Perlengkapan kandang ayam cemani

PETERNAKAN AYAM CEMANI
PETERNAKAN AYAM


PERLENGKAPAN KANDANG AYAM CEMANI
Setelah kandang ayam selesai dibangun, tahap selanjutnya adalah menyediakan sarana penunjang yang di perlukan agar ayam cemani dapat hidup dengan sehat. Sarana penunjang yang di perlukan antara lain tempat makan, minum, tempat tenggeran, sarang tempat bertelur, penerangan, dan sebagainya. Berikut ini uraian secara rinci.

1. Tempat tenggeran ayam cemani
    Tempat tenggeran yang diletakkan dalam kandang ayam cemani sebenarnya berfungsi sebagai tempat tidur. dengan adanya tengeran maka ayam cemani dapat tidur teratur dan tidak tumpang tindih. selain itu, menghindarkan ayam dari debu dan gas yang di hasilkan oleh kotoran terutama saat ayam tidur. Tenggeran sebaiknya di buat dari kayu atau bambu agak bulat dengan garis tengah sekitar 4 cm atau yang berukuran lebar 4 cm dan tebal 3 cm. jarak tenggeran yang satu dengan lainnya yaitu 35 - 40 cm dengan tinggi tenggeran dari lantai  dasar 50 - 75 cm.

2. Sarang tempat bertelur ayam cemani
    Sarang tempat bertelur perlu sekali di sediakan terutama dalam kandang ayam cemani dewasa karena ayam itu pasti akan bertelur. Tempat bertelur itu dapat di buat berbentuk kotak dari papan yang alasnya di beri merang, atau jerami padi kering, jika anda sulit menemukan jerami padi dapat di ganti dengan daun pisang yang telah kering (kelaras) atau karung goni bekas. Tempat bertelur ayam cemani dapat di buat besar sebagai tempat bertelur bersama. sebaiknya besar kotak tempat bertelur itu berukuran 30 x 35 x 40 centimeter persegi yang cukup untuk 4 - 5 ekor ayam cemani. banyak nya sarang tempat bertelur ini di sesuaikan dengan banyaknya ayam cemani betina dewasa yang di pelihara. sarang ini sebaiknya di tempatkan di bagian belakang kandang dengan posisi lebih tinggi dari tempat bertengger. Maksudnya, agar ayam cemani tidak terganggu pada saat pengambilan telur dan saat ayam lain bertengger.

3. Tempat makanan dan minuman ayam cemani
   Tempat makanan dan minuman ayam cemani dapat di buat dari bambu, kayu, seng, aluminium, atau bahan lain yang tidak bocor dan tidak mudah berkarat. tempat makan dan minum harus mudah untuk di bersihkan dan diangkat untuk di pindah - pindahkan. Tempat makanan dan minuman di tempatkan di bagian depan kandang agar tidak mengotori dan membasahi hamburan penutup lantai. di samping itu pemberian makanan dan minuman dapat di lakukan dari luar kandang ayam agar tidak menggangu ayam cemani tersebu.

4. Selimut kandang ayam cemani
   Pada bagian muka kandang biasanya di buat agak terbuka bila terbuat dari kawat ram atau jeruji kayu atau bambu sehingga malam hari ayam cemani akan merasa kedinginan. Untuk menghindarinya perlu di buatkan tutup dari lembaran goni atau dari kerai bambu. jika hawa di dalam kandang terasa sangat panas maka selimut kandang harus di buka agar udara dalam kandang segera menjadi segar dan normal. tanpa selimut kandang, besar kemungkinan ayam merasa kedinginan. hal ini tentu akan menggangu kesehatan ayam cemani, jadi selimut kandang ayam juga berfungsi sebagai pengatur suhu kandang.
   
5. Kotak tempat grit ayam cemani
   Kandang ayam cemani seyogianya di lengkapi dengan kotak berisi grit. yang dimaksud grid adalah pecahan batu kapur yang sudah mati di campur dengan serbuk kasar dari kulit kerang, cangkang bekicot atau serbuk tulang. gunanya, selain membantu proses pencernaan makanan dalam tembolok juga untuk menambah kebutuhan mineral.

6. Penerangan kandang ayam cemani
   Jika keadaan memungkinkan, sebaiknya kandang ayam cemani di beri lampu penerangan. lantai luas 25 meter persegi dapat di pakai penerangan sebesar 25 atau 40 watt saja. adanya lampu penerangan memberikan kesempatan bagi ayam untuk mencari makan dengan leluasa sehingga pertumbuhan badannya pesat. selain itu, penerangan dapat menghindarkan ayam cemani dari gangguan predator seperti tikus, ular, atau binatang malam lainnya.

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang telah kami publis...

Belum ada Komentar untuk "Perlengkapan kandang ayam cemani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel