peternakan kelinci dan Jenis-Jenis Kelinci Terpopuler yang cocok untuk di ternakkan

PETERNAKAN

Peternakan

Peternakan Kelinci Hias
Kelinci atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Rabbit merupakan mamalia yang memiliki tubuh sedang dan bentuk yang lucu. Nama ilmiah kelinci adalah Oryctolagus spp.
Kelinci adalah hewan hidup dari hewan filum Chordata dalam kelas mamalia dalam order lagomorpha. Kelinci juga merupakan hewan yang makanan utamanya adalah tanaman. Perbedaan antara kelinci dengan tikus adalah kelinci memiliki gigi pemotong kedua (incisors) dibagian rahang atas. Struktur tengkorak kelinci lebih ringan, memiliki lubang hidung berbentuk liang memanjang, dan ekor yang kontot dan bulat.
Kelinci sering diburu oleh hewan pemangsa atau predator, oleh karena itu kelinci memiliki kelebihan cepat berkembang biak. Sebagai hewan mamalia, kelinci berdarah panas, bereproduksi dengan melahirkan anak. Kelinci menjaga dan menyusui.
Kelinci memiliki telinga yang panjang yang bertindak sebagai penyisih panas, dan juga indra pendengaran yang kuat untuk membantu kelinci mendeteksi musuh. Selain itu, untuk melarikan diri dari predator, kelinci mampu bergerak cepat dengan cara melompat. Kelinci dapat di temukan di berbagai daerah dan iklim, dari daerah tundra, suhu sederhana, tropis, dan juga di daerah gurun.

Kelinci (sebutan di Indonesia) atau ARNAB atau Rabbit adalah sejenis hewan mamalia yang tergolong dalam famili Leporidae yang tergolong dalam order lagomorpha. Kelinci mudah dikenal dengan tampilannnya dimana ia memiliki sepasang telinga yang panjang dan lancip serta barisan gigi seri tengah yang signifikan dalam mulut. Kelinci memiliki sepasang kaki belakang yang besar dibandingkan kaki depan serta memiliki ekor yang pendek. Kelinci dapat hidup secara liar namun kini lebih banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan atau dijadikan industri ternak yang memberikan sumber makanan bagi manusia. Di negara Malaysia kegiatan ternak kelinci agak kurang populer dimana hanya beberapa perusahaan saja yang terpercaya beternak kelinci secara komersil. Kelinci juga merupakan sejenis hewan dimana bentuk badannya yang lucu dengan bulu yang biasanya bersih serta jinak. Fitur ini menjadi diantara faktor dimana banyak orang membuat kelinci sebagai hewan peliharaan. Penulis menemukan berdasarkan ilmu zoologi, hewan jinak kelinci ini sebenarnya memiliki banyak spesies dan beberapa fitur khusus yang perlu untuk kita semua diketahui. Dilaporkan sama seperti kucing sebagai hewan mamalia, kelinci juga merupakan hewan berdarah panas, bereproduksi dengan melahirkan, menjaga dan menyusui tetapi kelinci menjadi korban buruan oleh hewan karnivora didalam habitat liar aslinya. Kini beberapa jenis kelinci telah diidentifikasi sebagai jenis yang dipilih untuk berbagai tujuan peternakan.

Antara karakteristik kelinci adalah memiliki telinga yang panjang yang bertindak sebagai penyisih panas dan juga indra pendengaran sensitif untuk membantu kelinci mendeteksi musuh/predator. Kelinci juga mampu bergerak cepat dengan cara melompat dan dapat di temukan di berbagai daerah dan iklim, dari daerah tundra, suhu sederhana, tropis dan gurun. Sekarang ada beberapa spesies kelinci tetapi yang paling populer di negara ini dan dijadikan hewan peliharaan adalah Netherland Dwarf, Holland Lop dan Mini Rex. Antara peternak kelinci yang kini banyak dipelihara di rumah merupakan keturunan yang menjadikannya sebagai bisnis yang menguntungkan. jenis kelinci yang paling laris di pasaran yaitu spesies atau jenis Dwarf Hotot, Jersey Wooly, Dutch, English Anggora, American Fuzzy Lop dan English Lop. di pasaran harganya berbeda karena semakin cantik dan indah bulunya maka akan tinggi nilainya. Hampir sebagian besar jenis itu diimpor dari Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya dimana ada yang bolrh dibeli secara online tetapi melalui sistem karantina yang ketat.

Pembeli akan menilai kelinci dari segi bulunya apakah tebal atau tipis, ukurannya apakah kecil atau besar serta bentuk wajahnya yang lucu. biasanya setiap jenis ada keistimewaannya yang tersendiri. Ada yang mengatakan dimana makanan kelinci yang diimpor dari Amerika Serikat merupakan yang terbaik untuk pertumbuhan dan kesehatan hewan itu seperti Timothy Hay dan pelet karena mengandung berbagai khasiat yang dibutuhkan kelinci. Memang tidak di anjurkan untuk memberi makanan seperti sayuran dan air yang tidak bersih karena bisa mendatangkan penyakit seperti kurap dan diare, hewan ini juga sangat sensitif terhadap cuaca yg panas dan membutuhkan ventilasi yang baik di dalam kandangnya. Ada yang mengatakan dimana jika dihitung memang bisnis ini tidak mendatangkan untung yang besar namun apa yang penting adalah minat untuk memelihara kelinci sebagai hobi atau kesenangan. Satu kegiatan penting dalam pemiliharaan kelinci adalah untuk membersihkan kandang 4 hari sekali untuk mempastikan hewan peliharaannya itu hidup nyaman dan tidak dihinggapi oleh setiap penyakit. Peternakan kelinci dari beberapa spesies terpilih dan mudah diurus akan sangat penting. kita bisa mendapatkan info mengenai spesies kelinci sebelum memulai beternak secara biasa atau beternak kelinci secara komersil.

Jenis-Jenis Kelinci Terpopuler

kelinci Lionhead
Kelinci lion head adalah antara jenis kelinci domestik yang terbaru diproduksi meskipun belum diidentifikasi secara sah oleh American Rabbit Breeders 'Association. Kelinci lion head memiliki bulu panjang di belakang kepala yang dikenal sebagai "mane" sebagaimana seperti singa jantan sesuai dengan namanya. Karakter lain untuk lion head termasuk bentuk kepala yang bulat dan berukuran kecil, biasanya 2,5 - 3,5 kg. Selain itu, telinganya agak pendek dan lebih tebal dibandingkan kebanyakan kelinci jenis lain.
Kelinci lion head berasal dari Belgia. kelinci dilaporkan telah dihasilkan oleh kegiatan peternak yang ingin menghasilkan kelinci katik (dwarf) yang berbulu panjang melalui pembiakan silang antara Belgian dwarf dan Swiss Fox. Kelinci lion head mendapat sambutan mendorong dan lebih populer dari kelinci katik berbulu panjang. Jadi peternak fokus lebih serius dalam memproduksi kelinci jenis ini.

Kelinci Teddy Bear
Teddy Bear, sejenis kelinci berbulu panjang, lebat dan lurus. Panjang bulunya sekitar 3-5 inci. Berat badan, maksimum 1-1.8 kg ketika matang. Kelinci jenis ini adalah kelinci terlaris di Thailand menyusul harganya yang terjangkau. Baka Teddy Bear dihasilkan dari persilangan kelinci Lionhead dan Jerry Woody.

Kelinci Holland Lop
Kelinci Holland Lop adalah jenis kelinci yang berasal di Belanda. jenis yang telah diakui oleh Belanda 'Pengelola Kelinci Dewan pada tahun 1964 dan Amerika Kelinci Asosiasi Peternak' pada tahun 1979. kelinci ini adalah hewan peliharaan rumahan yang populer, terkenal dengan perangai manis mereka dan perilaku nonaggressive.

Kelinci Ekor Kapas Timur
Kelinci Ekor Kapas Timur atau nama Inggrisnya "Eastern Cottontail" dari keluarga Leporidae, nama ilmiahnya Brachylagus floridanus

Kelinci Jack Ekor Hitam
Kelinci Jack Ekor Hitam atau nama Inggrisnya "Black-tailed Jackrabbit" dari keluarga Leporidae, nama ilmiahnya Lepus californicus

Kelinci Angora
Kelinci Angora (dalam bahasa Turki: Ankara tavşanı) merupakan sejenis kelinci peliharaan jinak yang dipelihara untuk bulunya yang panjang dan lembut. Kelinci Angora juga merupakan antara jenis kelinci jinak yang tertua di dunia, dan berasal dari Ankara (sebelumnya disebut Angora), Turki, bersama dengan kucing Angora dan kambing Angora. Kelinci jenis ini menjadi hewan peliharaan favorit kerabat kerajaan Perancis pada pertengahan abad ke-18, kemudian menyebar ke merata Eropahmenjelang akhir abad itu. Kelinci Angora pertama kali tiba di Amerika Serikat pada awal abad ke-20. Kelinci Angora dipelihara untuk bulunya, yang dilepas dengan perencanaan, merobek atau menyisir,. Kelinci Angora juga dibagi menjadi beberapa jenis, tetapi hanya 4 diantaranya yang diakui oleh ARBA, yaitu Perancis, Inggris, Raksasa dan Satin. jenis-jenis lain termasuk Cina, Jerman, Swiss, Finlandia dan lain-lain.

Kelinci Amami (Baby)
Kelinci Amami atau dalam bahasa Inggrisnya "Amami rabbit" dari keluarga Leporidae, nama ilmiahnya Pentalagus furnessi

Penyakit-penyakit Kelinci

1. DENTAL malocclusion

Definisi: Kerusakan gigi

Penyebab:
- Suka gigit sangkar
- Pertumbuhan abnormal

efek:
Kelinci kurus karena sulit makan

pengobatan:
- Gigi dipotong tetapi sering berulang (sebab gigi itu tajam pada sudut dalam atau luar gigi geraham bawah. Ini dapat menyebabkan luka pada lidah kelinci, bisa jika serius dapat memotong lidah. Untuk kasus gigi geraham atas itu bisa melukai dalam pipi dan menyebabkan bengkak bernanah)

- Asingkan kelinci bermasalah

2. KURAP

penyakit kurap ini adalah penyakit yang kita tidak bisa elakkan terjadi buat kelinci kita dan juga hewan peliharaan lain, yang kita hanya mampu lakukan adalah sekedar mencegah dan mengobati saja, penyakit ini terjadi biasanya karena pencampuran kelinci yang sehat dan juga kelinci yang sudah terkena penyakit ini atau memiliki hama didalam kulit mereka, jadi jika kena antara bulu, dimulailah bakteri ini akan membuat sarang mereka ddalam kulit kelinci peliharaan kita, penyebab lain adalah seperti daerah kandang yang lembab, anjing, burung (paling bahaya), hama bawaan kucing dan juga lahan yang lembab, umumnya kuman ini ada ditanah. jadi antibodi kelinci peliharaan kita juga sangat penting untuk menentukan lambat atau cepat mereka melawan akan pertumbuhan hama itu didalam kulit kelinci

3. ULCERATIVE PODODERMATITIS

Definasi: Sakit pergelangan kaki

Penyebab:
Akibat dari tekanan berat badan, lantai kandang kasar

pengobatan:
  1. Alas lantai
  2. Jaga kebersihan lantai kandang
  3. Iodine untuk sapuan
4. HEAT exhaustion

Definisi Ventilasi kandang yang buruk sehingga dapat menyebabkan kematian kelinci tersebut

pencegahan:
  1. Ventilasi yang baik sewaktu dalam perjalanan, bangunan gedung dan pasokan air bersih
  2. Stok ternak yang disimpan rapi supaya tidak berbau
5. HAIR CHEWING DAN HAIRBALLS
Definisi: Gumpalan bulu terjebak dalam perut

efek:
Kelinci jadi anorexia, Tubuh kurus dan mati dalam 3 - 4 minggu kemudian

pengobatan:
  1. Cegah dengan beri makanan berfiber
  2. Tambahkan magnesium
6. Cannibalism
Definisi: Induk makan anak di sarang

Penyebab:
Akibat gangguan atau kurang makanan

pencegahan:
Asingkan atau pisahkan induk yang bermasalah

7. MOIST DERMATITIS

Definisi: Kulit basah ketika minum

Penyebab:
Mungkin karena pipa tidak sempurna, masalah gigi, kandang kotor

pengobatan:
  1. Gunting bulu
  2. Gunakan antiseptic powder
  3. Berikan antibiotik untuk kasus parah
8. COCCIDIOSIS

Definisi: Parasit Pada Kelinci

Penyebab:
  1. Eimeria stiedae (hepatic)
  2. Eimeria magma, E. irresidua (usus)
Gejala-gejala:
  1. Diare, Sebab itu harus di asingkan cepat kelinci yang diare.
  2. Jika parah dapat menyebabkan vomiting (muntah)
  3. Kehilangan nafsu makan
  4. Dehydration (dehidrasi atau kehilangan air dalam tubuh)
  5. Biasanya terjadi pada kelinci dibawah usia 6 bulan
Efek:
  1. Yang sembuh jadi pembawa
  2. Infeksi secara oral (polusi). Jadi pisahkan secepatnya yang sudah sembuh pun.
  3. Perawatan guna Coccidiostat dan disinfektan

Baca juga cara beternak ayam pedaging, cara beternak ayam petelur, cara beternak ayam kampung, cara beternak ayam kate, cara beternak ayam serama, cara beternak ayam serama dan cara beternak ayam aduan

Belum ada Komentar untuk "peternakan kelinci dan Jenis-Jenis Kelinci Terpopuler yang cocok untuk di ternakkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel