Ciri ayam aduan super yang kuat dan cara melatih ayam aduan

PETERNAKAN

PETERNAKAN

CIRI-CIRI AYAM ADUAN YANG KUAT DAN TANGGUH

Ayam Aduan Super- Seperti apakah bentuk ayam yang kuat dan tangguh itu ? Dan pastinya semua peternak ayam aduan ingin ayam jagoannya menang dalam pertandingan. Oleh karena itu pilihlah ayam yang masuk kategori ayam kelas super. Ayam kelas super sudah hampir bisa punya jaminan menang dalam pertarungan, karena sudah dibuktikan oleh banyak orang. Ayam kelas super termasuk level tertinggi karena telah memenuhi standar syarat untuk menjadi pemenang. Dalam artikel ini kami ingin berbagi informasi mengenai ciri-ciri ayam aduan super, kita lihat dari spesifikasi tulang dulu dan ini menurut kami dan para peternak ayam jago sebagai penghobi ayam laga. Kemudian kaki ayam menjadi senjata utama untuk mengalahkan lawan. Disamping itu juga harus didukung tulang yang memenuhi standar ideal. Untuk lebih jelasnya dibawah ini adalah penjelasan mengenai ciri-ciri ayam aduan kuat dan tangguh:

Ciri-Ciri Ayam Aduan Super Yang Kuat dan Tangguh Dilihat Dari Tulang

Tulang menjadi organ tubuh ayam yang cukup penting untuk ayam aduan/sabung. Tulang yang kuat, rapat, kekar dan memenuhi kriteria-kriteria tertentu menjadi syarat yang utama pendukung kemenangan ayam aduan tersebut. Berikut ini tanda-tanda seekor ayam aduan/ayam sabung memenuhi kelas super dilihat dari syarat tulang :
  1. Tulang Kerangka Ayam Aduan Super
  2. Kita bahas ke tulang kerangka badan ayam super. Jenis Ayam aduan super memiliki tulang kerangka yang relatif lebih besar, dari leher sampai ke ekor dan terlihat lebih panjang, Jika kita pegang dengan kedua tangan terasa padat dan kasar, sambungan antara tulang rangka dan tulang ekor terasa rapat, besar.
  3. Tulang Sambungan Leher Dan Badan Ayam Aduan Super
  4. Bentuk tubuh ayam aduan super terlihat bagus dari segi struktur tulang yang rapat terutama di bagian sambungan leher dan badan atau pundak. Di situlah letak kekuatan atau tenaga ayam untuk bertahan dan menyerang lawan pada saat bertarung, Dan di sini juga letak dari kelemahan ayam aduan. Struktur tulang sambungan leher dan badan ayam aduan yang kurang bagus tidak akan mampu menahan pukulan lawan pada saat bertarung. tidak perlu menunggu lama ayam langsung lemas karena kehilangan stamina. Disamping itu Ayam akan lebih cenderung main bawah untuk mencari aman dari pukulan lawan. Tapi inilah yang membuat ia mudah didominasi oleh lawan. Lawan yang akan mengendalikan permainan. Selanjutnya Lawan akan mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk memukul ke arah sambungan belakang leher.
  5. Tulang Jari Kaki Ayam Aduan Super
  6. Ukuran dan juga bentuk tulang jari kaki ayam aduan super terlihat panjang dan cenderung meruncing. Para pecinta ayam aduan sering menyebutnya merit atau lencir. Efek dari bentuk jari seperti ini terasa sakit di tubuh lawan dan biasanya juga memiliki teknik yang gesit dan lincah. Sering menimbulkan suara atau bunyi seperti tulang patah di tubuh lawan saat terkena pukulan.
  7. Bentuk Tulang Kaki Ayam Aduan Super
  8. Tulang paha ayam aduan super berukuran besar dan lebih panjang dari tulang betis. Bentuk seperti Ini menandakan pukulan ayam sangat keras dan kalau dipandang terlihat sangat gagah. memiliki kuda-kuda yang cukup kuat jadi akan lebih tahan saat menerima pukulan atau tidak akan mudah jatuh atau oleng. Tulang betis ayam aduan super pada saat kita pegang terasa padat.
Lebih kurang seperti itulah ciri-ciri ayam aduan super yang tangguh dan kuat, tapi perlu di ingat masih banyak ciri-ciri yang harus dipertimbangkan dalam memilih ayam aduan, data ini kami dapatkan dari beberapa sumber / dari beberapa artikel yang membahas tentang ayam aduan/sabung.
=========================================================
CARA MELATIH AYAM ADUAN DAN MAKANAN BAGI AYAM ADUAN SUPER
Latihan dan Makanan Ayam Aduan Super
Tapi secara garis besar, latihan untuk ayam aduan itu bisa macam-macam diantaranya yaitu.
  1. Lari atau putar Fungsinya untuk menguatkan napas atau stamina dan pembentukan otot paha secara alami. Selain itu juga berguna untuk melatih mental atau semangat bertarung.
  2. Push up, jantur, urut Fungsinya Biasanya khusus ditujukan untuk membentuk otot-otot tertentu seperti paha, sayap, leher, dan lain-lain.
  3. Umbar pasir (kipu) Fungsinya Untuk Melenturkan atau untuk mengendurkan seluruh otot badan yang kaku.
  4. Umbar dihalaman Fungsinya Untuk Menambah stamina dan kesegaran
  5. Abar atau gebrak Fungsinya Untuk Meningkatkan stamina, otot, daya tahan pukul dan mental.
  6. Renang Fungsinya Menguatkan hampir seluruh otot tubuh dan meningkatkan stamina.
  7. Abar bungkus patok Fungsinya untuk Meningkatkan mental, stamina dan teknik bertarung.
  • Pelatihan Ayam Aduan Super sebelum Ayam turun ke Arena Sabung.
Untuk soal melatih Ayam aduan super sebelum turun ke arena sabung biasanya para peternak ayam aduan setiap pagi memandikan dan menjemur ayam tersebut antara pukul 9 sampai pukul 12 siang lebih kurang selama 1 jam (tergantung cuaca), kemudian ayam aduan super tersebut sekalian di puterin sekitar 5 menit setelah itu ayam aduan super diumbar dikandang umbaran luas kandang itu 2x2meter (jika ada) sampai sore jika tidak ada cukup dilepas bebas secukupnya saja, setelah itu ayam tersebut dimasukkan kembali ke kandang istirahat.
  • Makanan yang diberikan Untuk Ayam Aduan Super.
Untuk makanan ayam aduan super cukup diberikan makanan sehari-hari dan seminggu sekali harus diberi 1 butir telur (jika ada telur itik/bebek) untuk obat-obatan bagi ayam aduan super cukup diberi B compleks 1 minggu 2x2 butir setelah ayam tersebut makan sore. 
Perhatian : hentikan pemberian telur dan juga obat-obatan untuk ayam aduan 3 hari sebelum ayam tersebut mau diadu.

MEMBENTUK OTOT AYAM PEMULA
  1. Makanan/pakan utama lebih baik mengikuti kesukaan ayamnya apabila ayam menyukai padi merah kasih saja, tetapi jika ayam suka jagung berikan saja jagung burung yang terpenting yaitu porsi pakan jangan terlalu berlebihan karena nanti ayam bisa kegemukan, makan cukup diberikan pagi sarapan segenggam, pada waktu siang berikan suplemen vitamin c dan b kompleks dan pada waktu sore makan full/satu takaran. Kemudian untuk latihan ayam jenis sabung pisau lebih baik banyak diumbar lepas dan dilatih loncat atau dilempar-lemparkan agar kaki dan sayapnya menjadi kuat. Jika ayam aduan super sakit ngorok coba diberikan obat tetra chlor ataupun obat antibiotk sejenis, sedangkan penyakit bulat hitam pada telapak kaki ayam itu disebut bubul, penyakit bubul harus disembuhkan agar tidak mengganggu gerakan kaki ayam tersebut caranya coba ambil paku dan dipanaskan/dibakar pada kepala paku sampai merah membara setelah itu tempelkan kepala paku tersebut pada mata bubul atau di bagian bulat hitam dan keras pada telapak kaki ayam tersebut, tunggu sebentar sampai kaki ayam dihentakkan ulangi sampai 2 hingga 3 kali tapi harus hati-hati jangan sampai mengenai kulit kaki yang tidak ada penyakit bubulnya. Adu ayam model sambung taji/pisau cukup sulit diprediksi menang ataupun kalahnya karena lebih disebabkan dari faktor keberuntungan artinya mana yg lebih dulu memasukkan taji/pisau maka akan berpotensi menang karena hal ini sangat berbeda dengan adu/sabung ayam jenis jalu asli atau tanpa taji yang sangat ditentukan oleh faktor perawatan dan tandingan ayam.
  2. Kliteran dapat dilakukan setiap hari lamanya lebihkurang 30 menit sampai 2 jam itu tergantung pada kondisi ayam dan nafsu berlari ayam aduan super tersebut setelah selesai ayam baru dimandikan dan selanjutnya dijemur sampai bulu kering kemudian diumbar bebas istirahat sebelum latihan gebrak antara 1 hingga 3 hari dengan tetap diumbar setiap hari tetapi jangan sampai ayam ini mandi pasir ( kandang umbaran khusus untuk ayam siap adu harus beralaskan karpet ) itu merupakan salah satu cara perawatan ayam aduan, namun tentunya setiap orang terkadang memiliki cara yang berbeda walaupun tujuannya sama.
  3. Latihan untuk memperkuat otot dan stamina bagi ayam aduan super dapat dilakukan dengan lari mengelilingi kandang atau disebut juga kliteran pada waktu pagi hari kemudian ayam tersebut dimandikan dan dijemur secukupnya setelah benar-benar kering bulunya masukkan kandang umbaran seminggu sekali digebrak mulai dari 5 menit hingga 2 air itu harus secara bertahap dengan perlakuan semacam ini biasanya kondisi otot-otot ayam aduan ini menjadi lebih kuat dan lentur jangan memandikan ayam pada waktu sore hari setelah matahari terbenam karena bulu ayam yg belum kering benar tetapi sudah dimasukkan kedalam kandang akan menjadikan bulu ayam ini menjadi kusam dan ayam menjadi bantat ( keras atau kaku tidak lincah ).
  4. Apabila mau membentuk otot ayam yang praktis selain di jajal agar ayam aduan tidak ada luka tetapi otot nya bagus cara nya kalau anda ada kolam di sekitar rumah, ayam aduan kita di untal suruh berenang di kolam itu tapi jangan terlalu dalam untuk jaga-jaga jika ayam kita tidak bisa berenang jadi ayam di suruh berenang terus jika ayam ke pinggir untal lagi ke tengah kolam kira-kira kalau ayam tersebut sudah capek barulah di angkat di kasih liaran.
  5. Untuk aduan ayam jenis sambung taji atau pisau lebih baik kondisi ayam jangan terlalu kegemukan, lincah dan cepat melemparkan pukulan maka akan ada peluang untuk menang, untuk hal seperti ini ayam trah Philipine paling baik kualitasnya.
PERAWATAN AYAM ADUAN SUPER
  • Yang perlu dilakukan secara rutin setiap hari kepada ayam aduan yaitu:
  1. Pada waktu pagi sekitar jam 7 (jika ada sinar matahari) dimandikan, selanjutnya dijemur paling lama 2 jam/tapi dilihat kondisi pada saat itu, kemudian di pindah ke kandang umbaran sampai siang hari (jam 12 siang), selanjutnya masukkan ke kandang tidur, sekitar jam 3 dilepas sebentar/kliter pakai babon dan di beri pakan/makanan dengan takaran tertentu, kemudian di lap langsung masukkan kandang untuk tidur, 2 hari sekali sebaiknya diberi MULTIVIRAL, TOMAT DAN GULA MERAH.
  • Persiapan Sebelum Ayam di Adu/sabung.
  1. Setiap hari rawat seperti biasa.
  2. Kurang 1 minggu sebelum ayam di adu beri telur,jeruk pecel dan sedikit madu.
  3. Kurang 5 hari  sebelum ayam di adu di suntik neorobian 0,5 ml dan hentikan pemberian jamu.
  4. Pada keesokan harinya > hari ke 1 dan hari ke 2 ( selama 2 hari ) seperti biasanya.
  5. Pada hari ke 3, setelah di beri makan di lepas sebentar dan langsung di masukkan atau dikurung untuk tidur ( rumatan ½ hari ) dan tidak di keluarkan dari dalam kandang sampai hari ke 5.
  6. Keesokan harinya ( hari ke 4 ) ayam aduan tersebut tidak di keluarkan atau di karantina 1 hari penuh.
  7. Pada waktu pagi kliteran selama 2 jam kemudian dimandikan dan di jemur, selanjutnya ayam tersebut kurang 1 minggu ayam aduan ini di beri daging kambing yang masih mentah seukuran ibu jari supaya kulitnya cepat merah menyala, kemudian kurang 5 hari beri jamu; jahe, temulawak,  kencur secukupnya di tumbuk hingga halus lalu disuapkan untuk ayam, setelah di beri jamu ayam tidak perlu di jemur cukup di lepaskan di umbaran saja, kurang 1 hari ayam aduan super tersebut di karantinakan tidak boleh ada ganguan dari ayam'' lainya.
  • Kegiatan Yang Perlu dilakukan Setelah Ayam di abar atau setelah di adu
  1. Ayam setelah di adu di suntik teramisin 0,5 ml.
  2. Ayam juga di beri 2 kapsul trimisin.
  3. Diberi 1 Butir jamu/kalau terlalu parah 2 butir.
  4. Luka di beri obat tetayokcin atau betadin.
  5. Ayam dimandikan dengan rebusan daun sirih dan jahe.
  6. Sekitar 4 hari atau 5 hari periksa kembali kondisi ayam aduan tersebut, dan di lepas bebas beri babon dan beri minum air gula.
  7. Pada hari Berikutnya ayam tersebut di mandikan dengan air hangat ( bagian yang luka ) sampai kerak luka ngelupas, lebihkurang sekitar 2 hingga 3 hari,setelah itu rawat ayam aduan ini seperti biasa lagi sampai seterusnya (sampai dengan ayam siap untuk di adu lagi )
  8. Ayam aduan di beri makan yang lembek seperti buah pisang, tomat, pepaya.
Semua data ini kami rangkum dari beberapa artikel peternakan ayam yang ada di internet

Baca juga cara beternak ayam serama, cara beternak ayam cemani, cara beternak ayam pedaging, cara beternak ayam petelur, cara beternak ayam aduan dan cara beternak ayam kampung.

Belum ada Komentar untuk "Ciri ayam aduan super yang kuat dan cara melatih ayam aduan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel