tata cara pemeliharaan ayam pedaging yang benar

LANGKAH-LANGKAH DALAM BETERNAK AYAM PEDAGING

peternakan ayam

Mohon maaf, mungkin bahasa dalam artikel ini agak susah anda pahami karena bahasa dalam artikel ini bercampur dengan bahasa melayu

Manajemen Pemeliharaan Ayam Pedaging

Ternak yang dikelola dengan benar dengan lingkungan yang nyaman akan tumbuh dengan baik dan dengan itu produksi peternakan dapat dimaksimalkan. Dimulai dari tahap pengadaan anak ayam sampai ke pasar. Produksi yang maksimal membutuhkan integrasi persatuan dari segi kualitas anak ayam yang dibeli, kualitas dan manajemen makanan / minuman, manajemen kesehatan dan lingkungan pemeliharaan. Setiap bentuk tekanan harus dielakan karena itu akan mempengaruhi produktivitas ayam dan mengurangi ketahanan melawan penyakit. Anak ayam yang bermutu akan tumbuh dengan baik. Makanan dan air minum yang diberi harus bermutu baik dan memadai. Setiap ekor ayam harus diberikan ruang lantai, ruang makanan dan minuman yang memadai sesuai tingkat pembesaran. pemberian makanan dan minuman juga harus disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan ayam. Semua ini tidak hanya dapat mengelakan stress dan pemborosan, juga mempastikan keseragaman pembesaran ayam.

Manajemen Sisa-Sisa Peternakan Ayam
Sisa peternakan ayam pedaging termasuk sampah, ayam yang telah mati, kotoran ayam. Jika sisa-sisa ini tidak terawat dengan baik limbah ini dapat menjadi tempat perkembangbiakan lalat, bakteri selain itu juga akan menarik minat predator datang ke peternakan dan membawa penyakit. Jika tidak dibuang dengan sistematis dan sempurna itu dapat menyebabkan masalah gangguan bau kepada masyarakat sekitar lingkungan dan bisa terjangkit penyakit pada ayam-ayam peliharaan lainnya.

Lokasi Peternakan Ayam
Pemilihan lokasi peternakan ayam adalah sangat penting. Fitur-fitur penting dalam pemilihan tempat peternakan adalah sebagai berikut ini :
  1. Daerah harus jauh dari daerah kota dan perumahan penduduk
  2. Memiliki fasilitas perhubungan yang baik dan dapat beroperasi sepanjang masa
  3. Jauh dari peternakan lainya
  4. Daerah datar dengan sistem drainase air yang baik
  5. Daerah yang memiliki sirkulasi udara yang baik
Pembuatan Kandang Ayam
Kandang Ayam yang akan dibangun harus yang dapat menyediakan lingkungan yang memberi kenyamanan kepada ayam dan karyawan serta biaya yang ekonomis.
  1. Bahan yang digunakan harus bermutu, sehingga biaya pemeliharaan kurang, tahan, mudah dicuci dan tidak menyerap panas.
  2. Pohon-pohon dan infrastruktur disekeliling kandang tidak menghambat sirkulasi udara yang sempurna diantara kandang dan lingkungan.
  3. Desain kandang memudahkan sirkulasi udara yang bersih yang sempurna didalam kandang
  4. Desain kandang juga harus dapat membantu efisiensi karyawan melaksanakan tugas-tugas perawatan ayam dan pembersihan limbah peternakan
Pencegahan Penyakit Ayam
Penyakit akan mengurangi produktivitas peternakan ayam. Biaya operasi akan meningkat akibat dari penggunaan obat perawatan, kematian, dipengaruhi pertumbuhan dan kehilangan kualitas setelah diproses. Langkah-langkah pengendalian penyakit seperti biosekuriti dan vaksinasi harus diambil. Penggunaan obat untuk pengobatan harus mematuhi spesifikasi yang telah ditetapkan.

Vaksin serta Obat Ayam
Ada beberapa perusahaan yang memasok obatan dan vaksin yang dibutuhkan oleh industri. Hampir kebanyakan pasokan ini diimpor.

Praktek Peternakan Ayam Yang Baik dan Optimis
Penerapan praktek peternakan yang baik mulai dari tingkat perencanaan mendirikan peternakan, pengendalian penyakit dan manajemen harian peternakan akan memberikan beberapa manfaat diantaranya peternakan produktif, biaya diminimalkan, produksi dimaksimalkan, lingkungan dan hasil yang bermutu dihasilkan. Ini akan memberikan keyakinan kepada pengguna, meningkatkan peluang pasar dan seterusnya menjaminkan sebuah peternakan yang berdayamaju.

Teknologi
Beberapa teknologi baru telah diperkenalkan dalam produksi ayam pedaging. Penggunaan teknologi-teknologi ini membantu menghemat penggunaan energi karyawan, meningkatkan output peternakan dan efisiensi pengendalian penyakit.
  • kandang tertutup dengan ventilasi terkontrol akan menyediakan lingkungan yang lebih dingin dan nyaman kepada ayam-ayam yang dipelihara. Biaya investasi lebih tinggi karena menyediakan fasilitas untuk pendinginan kandang dan kontrol lingkungan serta biaya listrik. Namun begitu ayam membutuhkan ruang lantai yang lebih kecil. Maka itu lebih banyak ayam dapat dipelihara. Selain itu kandang tertutup juga membantu didalam efisiensi pengawalan penyakit terutama penyakit bawaan burung dan hewan liar. Antara metode yang pakai sekarang yaitu seperti 'evaporative cooling sistem' dan 'tunnel ventilation'. kandang seperti ini membutuhkan keterampilan untuk mengelola dan menyenggaranya.
  • Penggunaan teknologi otomatisasi juga telah diterapkan didalam didalam pemberian makanan, minuman, vaksinasi dan beberapa kegiatan lainnya.
Peralatan Peternakan Ayam
Peralatan -peralatan pemeliharaan seperti tempat makanan, minuman dan raga ayam diproduksi oleh pabrik-pabrik lokal. Namun teknologi modern peralatan diatas dan beberapa peralatan lain seperti alat inkubasi dan penetasan diimpor. Ada beberapa perusahaan lokal yang menjadi distributor untuk peralatan yang diimpor.

PEMASARAN DAGING AYAM
Daging Ayam dipasarkan sebagai ayam hidup, ayam sembelih bersih, berbagai stek dan produk siap untuk dimasak atau dimakan. Lebih dari 80 persen daging ayam  dipasar dalam bentuk ayam hidup kepasar-pasar. Antara 15 sampai 20 persen dikirim untuk disembelih rumah atau pabrik pemotongan ayam yang kemudian dijual kembali sebagai ayam siap bersih, stek ayam dan setengah perusahaan menggunakannya untuk diproses menjadi produk.

Pasar Lokal
Dari keseluruhan pasokan daging ayam sekitar 85 persen dipasarkan dalam negeri. Daging ayam dipasarkan dalam bentuk daging ayam segar kepasaran basah, melalui jaringan pasar dingin seperti supermarket atau langsung kepada pelanggan seperti hotel dan restoran. Bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki pasar yang luas dan tempat pemotongan, pusat-pusat layanan diwujudkan. Pasokan dari pembangkit penyembelihan akan dikirim dan disimpan dipusat ini sebelum ia berikan kepada pengecer seluruh negara.

a. transportasi
  • Mengurangi tekanan panas adalah penting dalam transportasi atau dalam pengangkutan ayam. Anak ayam yang terkena tekanan kepanasan saat diangkut ke pelanggan akan menyebabkan kematian yang tinggi, dipengaruhi pertumbuhan, terpengaruh ketahanan tubuh dan memudahkan terkena penyakit. Pengiriman anak-anak ayam kepada pembeli pada saat ini sebagian besar dibuat menggunakan 'closed ventilated truck'. Pengiriman jarak jauh biasanya dilakukan pada malam hari.
  • Pengiriman ayam dewasa dibuat menggunakan truk yang dimodifikasi sehingga ventilasi yang baik disediakan kepada ayam-ayam yang diangkut. Pengiriman jarak jauh biasanya dilakukan diwaktu malam.
  • Daging ayam akan cepat mengalami kerusakan jika terkena panas yang tinggi. Daging ayam harus diangkut dalam kondisi dingin menggunakan 'Refrigerated truck'.
b. kendaraan
  • Untuk transportasi pengangkutan anak ayam, kendaraan disediakan sendiri oleh perusahaan atau ada juga yang membeli layanan yang disediakan oleh perusahaan lain sesuai kondisi dan spesifikasi ditentukan.
  • Untuk ayam dewasa layanan transportasi disediakan sendiri oleh peternak, distributor atau perusahaan lain yang mengikat kontrak layanan transportasi. Harga biaya dikenakan adalah berdasarkan jumlah ekor dan jarak antara peternakan dan pelanggan.

artikel ini kami olah dari beberapa sumber...

Belum ada Komentar untuk "tata cara pemeliharaan ayam pedaging yang benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel