ciri-ciri ayam birma dan teknik dalam bertarung ayam birma

AYAM BIRMA ATAU BURMA

ayam birma

PETERNAKAN- Ayam birma atau burma merupakan perpaduan antara ayam bangkok dengan ayam myanmar. Ayam birma adalah ayam yang mempunyai nilai jual sangat tinggi jika dibandingkan dengan ayam bangkok. Ayam birma atau burma juga memiliki teknik atau cara dalam bertarung yang sangat mematikan dan mempunyai pukulan yang sangat kuat. oleh karena kualitas yang dimiliki ayam ini membuat harganya sangat malal, untuk menambah wawasan tentang ayam aduan birma, berikut ini ciri-ciri ayam birma atau burma yang perlu kita ketahui supaya tidak salah dalam memilih ayam birma yang bagus :

CIRI-CIRI AYAM BIRMA

Ayam Birma atau Burma memiliki ciri yang khas dan berbeda dengan ayam aduan jenis lainnya, dibawah ini uraian singkat mengenai ayam burma:

(1). Jenis Ayam birma memiliki tulang yang agak kecil dan tulangnya lebih tipis dan memiliki jari-jari kaki yang kecil dan sedikit panjang (2). Ayam Birma juga mempunyai postur tubuh yang relatif sedang dan postur tubuh tidak terlalu besar mirip dengan ayam biasa atau ayam kampung, yang memiliki bobot maksimal 3 kg. (3). Ayam Birma memiliki jenis bulu tidak seperti jenis ayam aduan Thailand, ayam birma pada umumnya memiliki warna campuran dari merah, abu-abu, wido. selain itu ayam birma juga memiliki tanda putih pada bagian kupingnya. (4). Ayam birma matanya tampak seperti melotot, memiliki pandangan atau cara melihat yang tajam seperti jenis ayam liar lincah, bringas dan mematikan. (5). Ayam Birma mempunyai badan lebih banyak bulu, kemudian bulu sayap ayam birma sangat tebal dan juga panjang (6). Pada bagian muka ayam Birma seperti ayam kampung dan silangan ayam bangkok dimana bentuk telinganya kadang sedikit lebih besar dan mata kurang cekung kemudian paruh lebih kecil serta bentuk badan kurang kekar.

TEKNIK DALAM BERTARUNG AYAM BIRMA

Setelah kita mengetahui ciri-ciri ayam birma, kita sebagai pencinta ayam aduan juga harus mengetahui teknik bertarung ayam birma, berikut uraiannya:

1.Ayam birma memiliki kecerdikan dalam memukul lawan. (2). Ayam birma pada saat bertarung sangat sulit untuk dikunci oleh lawannya karena mempunyai keunggulan aerodinamis / anti-lock. (3). Ayam aduan jenis ini menggoyangkan kepala dan juga sangat sering bergerak memukul tanpa mematuk lawan. (4). Ayam birma juga mempunyai pukulan kaki yang cukup kuat, biasanya ayam birma menyerang bagian mata dan telinga lawanya, selain itu taji ayam birma mempunyai keakuratan dan mematikan. (5). Ayam birma mempunyai kelincahan gerakan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan ayam Thailand. (6). Ayam birma juga memiliki keahlian menghindar pada saat bertarung kadang juga dalam posisi ngolong, kadang-kadang mainnya jaga jarak dan lari memutar kalau lawan dalam posisi ragu-ragu ayam birma akan sangat cepat bergerak dan menyerang lawan, Namun ayam birma memiliki sedikit kelemahan karena memiliki tulang yang relatif kecil terutama dibagian badan dan punggungnya jika ayam birma terkena pukulan yang keras dalam waktu yang lama biasanya akan lari dari arena pertarungan karena tidak tahan sakit.

JENIS-JENIS AYAM BIRMA/BURMA
Di Indonesia pada saat ini juga sudah banyak jenis ayam birma/burma yang secara langsung dikirim atau diimpor dari Myanmar. Tetapi harganya yang sangat mahal, membuat para pecinta ayam aduan Indonesia mulai mengembangkan atau melakukan perkawinan silang antara jenis ayam birma atau burma dengan jenis ayam lokal Indonesia, yang kemudian menghasilkan jenis ayam burma atau birma campuran bukan asli lagi.

Berikut ini adalah jenis-jenis ayam birma yang banyak dipelihara oleh pecinta ayam aduan di Indonesia, 

1. Ayam Birma Asli (Original)
Ciri-ciri fisik ayam birma original yaitu memiliki bentuk tubuh yang relatif kecil dan tulangnnya agak tipis, mempunyai bulu yang lebat dengan warna bulu yang dominan jalak dan terdapat bintik kecoklatan.

Kemudian bentuk kaki ayam birma mirip seperti kaki burung pemakan ikan, padat dan keras. kaki ayam birma warnanya memiliki kekhasan tersendiri yaitu warna kuku agak berwarna kecoklatan atau kehijauan.

Kelebihan ayam aduan jenis birma yaitu pada tingkat akurasi pukulannya dapat mencapai sampai 90% yang meliputi di area kepala dan mata lawan. Namun, terdapat juga kekurangan ayam birma yaitu di ukurannya yang relatif kecil dan bobot hanya berkisar 2,0 sampai 2,75 Kg.

2. Ayam Birma Brasilian (Brasil)
Ayam Birma brisilian merupakan hasil crossing breeding antara jenis ayam birma dengan jenis ayam Brasil dengan mempunyai presentese 85 persen genetik ayam birma dan 15 persen genetik ayam Brasil.



Jenis Ayam ini mempunyai karakter fisik yang lebih tahan terhadap pukulan lawan dari pada ayam birma original(asli). Ukuran tubuh ayam Brasilia juga lebih besar apabila kita bandingkan dengan ayam birma original yang dapat mencapai 2,6 sampai 3,3 Kg. Disamping itu tingkat pukulannya juga lebih keras. Akantetapi, kekurangannya yaitu tingkat kecepatannya tidak secepat ayam birma original.

3. Ayam Birma Rambong
Ayam Birma jenis ini mempunyai gaya bertarung yang sangat khas dan kelebihannya yaitu cukup lincah pada saat bertarung. Pada saat ayam birma rambong bertarung, ayam rambong dapat melemparkan pukulannya tepat ke arah kepala, mata dan paruh dan kadang-kadang sambil jatuhpun ayam birma rambong masih bisa melemparkan pukulan.

4. Ayam Birma Gostan
Ayam Birma Gostan merupakan jenis ayam birma asli atau original generasi terbaru. Ayam birma gostan mempunyai gaya bertarung yang sangat khas, yaitu mundur dan bisa menghindar serta dapat melemparkan pukulannya tepat mengarah pada kepala, mata dan paruh lawan.

5. Ayam Birma Mabin
Ini adalah jenis ayam birma generasi terbaru dengan mempunyai cara dan gaya bertarung yang juga sangat khas. kelebihan dari ayam birma mabin yaitu Gaya bertarung memukul sambil melompat dan sangat lincah, disamping itu ayam jenis ini memukul dengan keras yang tepat mengarah ke bagian kepala, mata dan paruh lawannya. 

Ukuran dan bobot ayam birma mabin hampir sama dengan jenis-jenis ayam birma lainnya, namun yang membedakan ayam birma mabin dengan yang jenis ayam birma lainnya yaitu tubuh yang lebih ramping dan lebih ringgi.



Belum ada Komentar untuk "ciri-ciri ayam birma dan teknik dalam bertarung ayam birma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel