pemeliharaan ayam dan mengubah ayam kampung menjadi tipe petelur

PEMELIHARAAN AYAM

PETERNAKAN AYAM

Bau Kotoran Ayam
Pemeliharaan ayam kampong berdekatan dengan rumah dapat mengganggu seisi rumah maupun tetangga kerena bau busuk dari kotoran ayam tersebut. Oleh sebab itu, masalah tersebut harus diperhatikan sejak awal rencana pemeliharaan ayam.

Mengubah Ayam Kampung Menjadi Tipe Petelur
       Ada beberapa prinsip untuk mengubah ayam kampung menjadi petelur. Prinsip pertama yang harus diubah ialah sifat mengerami. Sifat ini harus ditiadakan atau diperpendek. Biasanya tanda-tanda mengeram akan mulai tampak pada ayam kampung setelah menghasilkan 12-15 butir telur(satu periode bertelur). Ayam tersebut akan kehilangan keinginan untuk mengeram jika dimandikan (dicelupkan kedalam air dingin) atau dikurung di tempat/ruangan gelap. Masa menghilangkan sifat mengeram ini tidaklah sama pada semua ayam kampung. Mengubah ayam kampung agar secara genetik setara dengan ayam ras tipe petelur merupakan pekerjaan pembibit (breeder).
        Prinsip kedua yang harus diubah adalah anggapan bahwa ayam akan berproduksi dengan baik sekalipun  dibiarkan mencari makanan sendiri. Jadi, ayam yang dipelihara secara terkurung atau dilepas harus diberi makanan dan air minum setiap hari.

Memelihara Ayam Kampung untuk Pedaging
         Oleh karena tujuan pemeliharaannya untuk memperbesar dan penggemukan maka ada baiknya ayam kampung tersebut dipelihara secara koloni (bersama) dalam satu ruangan. Alas kandang dapat berbentuk litter dari sekam padi atau bentuk slat, yaitu bilah-bilah papan atau bamboo selebar 2 centimeter.

Perlakuan untuk DOC
        Cara mengatasi tingginya  kematian DOC yang baru tiba dan dimasukkan ke dalam kandang sebagai berikut. 
        Pertama – tama kita harus telah mempersiapkan ruangan tempat pemeliharaan saat anak ayam tiba di tempat. Luas ruangan, suhu udara, tempat makanan dan minuman di dalam ruang pemeliharaan haruslah memenuhi syarat.
        Kedua, kita harus tahu pasti bahwa waktu kedatangan anak ayam, termasuk tanggalnya, pukul (jam) kedatangan, dan jumlah DOC yang akan tiba. Dengan demikian kita sudah siap untuk memelihara dan mengawasinya hingga DOC dapat beradaptasi dengan baik.
        Ketiga, kita harus yakin bahwa anak ayam yang diterima benar – benar sehat, bersih, lincah, dan aktif. Sekitar duburnya harus bersih dan luka bekas tali pusar telah kering. Tidak boleh ada tali pusar yang masih mengantung pada perut bagian belakang.
        Keempat, pada anak ayam broiler yang baru tiba, kita harus dapat memberi air minum berisi larutan gula sebanyak 8% selama 15 jam.
Dengan minuman itu diharapkan kelelahan anak ayam selama perjalanan akan lekas pulih.

Ayam Ras Diumbar Bersama Ayam Kampung


Apakah ayam ras dapat dipelihara seperti layaknya
memelihara ayam kampung yang tidak intensif  ?? Apakah
daya tahan ayam ras sama dengan ayam kampung ??
Dalam system pemeliharaan, apakah ayam ras dapat
dicampur dengan ayam kampung??

       Ketiga pertanyaan di atas bisa dijawab sekaligus sebagai berikut ini:
Jika tujuan pemeliharaan hanya sekedar hobi atau kesenangan, bisa saja ayam kampung  dan ayam ras dipelihara bersama secara ekstensif (diumbar). Akan tetapi, jika tujuan pemeliharaan ayam kampung dan ayam ras untuk meningkatkan produksi telur dan/atau daging ayam maka pemeliharaannya harus dipisahkan.
       Daya tahan ayam kampung terhadap penyakit tertentu relative lebih baik dari pada ayam ras. Hal ini di sebabkan secara perlahan dan tidak mematikan, bibit penyakit itu telah memasuki tubuh ayam kampung sehingga tubuhnya menjadi kebal.

Kepadatan dan Daya Tampung Ayam
      Sebenarnya, jumlah ayam ras pedaging yang dipelihara dalam luasan kandang tertentu perlu diperhatikan. Pada luasan 2,5 m x 6 m (15 m²) sebaiknya di tempatkan  antara 150 ekor (cuaca panas) hingga 180 ekor (cuaca sejuk) ayam umur sehari hingga di panen. Jika hanya ditempatkan 100 ekor pada luasan tersebut maka penggunaan kandang tidak efisien dan menyebabkan kerugian. Jika di isi 300 ekor pada luasan tersebut maka pertumbuhan optimal tidak akan tercapai. Ada cekaman pada anak ayam akibat kepadatan ayam dalam satu luasan tertentu terlalu tinggi.

 Ayam Afkir
        Usia ayam ras petelur yang dikategori ayam afkir dan pemasarannya dijelaskan sebagai berikut ini:
A. Ayam ras petelur sebaiknya di pelihara hingga berumur 2 (dua) tahun saja atau sekitar 18 bulan produksi. Tentunya patokan ini merupakan pedoman umum saja karena ada beberapa factor yang perlu di pertimbangkan sebelum mengafkir semua ayam petelur.
Faktor pertama ialah tingkat produksi dari ayam yang dipelihara. Jika tingkat produksi masih menguntungkan dengan memperhitungkan harga input (makanan dan lain-lainnya) serta harga output (telur yang diproduksi) maka pemeliharaanya masih dapat diperpanjang. Hal ini mungkin saja terjadi karena culling (penyingkiran  ayam yang tidak produktif) di lakukan secara ketat. 
Faktor pertimbangan kedua adalah jika biaya pemeliharaan ayam pengganti (pullet) ternyata sangat mahal di bandingkan dengan keuntungan yang di peroleh  dari produksi ayam tua maka sebaiknya ayam di afkirkan.

B. Pemasaran ayam afkir dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya yaitu sebagai berikut:

1. Langsung dijual  ke tukang sate atau pedagang daging ayam di pasar (peternak aktif memasarkan), atau
2. Melalui pedagang perantara yang kemudian menjualnya ke pengecer (pedagang perantara yang aktif mencari ayam afkir).

Tentang Air Minum dan Kandang

Berapa kali sehari ayam starter sebaiknya diberi minum
dan bagaimana kualitas air minum untuk
pertumbuhan ayam ??
Bagaimana cara menata ruangan kandang
untuk ayam periode grower ??

Penjelasan untuk pertanyaan seperti diatas adalah sebagai berikut:
a. Air minum haruslah tetap disediakan pada setiap saat. Hal ini berlaku pada periode pemeliharaan ayam dan juga berlaku bagi semua tipe ayam. Kualitas air minum yang baik adalah air yang netral dengan pH sekitar 7. Berdasarkan pengalaman, tingkat produksi ayam di daerah pantai tidak optimal karena diberi air minum dengan air payau. Selain itu, yang perlu diperhatikan juga adalah suhu air minu. Suhu air minum haruslah sama seperti pada suhu ruangan tempat pemeliharaan ayam tersebut.
b. Pada pemeliharaan ayam periode grower, ruangan haruslah lebih luas dari ruangan pemeliharaan pada periode sebelumnya. Pada periode ini, harus disediakan tempat bertengger yang memenuhi syarat.

Belum ada Komentar untuk "pemeliharaan ayam dan mengubah ayam kampung menjadi tipe petelur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel