prosedur dalam beternak ayam cemani

BETERNAK AYAM
beternak ayam cemani

        Peternakan- Umumnya kita telah mengenal berbagai ayam kampung atau yang sering di sebut ayam buras. Di sebut ayam buras karena memang ayam tersebut merupakan ayam bukan"ras", jadi merupakan ayam biasa yang banyak terdapat di seluruh pelosok pedesaan maupun di kota - kota di indonesia. ayam buras ini banyak ragam dan jenisnya, antara lain ayam kedu, ayam gaok dari madura, ayam sumatra, ayam cemani dan lain sebagainya. adapun warna ayam buras ini juga sangat bervariasi, yaitu dari warna blorok, merah, wido kelabu, jali, hitam, dan lain sebagainya. dari berbagai macam ayam buras tersebut jenis ayam cemani termasuk ayam yang cukup langka. oleh karenanya, ayam cemani punya nilai jual ekonomis yang lebih tinggi dibanding dengan jenis ayam lainnya.
        Pengembangbiakan ayam cemani ini sebetulnya tidak lah sulit, tidak berbeda jauh dengan pemeliharaan ayam kampung biasa. Dalam rangka turut meningkatkan dan meratakan pendapatan masyarakat, pada kesempatan ini kami menghimbau untuk mengisi peluang yang baik ini dengan beternak ayam cemani. Artikel ini mudah - mudahan dapat dijadikan panduan atau petunjuk bagi mereka yang masih awam terhadap cara memelihara ayam cemani, sehingga pengembangan populasi ayam cemani dapat berkembang pesat dan besar kemungkinan dapat menjadi komoditi ekspor.
        
AYAM CEMANI
        Ayam cemani adalah salah satu ayam yang sangat unik, hampir seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam. Mulai dari kuku, lidah, bulu, daging, tulang, bahkan darahnya pun berwarna merah kehitaman. baik ayam cemani jantan maupun ayam cemani betina mempunyai penampilan yang sangat menarik yaitu warna bulunya hitam mengkilap, kaki hitam dan ramping dengan bulu ekor yang sangat lebat sehingga biasa di pakai sebagai ayam hias.
        Asal ayam cemani belum dapat di ketahui dengan pasti karena terdapat hampir di setiap kota, baik di pulau jawa maupun di pulau sumatra meskipun jumlah nya sangat sedikit dan kegunaannya berbeda. di jawa timur, jawa tengah dan madura ayam cemani di gunakan sebagai sesaji dalam upacara adat. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat bahwa ayam hitam mulus ini punya kekuatan magis sebagai tolak bala. hal itu merupakan tradisi turun - temurun dari nenek moyang kita yang masih banyak di lakukan terutama oleh masyarakat di pedesaan.
        Mengenai betul tidaknya ayam cemani dapat menolak bala, kami sebagai penulis tidak dapat memberikan komentar, karena hal ini menyangkut pada keyakina seseorang. Namun demikian, banyak sekali di jumpai penggunaan ayam hitam ini untuk menolak bala. Hanya saja, penelitian secara ilmiah tentang khasiat daging ayam cemani belum pernah di lakukan. Keluarga Tionghoa misalnya, sering mencari ayam cemani untuk istrinya yang sedang hamil agar anak yang lahir sehat dan cerdas. Tahun 1987-an, orang malaysia dan singapura mencari ayam cemani untuk berbagai keperluan seperti ramuan obat penyakit kanker, syarat agar selalu menang judi atau agar cepat mendapat jodoh. Di madura, ayam cemani digunakan sebagai sajian dalam pesta laut agar mendapat banyak ikan dan selalu selamat. contoh di atas menunjukkan betapa banyakknya "kegunaan" ayam cemani di beberapa daerah.
        Mengingat ayam cemani sangat langka dan di percaya memiliki banyak kegunaan, maka wajar harga ayam cemani menjadi sangat mahal. Menurut pengalaman dari para peternak ayam cemani, usaha ternak ayam cemani dapat dilakukan pada lahan pekarangan rumah yang tidak terlalu luas. Sebagai usaha sampingan tentu dapat memberikan penghasilan tambahan yang lumayan, apalagi jika di barengi pengelolaan serta perawatan yang intensif dan teliti. Besar kemungkinan di peroleh ayam cemani berkualitas tinggi, yaitu ayam dengan warna hitam mulus dan penampilan menarik. Dari kacamata usaha, populasi ayam cemani yang langka dan permintaan yang cukup banyak menunjukkan bahwa ternak ayam cemani mempunyai prospek yang menarik.
        Budidaya ayam cemani dapat di usahakan dalam skala yang besar. Namun, kendalanya adalah sulit di peroleh bibit ayam cemani dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, sebelum mengusahakan dalam skala besar sebaiknya lebih dahulu mencoba dalam skala kecil. Dengan demikian, peternak lebih berpengalaman terutama dalam pengelolaan manajemen dan lebih mengenal perilaku serta karakteristik ayam cemani. setelah berhasil baru di perluas menjadi skala besar.
        Budidaya ayam cemani tidak terlalu berbeda dengan budidaya ayam kampung lainnya. Ayam cemani memerlukan kandang yang memenuhi syarat, di sertai dengan kelengkapannya. Makanan pun harus bervariasi dan memenuhi kebutuhan gizi sehingga ayam cemani dapat tumbuh dengan sehat serta berkembang dengan baik. Apabila ingin melakukan penetasan, maka induk dan pejantan harus unggul sehingga hasilnya memuaskan.
        Melalui artikel ini, kami mencoba berbagi pengalaman dalam hal beternak ayam cemani sebagai pekerjaan sambilan. Penjelasan ini di harapkan dapat merangsang munculnya peternak - peternak baru baik sebagai usaha sambilan maupun sebagai usaha komersial sehingga pendapatan peternak ayam cemani akan meningkat. Selain itu, melalui ternak ayam cemani berarti lapangan kerja baru akan terbuka dan secara langsung jumlah pengangguran akan terkurangi. Dampak lain berkembangnya populasi ayam cemani adalah kemungkinan sebagai komoditas ekspor karena merupakan ayam hias langka yang penampilannya menarik serta mempunyai keistimewaan khusus di banding ayam kampung lainnya.

Harap membaca lanjutan dari pembahasan ini pada artikel selanjutnya...

Belum ada Komentar untuk "prosedur dalam beternak ayam cemani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel