kandang ayam yang baik dan pemeliharaan ayam secara ekstensif, semi intensif dan intensif

KANDANG AYAM DAN PERLENGKAPANNYA
peternakan ayam cemani



A. Pemeliharaan Ayam

     Sebelum membahas masalah perkandangan secara detail, terlebih dahulu akan di uraiakan sedikit tentang cara pemeliharaan ayam kampung termasuk ayam cemani yang sering dilakukan baik di pedesaan maupun di perkotaan. pemeliharaan ayam ini dapat di bagi menjadi tiga cara yaitu ekstensif, semi intensif, dan intensif secara lebih lengkap akan di uraikan berikut ini.

1. Pemeliharaan Ayam Cara Ekstensif
    Pemeliharaan ayam dengan cara ekstensif yaitu ayam yang di pelihara di lepas di alam bebas untuk mencari makan sendiri. Peternak sama sekali tidak menyediakan kandang dan makanan secara tutin. Dengan kata lain, ayam - ayam itu hidup mandiri. Pagi hari akan berkeliaran untuk mencari makan dan sore menjelang gelap pulang dan tidur di mana saja. Ada yang tidur di atas pohon, di beranda rumah, bertengger di lumbung padi, dan sebagainya.
    Pada cara pemeliharaan ini perhatian pemilik terhadap ternak - ternak ayam boleh dikatakan tidak ada sama sekali. Bahkan kadang - kadang induk ayam itu bertelur dan menetaskan anak, pemilik ayam tidak tahu. Bahkan sering induk - induk ayam beberapa minggu menghilang dan kembali dengan membawa anaknya yang masih kecil. Cara pemeliharaan ayam semacam ini banyak kita jumpai di pedesaan. Pemeliharaan ayam dengan cara ekstensif masih dapat bertahan hingga sekarang karena lahan di pedesaan masih luas dan memiliki sumber makanan bagi ayam.

2. Pemeliharaan Ayam Cara Semi Intensif
    Cara pemeliharaan ayam semi intensif ini sudah lebih maju di banding cara ekstensif. Pemilik sudah mulai memperhatikan kandang, makanan dan kesehatan ayamnya. Ayam sudah di buatkan kandang dan mulai di beri makanan seadanya misalnya menir, jagung atau sisa makanan selain makanan yang di carinya sendiri. Jika ada ayam yang sakit di beri pengobatan yang biasanya menggunakan cara tradisional. Ayam yang kelihatan lesu dan tidak bergairah, misalnya, di obati dengan memakai bawang merah dan kunyit di tumbuk atau cabe merah yang dilolohkan begitu saja tanpa mengenal aturan dan dosis. kadang ayam yang sakit tidak di obati tetapi justru di potong untuk di konsumsi. hal ini ada baiknya karena dapat mencegah penularan penyakit. cara pemeliharaan ini banyak di lakukan oleh masyarakat kota karena dapat di lakukan sebagai pekerjaan sambilan dan dapat memberikan manfaat yang lumayan.

3. Pemeliharaan Ayam Cara Intensif
    Pada pemeliharaan ayam secara intensif dapat dikatakan bahwa kehidupan ayam sangat di tentukan oleh peternak, mulai dari pemeliharaan, pemberian makan ayam, penetasan telur, atau pun perkawinanya. Cara ini banyak di lakukan oleh peternak bermodal besar terutama peternak ayam negri baik ayam petelur maupun ayam potong. dengan cara ini, hasil yang di peroleh lebih memuaskan selain bisa di peroleh bibit unggul. peternak betul - betul mencurahkan seluruh perhatian dan kemampuannya dalam rangka meningkatkan mutu dan produktifitas ayam peliharaannya. 
    Setelah kita ketahui ketiga cara pemeliharaan ayam diatas maka dalam rangka mengembangkan populasi dan mutu ayam cemani kita dapat memilih cara yang paling cocok untuk di terapkan. misalnya, jika peternak ayam hanya mampunyai lokasi atau lahan yang sempit dan tinggal di kota dapat di pilih pemeliharaan dengan cara intensif. Tentu peternak ayam juga harus mempunyai modal dan pengetahui mengenai ayam cemani yang memadai. sebaliknya, bila peternak peternak ayam tinggal di kota dengan lokasi atau lahan yang cukup luas dan ia sibuk dengan kegiatan lain. Cara ekstensif atau semi intensif dapat di pilih, tergantung pada cara yang memungkinkan.

B. Tujuan Pengadaan Kandang Ayam
    1. Fungsi Kandang Ayam
    Pada pemeliharaan ayam secara intensif, kandang dan peralatan di dalamnya mutlak di perlukan. Kegunaan kandang selain sebagai tempat tinggal ayam juga tempat bekerja bagi peternak dalam melayani kebutuhan hidup ayam. Misalnya, memberi makan - minum, mengobati ayam yang sakit atau membersihkan kandang dari berbagai kotoran. Kandang dan perlengkapan yang baik serta memenuhi syarat akan membuat ayam merasa betah dan nyaman. Kandang ayam seperti itu menghindarkan ayam dari iklim buruk seperti panas dan hujan serta gangguan binatang seperti musang, tikus, ular, dan sebagainya. Kondisi kandang ayam yang nyaman memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan dan pertumbuhan ayam. Oleh sebab itu, kandang dengan perlengkapannya turut menentukan keberhasilan suatu usaha ternak ayam.

    2. Hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum membangun kandang ayam
    Jika usaha ternak ayam cemani akan di usahakan dalam skala yang besar maka seluruh perhitungan harus berdasar untung - rugi secara bisnis. demikian pula dalam menentukan lokasi atau lahan. Dalam perencanaanya harus di perhitungkan hal - hal seperti harga tanah, sumber air, listrik, tenaga kerja, pasar, sarana jalan dengan transportasinya. Prospek pemasaran juga juga harus dianalisis secara cermat. jika prospek pemasarannya lemah sedang produksi baik maka akan membahayakan kelangsungan usaha peternakan itu. bila produksi ayam sulit di jual tentu perusahaan akan kekurangan uang kas untuk membeli makanan ternak maupun membayar upah buruh. Untuk keperluan ini memang dibutuhkan penelitian pasar. Nah, setelah melakukan penelitian terhadap lokasi usaha ternak ayam cemani dan secara ekonomis menguntungkan, maka langkah selanjutnya adalah membangun kandang.

mohon membaca lanjutan di artikel berikutnya...

Belum ada Komentar untuk "kandang ayam yang baik dan pemeliharaan ayam secara ekstensif, semi intensif dan intensif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel