PETERNAKAN AYAM SERAMA DAN KATEGORI AYAM SERAMA YANG DI PERTANDINGKAN

PETERNAKAN AYAM

PETERNAKAN AYAM

AYAM SERAMA

Nama serama disebutkan berasal dari nama Seri Rama dan pada mulanya merupakan hewan peliharaan di istana.Diyakini berasal dari Kelantan dan dipercaya hasil persilangan dari berbagai ayam eksotik, termasuk ayam hutan. pada jaman dulu, ayam serama menjadi kegilaan terutama di negeri - negeri pantai timur. Ayam serama sangat unik karena ukuran tubuhnya yang kecil. Secara umum, kecil ukurannya, dan sangat bagus. Selain itu, fitur-fitur fisik lain seperti bulu, taji, jengger, paruh dan lain-lain juga akan menentukan kelas ayam serama itu. Dikatakan sebagai ayam-ayam serama terpilih yang sering memenangkan kontes bisa mencapai harga ratusan ribu, tergantung pada penawaran yang ditawarkan pembeli yang mampu dan sanggup.
Ayam serama dianggap ayam terkecil dunia dan cukup pandai menonjolkan diri dan memikat hati memiliki nilai komersial, terkenal di seluruh dunia
masa hidup antara 7 sampai 15 tahun.Berat ideal adalah 500 gram ke bawah dengan ukuran adalah sepertiga dari ayam biasa. Fitur istimewa adalah ekor lentik, berdada tegak dan sayap lurus ke bawah. Menjadi hewan peliharaan karena jinak, manja dan mengenali tuannya. ayam serama ini memiliki gelagat menarik seperti berjalan mundur ke belakang.
Sejak zaman dahulu hobi beternak ayam serama semakin menjadi 'kegilaan' banyak orang. Namun tidak banyak di antara kita mengetahui bahwa ayam serama sebenarnya berasal dari gabungan Ayam Katik  + Ayam Hutan + Ayam Kapan Bangkok. Keistimewaan Ayam Katik adalah terletak pada ukurannya yang kecil namun masalahnya adalah ayam yang kurang aktif dan bermasalah dalam reproduksi. Sedangkan Ayam Hutan istimewanya terletak pada bentuk tubuhnya yang cantik namun kelemahannya adalah warnanya yang tidak menarik. Sedangkan Ayam Kapan Bangkok keistimewaannya pada warna bulunya yang kuning dan ekornya yang panjang dan tersusun cantik. Diharapkan anda tidak keliru dengan bibit ayam kecil yang lain seperti Ayam Kapan, Ayam Katik dan lain sebagainya

CARA PENILAIAN AYAM SERAMA

  1. Jenis atau Ciri utama ayam serama yaitu kepalanya melunjur ke arah belakang dan bagian belakang pendek, kemudian sayap vertikal dan ekor panjang penuh dan apabila berkembang, tidak menyentuh jengger. Peringkat tengah mata sama dengan posisi tengah kaki ketika berdiri.
  2. Penampilan ayam serama - Tampak gagah, berani dan yakin. gaya suka menonjol seperti berkokok dan suka berdiri.
  3. Ekor ayam serama - Ukuran besar, vertikal dan tinggi. Bulu ekor utamanya panjang, dan melentik pada penghujung dan berkembang seperti bentuk V. Lawi (ayam serama jantan) vertikal 90 derajat dan sedikit melentik ke belakang di penghujung.
  4. Badan ayam serama - Tegap dan bulat. Dada ayam serama lebih luas dari bagian belakang apabila dilihat dari atas. Dari tepi, badan berbentuk V. Belakang ayam serama pendek dan lebar di bagian bahu.
  5. Kaki ayam serama - Tidak begitu rapat dan paralel. Panjang sederhana dan seimbang dengan ukuran sayap. Paha berotot dan sederhana panjang. Taji di bagian tengah betis, keras, kecil dan menuju ke belakang kaki.
Kategori umur bagi ayam serama yang sehat adalah seperti dibawah ini:
  • Grade 3A bobotnya dibawah 250g
  • Grade 1A bobotnya dibawah 350g
  • Grade B bobotnya dibawah 500g
Gaya ayam serama adalah sesuatu yang sangat subjektif untuk diterangkan tergantung pada selera individu masing -  masing. Ayam serama lebih dikenal karena kecantikan menyebabkan dipelihara hanya untuk tujuan berpartisipasi atau hanya sekedar hobi.

berikut ini adalah fitur-fitur yang wajib ada pada seekor ayam serama yang di ikutkan dalam sebuah pertandingan...

fitur yang utama yaitu gaya (25%), yang kedua tubuh (15%), yang ketiga ekor (15%), yang keempat Kepala dan jengger (15%), yang kelima warna (10%), yang keenam sayap (10%), yang ketujuh bulu (5%) dan yang kedelapan kaki (5%). biasanya ayam serama yang beratnya dalam kategori 320 - 350g gayanya tinggi... ayam serama yang lebih ringan 220 - 300g biasanya kurang aktif...

Gaya: penilaian penuh biasa diberikan 25% tetapi sejauh ini nilai yang tertinggi adalah 23,5. Gaya dihitung dari segi bagaimana ayam serama tersebut beraksi seperti mengebas - mengebas tarik, berjalan dengan bagus, naik turun kepala untuk menampakkan dadanya yang besar, angkat kaki sebelah, dan sebagainya.

Tubuh: penilaian penuh biasa diberikan 15%, tetapi seperti biasa nilai tertinggi adalah 13.5. Tubuh cantik dihitung jika ayam serama tersebut bisa mengangkat dadanya hinggakan tidak menampakkan ruang di antara ekor dan belakang ayam tersebut. Kepala juga harus melewati lantai kaki. Ekor tidak dapat melewati lantai kaki. Jadi posisi kepala itu melebihi 90 derajat.

Ekor: penilaian penuh biasa diberikan 15%, tetapi seperti biasa nilai tertinggi adalah 13. Ekor yang cantik harus memiliki lebih dari 5 helai sebelah. Susunannya harus teratur, yaitu tersusun dengan rapi tidak ada yang pendek ditengah-tengah, menampakkan urutan menaik, satu lagi ekor itu harus lah terbuka, tidak tertutup rapat atau mengucup, istilah yang biasa kita gunakan untuk ekor adalah bentuk daun sirih.

Lawi: penilaian penuh biasa diberikan 10%, tetapi seperti biasa nilai tertinggi hanya 8.5. Lawi cantik harus lebih tinggi dari ekor pengapit lawi, sekurang - kurangnya 1 inci. Lawi haruslah tegak ke atas, dua lawi ini haruslah sama panjang, keras, halus dan tajam meruncing. untuk istilah yang biasa digunakan untuk lawi yaitu lawi pedang dan tombak.

Sayap: penilaian penuh biasa diberikan 7%, tetapi seperti biasa nilai tertinggi hanya 6. Susunan sayap harus rapi, Bulu pada sayap tidak menampakkan rongga, tidak terlalu singkat atau terlalu labuh lantai kaki digunakan sebagai penentu. Sayap yang cantik adalah ketika diluruskan ke bawah bisa menutupi kakinya dan tidak menyentuh tanah. Harus berdiri tegak 90 derajat.

Kepala jengger: penilaian penuh biasa diberikan 10%, tetapi seperti biasa nilai tertinggi hanya 8. jengger yang cantik dihitung bila ukurannya sesuai dengan muka ayam. Tidak terlalu tebal, berwarna merah terang untuk menunjukkan ayam ini sehat, jarinya melebihi dari 5 bilah, Tegak, Tersusun dengan rapi, tampak keseragaman dalam susunannya.

Warna: penilaian penuh biasa diberikan 8%, tetapi seperti biasa nilai tertinggi hanya 7. Warna untuk kelas satu adalah warna - warna yang berkilat. seperti warna kuning, warna merah, kumbang lilin, sedangkan untuk warna kelas 2 adalah warna putih, warna kotor yaitu warna bercampur dengan warna hitam didadanya.

Bulu: penilaian penuh biasa diberikan 5%, tetapi seperti biasa nilai tertinggi hanya 4. Bulu harus rapi, bersih terutama ujung sayap dan di bawah punggung,

Kaki: penilaian penuh biasa diberikan 5%, tetapi seperti biasa nilai tertinggi hanya 4. Warna kaki terang biasanya kuning, panjang, bersih, tegap jika berdiri, tidak lemas bila berjalan

KATEGORI AYAM SERAMA YANG DI PERTANDINGKAN

  • SERAMA "A"
  • SERAMA "B"
  • SERAMA MUDA
  • SERAMA REMAJA
  • SERAMA TANPA Lawi
  • SERAMA INDUK
  • SERAMA ANAK "A"
  • SERAMA ANAK "B"
Ada 2 format untuk pertandingan ayam serama di antara Kelantan dan Terengganu, Kalau di Terengganu gaya disatukan menjadi satu sementara di Kelantan dibagi menjadi 2 tapi ini format wasit Perkas, kalau Kerisma dia sama dengan format tanda Terengganu . Gaya A adalah gaya di atas meja dan gaya B adalah gaya di bawah (arah). Biasanya tanda tidak banyak beda antara satu-satu ayam dan kadang - kadang markahnya sama saja ketika dijumlahkan, cara menentukan pendahulunya adalah dengan melihat tata letak markahnya dari gaya sampai ke kaki, kalau ayam 'w' gaya lebih tetapi kalah bagian kaki dan ayam 'X' kakinya lebih tinggi dari gaya, maka ayam 'w' dihitung sebagai pendahulu begitulah seterusnya akan tetapi jika semua ciri - ciri markahnya sama, cara timbanganlah yang terakhir kita gunakan, ayam yang teringan dihitung sebagai pemenang.

Justru itu peternak ayam yang arif terhadap informasi genetik ini akan mampu mengidentifikasi karakteristik yang dominan terhadap ayam serama peliharaannya. Sembarang campuran genetik ini pada ayam serama yang diternaknya akan menghasilkan bentuk rupa ayam serama yang tidak sesuai standar kualitas yang diinginkan.

Sering ada penggemar ayam serama sangat kecewa ketika mengembang biak yang terpilih karena gagal menghasilkan anak ayam serama yang jauh dari kehebatan induk atau ayahnya. bila mana melihat anak ayam serama yang dihasilkan tidak mengambarkan karakteristik kehebatan induk yang melahirkannya. Juga seringkali ayah ayam serama hebat dikawinkan dengan Serama induk yang hebat tetapi hasilnya adalah 'Anak ayam Kapan'.

Ayam serama betina hanya bertelur sekitar 5 butir telur setiap tiga bulan atau sekitar 20 butir per tahun. Telur yang dikumpulkan setiap hari dikumpulkan selama tujuh hari dan kemudian dimasukkan dalam mesin inkubator selama 21 hari. Setelah menetas, anak ayam serama dimasukkan dalam satu kotak yang dinamakan set induk palsu. Kotak itu berfungsi seperti ibu ayam yang menghangatkan tubuh anaknya. Setelah 30 hari, anak ayam serama dimasukkan ke kandang biasa

Pemilihan jenis gaya merupakan faktor paling penting dan menjadi inti keberhasilan untuk menghasilkan ayam serama yang hebat di atas meja.

Penyakit Ayam

Dasar datangnya penyakit ayam dari 6 hal atau penyebab. Pertama penyebab Virus kedua karena Bakteri ketiga karena Parasit keempat Protozoa kelima Jamur dan terakhir Gizi yang tidak seimbang. kemudian lainnya adalah puru, infeksi cacing, berak kapur, berak kuning, penyakit akut seperti stroke, penyakit infeksi kuman dan cacing dimata dan masih banyak lagi.

Obat-obat Ayam

ERYTAMIN PD (serbuk merah)
Bubuk ini dicampur dengan air minum harian ayam serama dan bertindak sebagai multivitamin dasar.
PIPERAZINE citrate dan Coccidine Powder (serbuk putih)
Piperazine Sitrat bertindak sebagai pembunuh cacing dan harus diberi 2 kali seminggu untuk ayam serama yang hari - harinya dilepaskan di lingkungan yang kurang bersih.COCCIDINE PD Ini merupakan antibiotik dan harus diberi untuk ayam serama yang menunjukkan tanda - tanda sakit.

Ayam serama diberi campuran dedak mengandung vitamin, Makanan seimbang adalah sangat penting bagi setiap kehidupan. Nutrisi yang diperlukan oleh setiap organisme dan mikroorganisme adalah berbeda menurut spesies. Ayam serama juga membutuhkan makanan tambahan untuk mempertahankan keseimbangan nutrisinnya. Suplemen ayam serama adalah berbeda berdasarkan metode pemeliharaan yang dilakukan. Ayam serama yang 24 jam di kurung membutuhkan makanan tambahan yang lebih dibandingkan ayam serama yang dibiarkan lepas. Rumput merupakan nutrisi dasar yang harus diambil oleh ayam serama. rumput bertindak sebagai agen serat yang membantu pencernaan ayam. Biasanya para breeder akan memberi makan rumput sekitar 2 kali seminggu dengan cara serkupkan ayam di atas rumput. Sering kali juga ayam serama akan memakan batu-batu kecil yang juga merupakan dietnya.

Appeton ini diperlukan ketika ayam serama menunjukkan tanda - tanda kurang nafsu makan atau fisiknya yang kurus. Penggunaan appeton ini harus dikontrol karena ayam serama akan cepat gemuk tapi sehat. Ini adalah obat rahasia sebelum ke pertandingan bagi mereka yang ingin menambah berat badan ayam serama untuk memasuki Kategori B, Cara pemberiannya adalah di campur dengan air minuman dengan perbandingan 1:10 Air minum harus diganti setiap hari karena akan asam pada keesokan harinya
Softgel kapsul minyak ikan ini adalah makanan tambahan yang paling sering digunakan oleh setiap pemilik ayam serama tanding. obat ini membantu untuk memperindah bulu serta kebugaran ayam serama jika diberi dengan berkelanjutan. Ada juga minyak ikan dalam bentuk cair yang digunakan dengan cara mencampurnya dengan makanan ayam serama.

Ayam Serama membutuhkan perawatan yang tepat dan itu dimulai dari usia anakan. ayam ini perlu di ajar untuk tidur di atas kayu untuk memperkuat otot kaki berikutnya untuk menghasilkan kaki yang lurus dan dapat berdiri dengan tegak. ayam serama juga membutuhkan makanan yang seimbang serta protein tertentu seperti vitamin E dari minyak ikan untuk memperindah bulu.

Latihan hanya bertujuan untuk melatih ayam serama berdiri dan membiasakan ayam serama dengan suasana pertandingan. Ini juga untuk memastikan ayam dapat 'parking' atau berdiri dengan kondisi yang nyaman tanpa tekanan. Pada usia 4-6 bulan merupakan usia agresif dan ayam serama akan sangat aktif. Pada usia inilah ayam serama sangat penting untuk di serkup untuk mengurangi keagresifannya.

Jadi, latihan yang intensif bukanlah jawaban untuk menghasilan ayam serama yang hebat dimeja tetapi faktor keturunan adalah sangat penting. induk ayam serama yang hebat gayanya akan mewarisi gaya sampai akhir hayatnya 

Belum ada Komentar untuk "PETERNAKAN AYAM SERAMA DAN KATEGORI AYAM SERAMA YANG DI PERTANDINGKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel