langkah sederhana yang dapat dilakukan dalam beternak ayam serama

PETERNAKAN

PETERNAKAN

PETERNAKAN AYAM SERAMA- Informasi tidak resmi (percakapan orang) mengatakan ayam serama ini berasal dari malaysia lebih tepatnya Kelantan. Ayam Serama yang ada sekarang adalah hasil dari hibrida jenis itu dengan beberapa ekor burung eksotis seperti Burung Hutan, Bantam dan juga Merpati. Setelah banyak hibrida dilakukan, ayam serama yang asal pun dihasilkan.

Ayam-ayam serama jenis asal ini sebaliknya masih belum ditemukan di pusat peternakan ayam yang ada saat ini. Ini merupakan cikal bakal kepada keturunan yang ada sekarang. Ayam Serama yang ada pada saat ini dihasilkan dari persilangan jenis yang dilakukan secara teliti.

Oleh karena tren sekarang yang menekankan Lebih kecil ukuran ayam, lebih baik ', maka para peternak sedang memperbaiki keturunan yang ada baik tentang dari bentuk ukuran, karakter, struktur kecantikan keseluruhan ayam tersebut.

Nilai komersil Ayam Serama

Ayam Serama yang ada pada saat ini adalah hasil persilangan dari berbagai spesies terutama burung seperti burung hutan, ayam kerdil Thai dan juga Bantan. Kecantikan fisik ayam serama telah menawan berbagai lapisan masyarakat. Selain menghibur hati pemiliknya, ayam serama juga sangat mudah dalam perawatannya dan mudah untuk dipelihara.

Sering dikatakan bahwa ayam serama ini tidak dapat dinilai dengan uang. Ada sebuah kisah yang menceritakan bahwa ada seorang penggemar yg menolak tawaran untuk menjual ayam serama miliknya itu dengan cek kosong. Akantetapi, tawaran tersebut ditolak. Anak ayam serama dari jenis juara dapat dijual pada harga yang sangat tinggi, harga ayam serama asli jauh diatas harga ayam jenis ayam biasa.

Ayam serama juga dapat menjadi hewan piaraan kesayangan seluruh anggota keluarga.

Kategori umur bagi ayam serama yang sehat yaitu seperti berikut:

  1. Grade 3A bobot tubuhnya dibawah 250g
  2. Grade 1A bobot tubuhnya dibawah 350g
  3. Grade B bobot tubuhnya dibawah 500g

Maka diharapkan kita tidak keliru dengan jenis ayam kecil yang lain seperti jenis Ayam Kapan, Ayam Katik dan lain-lain sebagainya.

Namun, harga ayam serama terkait erat dengan kategori bobot tubuhnya. Ini karena lebih kecil ayam serama tersebut, maka lebih sulit untuk melakukan proses Campuran. Disamping itu, jumlahnya juga sedikit. Berdasarkan faktor - faktor itulah yang menyebabkan harganya menjadi sangat mahal.

Dengan itu kita berharap dengan berlalunya waktu dan penggunaan hasil penelitian dan pengembangan terhadap persilangan ayam serta dukungan pihak perusahaan dan pemerintah, maka masa depan ayam serama akan menjadi lebih menarik dan cerah.

Kita juga berharap supaya ayam yang memiliki keindahan yang mengangungkan ini dapat dihasilkan dengan lebih banyak dan murah agar ia mampu dimiliki oleh semua orang. Potensi sebagai hewan peliharaan keluarga di negara ini juga semakin cerah.

Manajemen Pemeliharaan Ayam Serama

a. Anak ayam serama - Hari 1, 2 dan 3

Anak ayam serama yang baru menetas dapat bertahan tanpa makanan dan air selama tiga hari. Sementara anak ayam serama yang ditetaskan melalui metode inkubator akan dibiarkan selama 48 jam untuk mengeringkan bulunya. Kemudian anak ayam serama tersebut bisa dipindahkan ke dalam kotak kayu khusus yang dilengkapi dengan alat pemanas biasanya lampu bertenaga 15 watt dan aksesori lainnya.

b. Anak ayam serama - Hari ke 4 sampai 90

Kotak kayu dapat menampung anak ayam serama dari umur 3 sampai 90 hari. 
Berikut adalah peralatan yang diperlukan dalam perawatan ayam serama: -

1. Sumber panas selama 24 jam
Lampu 10 sampai 15 watt harus dinyalakan selama 24 jam. Bola lampu tersebut harus digantung dua inci dari paras tinggi anak ayam. Ini untuk menghindari pancaran cahaya langsung ke matanya. Perlu di perhatiakan bahwa pancaran cahaya yg berlebihan akan mengakibatkan sakit mata dan masalah - masalah lain kepada anak ayam serama tersebut. Penyebab panas atau panas sering ditempatkan di salah satu sudut kotak.

2. lantai
Alaslah lantai kotak dengan 3 atau 4 lembar kertas koran. Sewaktu melakukan pekerjaan pembersihan harian, buanglah lapisan yang atas saja. Lapisan yang bawah masih bisa digunakan untuk hari berikutnya. dan yang perlu diperhatikan yaitu jangan menggunakan kertas yang keras dan licin. Ini berbahaya bagi kaki anak ayam serama. Jadi, gunakanlah kertas yang lembut dan tidak licin.

3. Tempat makanan dan air
Kita dapat membuatnya sendiri. dengan menggunakan botol air mineral yang bentuknya persegi dengan ukuran 0,5 liter (500 ml).

Makanan atau pakan dan air yang dijual di toko hewan peliharaan juga bisa digunakan. Namun, ia haruslah disesuaikan dengan ketinggian dan perkembangan anak ayam serama.

4. Kebersihan keseluruhan
Secara umum, lebih bersih lingkungan akan lebih sehat anak ayam serama kita. Jadi, jagalah selalu kebersihan kotak tersebut sebersih mungkin. Pembuangan tinja/kotoran dan koran harus dilakukan setiap hari. Tempat air haruslah dicuci setiap dua hari sekali. Ini untuk menghindari infeksi dari kotoran itu sendiri. Makanan dan air harus diganti setiap hari.

5. Bentuk bangunan kotak kayu
Biasanya kotak buatan sendiri ini menggunakan bahan-bahan seperti kayu lapis serta dilengkapi dengan sumber panas dan peralatan lainnya yang di perlukan.

Sebaiknya untuk menempatkan sumber panas di suatu bagian. Ini untuk memastikan panas terpusat dan tercukupi di satu sudut sementara bagian lain bebas panas dan dingin. Jadi ketika anak ayam serama membesar, ia memiliki pilihan untuk berada dekat dengan sumber panas atau menjauhinya. Cara yang paling mudah untuk mengisolasi panas atau sumber panas ini yaitu dengan menggunakan kotak kertas yang berukuran 8 inci x 8 inci panjang x 8 inci tinggi di mana 2 sisinya dibuat lubang seperti pintu (cukup besar untuk memasukkan tangan) dan mencapai soket lampu yang tergantung.

Sediakan sebatang kayu kecil dengan ukuran lebih kurang sekitar 1/2 "diletakkan mendatar ataupun melintang kotak. Semakin ayam peliharaan tersebut membesar, ia mungkin membutuhkan kayu untuk bertengger baik untuk tidur atau sebagai tempat bersantai. Juga dapat membentuk kaki yang kuat dengan mencengkeram kayu tersebut.

Pintu kotak haruslah dibuat dari besi dan dilapiskan dengan jaring seperti jaring nyamuk untuk menghindari penyusup seperti tikus, kucing atau binatang lain pada waktu malam.

Kotak juga harus diletakkan di dalam rumah dan pilihlah satu sudut yg sirkulasi udara di dalamnya beredar dengan baik tetapi jauh dari pancaran cahaya matahari atau hujan.

Berjemur dan bermain pasir

Bila anak ayam serama mencapai usia 1 setengah bulan dan seterusnya, kita bisa membiarkannya untuk berjemur. Ini dapat menyehatkannya di samping sinar matahari dapat membunuh bakteri di celah-celah bulunya. Juga dapat merangsang pertumbuhan kebiasaan alamiah.

Informasi lain yang berguna

Ketika anak ayam serama sudah membesar, kita harus menambah peralatan yang ada. Seringkali pertumbuhan atau perubahan pada peralatan anak ayam serama ini bisa dilakukan ketika anak ayam serama berusia dua setengah bulan dan seterusnya.

sumber panas.

Tukarkan lampu 15 ke 10 watt. Ini karena anak ayam serama yang sudah membesar memiliki banyak bulu. Bulu - bulu ini dapat membantu dengan memastikan anak ayam serama selalu berada pada suhu yang sesuai. Ini dilakukan sampai usia ayam serama mencapai 2 setengah sampai 3 bulan serta bulu tumbuh sepenuhnya.

Tempat makanan dan minuman ayam serama
Bila ayam serama semakin membesar, kita perlu mengkonversi ke tempat yang lebih besar sesuai dengan ketinggian dan perkembangan serta kebiasaan makan anak ayam serama. Pengawasan yang teliti terhadap makan dapat menentuan ukuran terbaik bagi anak ayam tersebut.

Baca juga cara beternak ayam kate, cara beternak ayam petelur, cara beternak ayam hutan, cara beternak ayam pedaging, cara beternak ayam arab dan cara beternak ayam aduan

Belum ada Komentar untuk "langkah sederhana yang dapat dilakukan dalam beternak ayam serama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel