulit yang agak kehitaman dan mempunyai daging yang lebih tipis apabila kita bandingkan dengan ayam kampung, karena itu membuat daging ayam arab kurang disukai oleh konsumen. Namun bagi sebagian para peternak ayam, ayam arab dikawin silangkan dengan jenis ayam kampung. Dan setelah dikawin silangkan akan menghasilkan ayam dengan postur ayam kampung biasa, kemudian warna kerabang telur sudah tidak putih lagi disamping itu daging ayam arab yang telah dikawin silangkan dengan ayam kampung menjadi lebih terang dari pada daging ayam arab asli.

Ayam arab sangat mudah untuk dikenali salah satunya dari warna bulu. Ayam arab bisa dibedakan menjadi 2 jenis, itu berdasarkan dari jenis bulunya yaitu jenis gold (merah) dan jenis silver (warna putih mengkilap atau biasa di sebut warna perak). Untuk jenis silver, bulu pada punggung putih berbintik hitam kemudian bulu sepanjang leher dan berwarna putih mengkilap, bulu pada bagian sayap hitam bergaris putih, kemudian bulu pada bagian ekor dominan hitam dan bercampur warna putih. jenggernya kecil dengan berwarna merah dan mata berwarna hitam dengan dilingkari warna kekuningan.

Kemudian ciri-ciri lain ayam arab yaitu pada saat usia 1 minggu yang jantan telah tumbuh jengger. Induk betina tidak memiliki sifat untuk mengeram telur dengan umur produktif sampai usia 1,5 tahun. Apabila dilakukan pengelolaan yang baik, beternak ayam arab bisa sebagai sumber penghasilan yang cukup menguntungkan.

Berikut kelebihan beternak ayam arab:
  1. Berat telur berkisar antara 35 sampai 42,5 gram
  2. Harga induk ayam arab tergolong tinggi
  3. Warna kerabang telur bervariasi yaitu kekuningan, putih dan warna putih kecoklatan
  4. Daya seksualitas yang jantan tergolong tinggi
  5. Ayam arab betina tidak memiliki sifat mengeram, sehingga masa dalam bertelurnya panjang
  6. Ayam arab konsumsi pakan relatif kecil karena termasuk tipe kecil
  7. Dapat dijadikan untuk memperbaikan genetik ayam buras
Sedangkan sisi kelemahan ayam arab yaitu sebagai berikut:
  1. Warna kulit dan dagingnya agak kehitaman sehingga menjadikan harga jualnya pada masa remaja dan masa afkirnya relatif rendah
  2. Bobot badan pada masa afkir cukup rendah yaitu sekitar 1 hingga 1,2 kg
  3. Yang betina hampir tidak mempunyai sifat mengeram, sehingga untuk menetaskan telurnya butuh mesin tetas atau harus kita gunakan jasa induk ayam kampung, induk bebek atau yang lainnya.

Manfaat Telur Ayam Arab

Pada dasarnya, telur ayam arab mempunyai manfaat dan khasiat yang sama dengan telur ayam biasa atau ayam kampung. Namun, kandungan gizi dari telur ayam arab lebih banyak dan lebih tinggi, sehingga sangat baik bila kita mengkonsumsi telur ayam arab secara rutin tapi jangan juga terlalu berlebihan. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat dari telur ayam arab bagi kesehatan tubuh:

1. Memperbaiki sel tubuh
Di dalam telur ayam arab terdapat kandungan protein, ini sangat baik bagi tubuh untuk membantu membangun dan memperbaiki sel tubuh yang telah rusak. disamping itu sangat baik untuk membantu pertumbuhan sel-sel tubuh bagi anak kecil dan sangat baik bagi mereka yang berada pada usia perkembangan.

2. Kaya gizi, mineral dan vitamin
Telur ayam arab dipercaya sebagai salah satu jenis telur unggas yang kaya kandungan gizi. membuat telur ayam arab sangat baik dan cocok untuk dikonsumsi/makan.

3. Baik untuk kesehatan kulit
Kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam telur ayam arab sangat baik bagi kesehatan kulit. Vitamin A yang tinggi ini, juga cukup baik untuk kesehatan mata manusia, juga memiliki manfaat yang baik pula untuk membantu melindungi kulit manusia dari radiasi dan kerusakan sinar ultraviolet.

4. Kaya akan antioksidan
Telur ayam arab juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. antioksidan yang cukup tinggi ini sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh manusia, mencegah penyakit kanker dan bisa membantu mencegah penuaan dini.

5. Baik untuk peredaran darah
Mengkonsumsi telur ayam arab ini juga mampu untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh manusia. dengan lancarnya peredaran darah dalam tubuh, maka kita bisa terhindar dari gangguan anemia dan dapat membantu menstabilkan suplai oksigen ke otak, sehingga bisa meningkatkan daya konsentrasi dan juga fokur.

6. Baik untuk kesehatan tulang
Di dalam telur ayam arab terdapat kalsium dan juga forfor yang sangat tinggi. maka akan sangat membantu kita dalam menjaga kesehatan tulang dan sangat baik bagi mereka yang sedang berada dalam masa perumbuhan, membantu menambah tinggi badan.

diolah dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "ciri-ciri ayam arab dan manfaat ayam arab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel