Peternakan ayam kampung asli dan ayam Hibrida

PETERNAKAN

PETERNAKAN AYAM
Peternakan Ayam Kampung Asli

Banyak yang bertanya prospek peternakan ayam kampung asli dan perbandingannya antara ayam kampung / hibrida / organik.

Ayam kampung asli dalam pemeliharaannya akan memakan waktu pemeliharaan lebihkurang selama 4-5 bulan untuk mencapai bobot ideal untuk pemasaran.

Ayam kampung / hibrida / organik masa pemeliharaanya 2 bulan setengah atau sampai 3 bulan setengah (tergantung metode dan pemberian bahan makanan/pakan).
Dari segi waktu, ayam kampung / hibrida sangat menarik untuk di pelihara. hanya dalam waktu singkat sudah dapat dipasarkan.

Biaya Pengeluaran Makanan
Ayam kampung asli

Pemberian makanan untuk ayam kampung asli dapat berbagai macam, dapat dicari dari berbagai sumber, dari yang gratis sampai yang berbayar, tidak perlu banyak mengeluarkan modal, mudah di sediakan dan mostly readily available.

Ayam hibrida.

Ayam kampung hibrida adalah hasil hibrida ayam kampung dan ayam pedaging, memiliki daya feed conversion ratio (FCR) yang lebih baik, tidak memiliki daya atau keinginan maupun kemampuan untuk terbang tinggi

Pemakanannya yang agak sedikit rumit. Meskipun ada kawan-kawan yang membuat campuran makanan mereka sendiri, biaya yang dikeluarkan adalah sekitar 30% lebih rendah dari makanan komersil yang tersedia dipasaran, kalau di pelihara part time atau dibantu anggota keluarga, satu nightmare dalam meracik makanan ..

Harga pakan ayam Komersil kisaran termurah Rp.250 sampai setinggi Rp300 ribu rupiah satu karung.

Peternak ayam yang sangat teliti menggunakan sekitar 9 kantong makanan untuk 200ekor ayam dari kecil sampai ke waktu penjualan ayam tersebut.

Penggunaan bahan makanan campuran sendiri atau pakan buatan sendiri tidak cocok untuk jumlah ternak ayam yang kurang dari 2000 ekor

Biaya Pembuatan Kandang Ayam

Perkiraan kasar untuk biaya pembuatan kandang ayam yang luasnya 30'X20 'untuk ayam kampung asli adalah Rp. 2.500.000.

Biaya untuk pembuatan kandang ayam kampung hibrida jauh lebih tinggi karena membutuhkan kandang yang sempurna. ini karena untuk memudahkan perawatan ayam itu sendiri. Biaya secara kasarnya adalah diatas biaya pembuatan kandang ayam kampung asli (Ukuran minimal untuk seekor ayam 1 kaki persegi jadi katakan ayam dipelihara 600 ekor harus ukuran 600kaki persegi) ..

Ukuran kandang ayam sangat berbeda untuk kebutuhan ayam kampung asli dan ayam hibrida. Kuantitas ayam ternak juga berbeda.

- Berdasarkan pengalaman kami..kuantitas ayam asli sebanyak 300 ekor yaitu sama dengan jumlah 600ekor ayam kampung hibrida dari segi hasil pendapatan kemudian.

Pemasaran Ayam

Karena permintaan ayam yang tinggi, pemasaran akan lebih mudah. harga jual sangat baik dan juga jika memilih untuk menjual secara grosir, ada banyak distributor yang pasti tertarik untuk membelinya.

Ayam Kampung Hibrida

Persaingan sangat tinggi dengan peternak ayam komersil, bagaimana untuk bersaing harga dengan peternak ayam komersil yang membesarkan dengan jumlah belasan bahkan puluhan ribu sekali putaran adalah satu headaches, kecuali jika kita sangat aktif dalam pemasaran.


Baca juga cara beternak ayam serama, cara beternak ayam hutan, cara beternak ayam aduan, cara beternak itik, cara beternak ayam broiller dan cara beternak ayam turkey

Belum ada Komentar untuk "Peternakan ayam kampung asli dan ayam Hibrida"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel