asal usul ayam cemani dan cara mengetahui ciri-ciri ayam cemani asli

PETERNAKAN

PETERNAKAN AYAM CEMANI

Peternakan Ayam Cemani- Ayam Cemani adalah salahsatu jenis ayam lokal asli Indonesia, yang asal-usul sejarah ayam cemani berasal dari Pulau Jawa. Sedangkan Kata cemani berasal dari bahasa jawa yang artinya Hitam Legam, Bila kita perhatikan warna hitam menyelimuti seluruh tubuh ayam ini mulai dari bagian jengger, paruh, pial, bola mata, lidah, rongga mulut, pelatuk, bulu, ketiak, lubang dubur, sayap, kaki,dan juga cakarnya.
Disebutkan ayam cemani memiliki warna hitam yang cukup sempurna dengan presentasenya 100 persen warna keseluruhan tubuhnya berwarna hitam, jika kita perhatikan sampai warna daging dan tulang serta darahnya berwarna hitam, warna hitam ini menutupi seluruh tubuh dari bagian luar ayam cemani, sampai bagian dalam atau jeroan nya, mulai dari tenggorokan, lidah, rongga mulut semua nya berwarna hitam. Maka melihat dari kriterianya dan ciri-ciri tersebut inilah yg disebut sebagai jenis "Ayam Cemani Asli".
Dari sebuah sumber disebutkan bahwa asal-usul ayam cemani adalah ayam kedu hitam, yang banyak diternakkan atau yang dipelihara oleh masyarakat pada zaman dahulu di kahuripan desa Kedu yaitu pada zaman Kerajaan Majapahit.
Ayam cemani juga termasuk ayam yang sangat istimewa pada zaman nya, sehingga menjadikan ayam cemani sangat di sukai dan menjadi ternak piaraan atau sebagai koleksi para gegeden, raja-raja pada zaman dahulu kala, Karena Itulah membuat ayam cemani menjadi sangat eksklusif, mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dan sangat berharga karena mengingat pada zaman dahulu ayam cemani banyak dikoleksi oleh para raja-raja dan keturunan ningrat.

ASAL USUL AYAM CEMANI
Ayam Cemani berasal dari keturunan kedu hitam, yang telah di seleksi dan memiliki kemurnian warna hitam dengan ciri-cirinya yang khas dengan bentuk jengger tunggal bergerigi bagi yang jantan. Namun kurang begitu diketahui berapa generasi seleksi tersebut telah dilakukan untuk populasi dan kelestariannya. akantetapi yang cukup memperihatinkan sampai saat ini populasi ayam cemani semakin berkurang dan bahkan menurun bila dibandingkan populasi Ayam Cemani pada zaman dahulu, mengingat ayam cemani sulit untuk di kembangbiakan sampai beranak-pinak, ke regenerasi anak dan turunan nya. Karena itulah yang membuat Ayam Cemani saat ini menjadi langka, dan sangat sulit untuk di dapatkan, sehingga ayam cemani menjadi banyak di buru dan di cari oleh para pecinta hewan hias, Mungkin pada saat ini hanya segelintir orang saja yang memiliki ayam cemani asli.

Mungkin kita timbul pertanyaan dalam hati, mengapa Ayam hitam pekat ini banyak diburu dan dicari Orang? Untuk Keperluan apakah Ayam Cemani ini dicari,...

1.Ayam Cemani Sebagai Tumbal Persyaratan Kebutuhan Ritual Ghaib
Ayam Cemani banyak dicari untuk kebutuhkan orang sebagai persyaratan tumbal ritual ghaib seperti : ritual penggalian harta karun, untuk pengobatan, ruwat bangunan pabrik, gedung, toko, kantor, rumah, dan lain sebagainya, untuk ruwat penglaris dagangan di toko, pasar, kedai dan lain sebagainya. untuk ritual atau ruwat pembangunan proyek-proyek besar seperti : pembangunan jembatan, terowongan, pembangunan jalan tol, bandara, pelabuhan serta proyek-proyek besar lain nya yang berhubungan dengan Alam, Kemudian Ayam Cemani biasa juga di pakai untuk ruwat syukuran bumi, laut, gunung, ruwat memandikan benda pusaka dan ruwat buang sial, sulit mendapatkan jodoh, dan ada juga digunakan ayam cemani sebagai pemikat lawan jenis bagi seseorang,
Pada pelaksanaanya Ayam ini dibuat sebagai tumbal atau sajian, yang selanjutnya di laksanakan ritual khusus, ayam cemani dimandikan dengan kembang 7 rupa dan di bacakan mantra-mantra khusus oleh orang pintar(dukun) kemudian ayam cemani ini disembelih/potong untuk diambil darah dan juga dagingnya, setelah disembelih di suguhkan atau dipersembahkan sebagai tumbal untuk mahluk ghaib yang maksud dan tujuan ini dilakukan untuk mengusir roh-roh jahat sebagai syarat supaya setiap proyek atau pembangunan akan berjalan lancar dan terhindar dari malapetaka. tumbal tersebut sebagai penangkal dari teror atau ganguan mahluk halus, misalnya seperti kesurupan dan guna-guna lainnya,
Menurut para normal Ayam Cemani memiliki nilai mistis dan juga daya Magis yang kuat, selain sebagai pembawa keberuntungan, ayam cemani juga sebagai syarat tumbal atau sesaji, karena daging, tulang dan darah-nya yang berwarna hitam pekat, sangat disukai sebagai makanan jin, iblis dan sebangsa nya, Pada zaman dahulu Ayam Cemani sering digunakan oleh para Raja-raja, Jawara atau oleh ahli tirakat sebagai syarat sajian untuk penguasaan ilmu tertentu supaya bisa tercapai ilmu kesaktian-nya.

2. Ayam Cemani Sebagai Pembawa Keberuntungan.
Melihat dari keistimewaan ayam cemani ini, beberapa kriteria yang tidak dimiliki oleh ayam jenis lain, sehingga Ayam Cemani memiliki nilai tersendiri, dengan peringkat level sangat istimewa, karena ayam cemani disamping sebagai untuk peliharaan pribadi, konon katanya dengan memelihara ayam cemani bisa membawa Hoki atau keberuntugan bagi pemiliknya.

Berikut ini akan dijelaskan secara singkat mengenai ciri-ciri ayam cemani.

==============================================================
Cara Mengetahui Ciri-Ciri Ayam Cemani Asli

Ada Beberapa Cara Mudah Mengetahui Ciri-Ciri Ayam Cemani Asli

Ayam cemani yang asli membuat sebagian orang ingin mengoleksinya. Namun karena begitu tingginya permintaan dan terbatasnya ayam hitam ini munculah Ayam Cemani palsu/abal-abal atau tidak asli.
Bagaimana cara untuk mengetahui keaslian dari Ayam Cemani?

Dibawah ini akan kami jelaskan cara mengetahui ayam cemani yang asli dengan mudah:
  1. Bulu Ayam Cemani
  2. Bulu ayam cemani berwarna hitam. jika ayam cemani sebelumnya pernah di kawin silangkan dengan jenis ayam lain maka warna hitam dari bulunya tidak akan dapat mencapai 95%. Hal inilah yang menjadikan kita mudah untuk mengetahuinya.
  3. Paruh Ayam Cemani
  4. Paruh Dari Ayam Cemani berwarna hitam. Warna hitam ini akan terlihat dari Ayam Cemani yang masih kecil. Akan tetapi seiring berjalanya waktu ujung paruh dari ayam cemani ini akan aus karena untuk mematuk makanan terus menerus dan akan terlihat warna putih karena aus. dan biasanya akan muncul di ujungnya paruhnya.
  5. Ketiak atau kulit Ayam Cemani
  6. Mendekati angka 100 % untuk warna ketiak maupun kulit dari ayam cemani berwarna hitam. Secara keseluruhan ayam ini semua kulit tubuhnya berwarna hitam pekat. 
  7. Kaki Ayam Cemani
  8. Bagi orang yang sudah terbiasa melihat ayam kampung mungkin sangat sering melihat kaki ayam yang berwarna kuning. Namun akan berbeda untuk ayam cemani mempunyai kaki yang berwarna hitam. Namun hitam di sini bukanlah hitam legam karena seperti kita ketahui bahwa kaki ayam bersisik sehingga jika kering akan berubah menjadi warna putih
  9. Jengger Ayam Cemani
  10. Jengger ayam cemani memiliki warna hitam. Namun pada saat ayam cemani beranjak semakin dewasa jengger di bagian bawah biasanya terlihat warna merah.
  11. Dubur Ayam Cemani
  12. Dubur ayam cemani berwarna hitam pekat/legam. Hal ini akan sangat berbeda dengan ayam jenis lain.
  13. Tenggorokan Ayam Cemani 
  14. Tenggorokan ayam cemani berwarna hitam walaupun lidahnya mempunyai warna abu-abu atau bahkan terkadang berwarna putih.
Data ini diolah dari berbagai sumber

Baca juga cara beternak ayam kampung, cara beternak ayam serama, cara beternak ayam kate, cara beternak ayam petelur, cara beternak ayam hutan, cara beternak ayam pedaging dan cara beternak ayam aduan/ayam sabung.

Belum ada Komentar untuk "asal usul ayam cemani dan cara mengetahui ciri-ciri ayam cemani asli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel