langkah-langkah atau cara melakukan inseminasi pada ayam

PETERNAKAN AYAM
peternakan ayam

INSEMINASI AYAM


Saya mendengar bahwa inseminasi juga dilakukan untuk ayam.
Saya ingin mengetahuinya lebih banyak.
Apa tujuan dari inseminasi ini atau apa kelebihannya 
dibandingkan dengan perkawinan alami ?? Bagaimana
cara(langkah-langkah) melakukan inseminasi tersebut??

Keuntungan inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik pada ayam sebagai berikut ini:
  1. Produksi anak ayam meningkat tanpa perlu memelihara banyak ayam pejantan. Untuk satu kali suntik ayam betina, hanya diperlukan 0,1 Cc sperma, sedangkan per ejakulasi dapat diambil 2 cc sperma, Artinya, satu ayam jantan dapat melayani 20 ekor betina. Pada perkembangan secara alami, satu ekor ayam jantan hanya mampu melayani 7 hingga 10 ekor ayam betina.
  2. Didapatkan kepastian induk, pejantan, dan anak ayam yang dihasilkan. ini sangat diperlukan dalam proses seleksi atau pembibitan.
  3. Dengan teknik inseminasi buatan (Bila telah mahir), dapat dipastikan terjadi proses pembuahan pada ayam betina sehingga daya tetas bisa lebih tinggi.
  4. Jika terjadi penurunan daya tetas (fertility), segera dapat diperbaiki dengan menggantikan pejantannya dengan pejantan lain yang lebih baik.
  5. Mudah dilakukan pengafkiran ayam betina yang tidak produktif dalam bertelur.
          Inseminasi buatan (IB) pada ayam dapat dilakukan dengan langkah-langkah seperti dibawah ini:
  • Persiapan alat. Siapkan peralatan yang akan digunakan, seperti sendok plastik atau tabung kaca untuk penampung sperma, alat suntik atau pipet tanpa jarum fungsinya untuk menyemprotkan sperma ke alat reproduksi ayam betina.
  • Pengambilan dan penampungan sperma. Pekerjaan ini sebaiknya dilakukan oleh 2(dua) orang, caranya yaitu seorang memegang ayam jantan yang akan diambil spermanya, sedangkan satu orang lagi mengelus dan menampung sperma yang dikeluarkan oleh ayam jantan tersebut. Posisi ayam berdiri agak menungging. Pengelusan mulai dari punggung kebelakang terus kebagian kloaka dan bagian bawahnya. Pengelusan punggung dengan memakai jari tangan kanan, sedangkan untuk pengelusan bagian bawah dengan menggunakan tangan kiri. Pengelusan dilakukan harus dengan lembut sampai terjadi refleks ejakulasi atau keluarnya sperma ayam jantan yang segera ditampung pada sendok plastik atau pada tabung kaca.
  • Pengenceran sperma. Sperma diencerkan dengan 1,025 % larutan Nacl dengan pH 7-8 dan ditambah antibiotik untuk membunuh kuman yang mungkin mencemari sperma tersebut. Selain itu, dianjurkan juga penambahan fruktosa 1:1 agar sperma tetap hidup.
  • Pemasukan sperma pada kloaka ayam betina. Inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik dilakukan dengan memasukkan sperma ayam jantan ke kloaka ayam betina. Dosis sperma untuk satu ekor ayam betina lebihkurang 0,1 cc sperma murni (belum diencerkan). bila telah diencerkan, pemakaian sperma tergantung banyaknya pengenceran. Untuk memasukkan sperma, dipergunakan syringe atau alat suntik dari plastik yang telah dilepas jarumnya (spuit). Sesudah kloaka ditekan (bagian perut yang lunak dibawah kloaka) dan vagina terbuka, sperma dalam syringe dimasukkan sedalam 3 centimeter ke dalam vagina, kemudian sperma dipancarkan. Untuk mendapatkan hasil yang baik, inseminasi buatan (IB) Sebaiknya dilakukan pada sore hari pukul 16.00-18.00 WIB. Inseminasi buatan (IB) Sebaiknya diulang setiap 4-7 hari.

Belum ada Komentar untuk "langkah-langkah atau cara melakukan inseminasi pada ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel