jenis-jenis ayam hias atau ayam kate

JENIS-JENIS AYAM KATE

ayam kate

Ayam kate adalah representasi ayam yang memiliki bentuk tubuh kecil dengan penampilan yang sangat menarik. ada banyak jenis ayam kate di Indonesia secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu ayam kate lokal dan ayam kate impor (pendatang). Dari kedua jenis ayam kate tersebut muncul jenis ayam kate baru yang memiliki warna dan bentuknya sedikit berbeda. Hal ini terjadi karena para peternak ayam kate sering menyilangkan kate untuk mendapatkan jenis baru.
Biasanya di Indonesia, ayam kate lokal maupun ayam kate impor diberi nama atau sebutan ayam kate berdasarkan kekhasannya. Maka dari itu muncullah nama-nama atau sebutan seperti mahkota, ayam kate kapas, batik, emas atau cemani. Namun ada juga yang menamai ayam kate berdasarkan negara asal ayam tersebut, seperti ayam kate itali , ayam kate kanada, ayam kate parsi, cho chin, kate holland, ayam kapas india, dan ayam kate peking. Dari tiap jenis ayam kate mempunyai ciri khas yang cukup mencolok, sehingga sangat mudah untuk membedakannya. Dibawah ini kami uraikan secara singkat jenis-jenis ayam kate yang banyak diternakkan di Indonesia.

Ayam Kate Lokal

Ayam Kate ini tidak memiliki banyak jenis. Kate lokal biasanya diberi nama berdasarkan dari warna bulu dan kulitnya. Kate lokal yang sangat mudah dijumpai di pasaran yaitu ayam kate hitam dan ayam kate putih. Penampilan ayam kate kedua jenis ini tidak banyak berbeda. Kate hitam pada umumnya mempunyai kaki agak lebih pendek dari pada ayam kate putih. ayam kate ini memiliki warna hitam mulus dan warna putih mulus. Baik pada ayam kate hitam maupun ayam kate putih mempunyai jengger tunggal. Yang betina jenggernya kecil namun ada juga yang agak besar. sedangkan jengger ayam kate jantan lebih besar, berdiri tegak, bergerigi dan lebih tebal. yang jantan pial jagonya lebih besar dari pada pial ayam kate betina. Kemudian bentuknya berupa pasangan kulit yang agak tebal berwarna merah yang menggantung di bawah pangkal paruhnya. Ayam kate jantan memiliki penampilan lebih menarik dengan mempunyai ekor yang panjang mencuat ke atas dan menyentuh kepala.

Contoh jenis ayam kate lokal yang lain yaitu cemani. Hampir seluruh bagian tubuh jenis ayam ini berwarna hitam, mulai dari bulu, kulit, jengger pial, paruh, kaki, mata, maupun dagingnya. Pada jengger kate cemani berdiri tunggal, kecil dan bergerigi. Selain itu bentuk badan relatif kecil, kaki agak pendek dan ekornya mengembang baik pada betina maupun pada yang jantan. yang jantan gerakannya cukup gesit, Suara kokoknya melengking keras dan sangat agresif terhadap lawan jenisnya. Ayam kate Cemani betina adalah pengeram yang sangat baik, namun daya tetasnya lebih rendah dari pada ayam kate lokal hitam atau ayam kate putih.

Ayam Kate Impor/Pendatang

Berikut ini uraian jenis ayam kate impor atau ayam kate pendatang:


Ayam kapas merupakan salah satu dari sekian jenis ayam kate impor yang sangat cepat untuk beradaptasi dengan lingkungan di Indonesia. Ayam kapas berasal dari Cina dan mempunyai bulu lembut yang berwarna putih bersih seperti menyerupai kapas. Apabila dibandingkan dengan ayam kate jenis lokal, ayam kapas mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar dan tinggi. walaupun warna bulunya putih mulus, namun seluruh tubuhnya memiliki warna hitam kebiru-biruan atau menyerupai ayam cemani. Ayam jenis ini memiliki keunikan tersendiri misalnya pada masing-masing kakinya berjari lima. Pada ayam kapas jantan mempunyai jengger lebih besar, pendek dan lebar, namun tidak tegak. Pembawaan ayam kapas cukup tenang, khususnya pada yang jago, akantetapi dapat berlari dengan gesit dan cepat.


Ayam Kate itali. Ayam hias jenis ini sebetulnya berasal dari Inggris, akantetapi bibit ayam ini yang banyak berkembang di negara Indonesia diduga berasal dari Itali. Oleh sebab itu, ayam kate ini diberi nama ayam itali. Ciri khas dari ayam itali yaitu bisa dilihat dari warna bulunya yg lirik-lirik mirip batik. Di antara sekian banyak jenis ayam kate, ayam kate itali yang paling mungil/kecil. Warna bulu ayam kate itali cuma ada dua, yaitu warna putih dan warna coklat muda. Akan tetapi, di seluruh ujung bulunya memiliki warna hitam. ayam kate jantan bentuk jenggernya besar dengan posisi mendatar dengan warna merah dan pialnya berukuran sedang, tipis. yang jantan gerakannya sangat gesit.

Ayam Kate Kanada merupakan jenis kate impor yang mirip dengan ayam kate itali. yang membedakannya, yaitu ayam kate kanada warna bulunya lebih kusam. ayam kate kanada betina lebih pandai mengeram dibandingkan ayam kate betina itali. Jenis ayam kate impor yang memiliki bentuk ekor unik yaitu ayam kate bangkok. ayam Kate jenis ini tidak memiliki bulu ekor, sehingga jalannya terlihat lucu seperti berlenggang-lenggok. Walaupun tidak memiliki ekor, ayam kate bangkok mempunyai bulu yang sangat lebat dan berwarna-warni. Jengger ayam jantan bergerigi, berdiri tunggal, tegak dan tebal. Kemudian sepasang pialnya besar menggelantung bawah dagu.

Ayam Kate cho chin merupakan jenis ayam kate lain  dari sebuah sumber disebutkan ayam ini berasal dari Cina. pada yang jantan jengger lebih besar mirip bunga mawar dan memiliki warna merah darah. Bentuk ayam kate impor ini mirip ayam wareng, namun postur yang lebih kecil. sedangkan Variasi warna bulunya menyerupai ayam bekisar. Bentuk kakinya ramping dan tidak terlalu pendek.

Ayam Kate holland bisa dikatakan salah satu ayam kate yang sangat lincah dan aktif. Ayam kate holland berasal dari negeri Belanda, tetapi kini sudah sangat banyak diternakkan di Indonesia. Jengger ayam kate holland tidak begitu besar, bentuk dan warnanya sangat indah menyerupai mawar. Kekhasan ayam jenis ini terletak pada bulu kepala di belakang jengger yg menyembul ke belakang membentuk jambul, Bulu ekornya panjang dan lurus. Ayam kate holland memiliki beragam warna meliputi, putih, coklat,  hitam, kuning emas dan batik. yang jantan berpenampilan garang dan sangat rajin berkokok dengan memiliki suara lantang panjang. Ayam kate holland betina tergolong petelur yang baik, setiap bertelur bisa menghasilkan sampai 12 butir.

Ayam Kate Mahkota yaitu jenis ayam kate yang memiliki postur tubuh yang cukup besar dan berpenampilan tegap. Kenapa disebut ayam Mahkota? karena bulu-bulu di kepalanya mengembang dan menyerupai seperti mahkota. pada ayam jantan bulu mahkota panjang serupa dengan bulu ekor, sedangkan pada yang ayam betina mempunyai bulu kepala halus dan mengembang seperti kribo.

Belum ada Komentar untuk "jenis-jenis ayam hias atau ayam kate"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel