kelebihan ayam kampung dan kekurangan beternak ayam kampung super

PETERNAKAN

Beternak Ayam Kampung Super

Cara Mudah Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula - Beternak ayam kampung super sekarang ini semakin ramai dibicarakan, selain masa panennya lebih cepat jika kita bandingkan dengan ayam kampung asli, Disamping itu ayam kampung super juga memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Sebenarnya dalam beternak ayam kampung super sangat mudah asalkan kita telaten dan mengetahui apa saja yang harus dilakukan seperti penanganan terhadap ayam kampung super yang masih kecil,makanan/pakan, perkandangan, obat-obatan. Ayam kampung super juga merupakan salah satu jenis ayam yang di ternakkan oleh masyarakat Indonesia dengan cara diumbar didalam kandang yang memiliki luas tertentu.

Dalam beternak ayam kampung super ini kebanyakan para pemula masih bingung cara memulai atau menjalankan usaha ternak ayam kampung. Semakin banyak pertimbangan akhirnya mereka tidak jadi melangkah dikarenakan takut bayangan akan rugi. Cara beternak ayam kampung super yang intensif merupakan salahsatu cara yang paling bagus untuk mendatangkan keuntungan yang besar dalam berbisnis ternak ayam. Mengingat permintaan daging ayam yang sangat tinggi dipasaran akan memberikan kita peluang besar untuk menternakkan ayam kampung super tersebut. Kami juga akan memberikan informasi mengenai kelebihan ayam kampung super ini.

Kelebihan dari Ayam Kampung Super.
  1. Ayam kampung Super mempunyai tubuh yang besar hampir mirip dengan ayam negri. Ukurang tubuhnya lebih besar bila di bandingkan dengan ayam kampung seumurannya. Biasanya sekitar umur 2 bulan ayam kampung super ini bobotnya bisa mencapai 1,5 kg lebih.
  2. Dari segi pertumbuhan, ayam kampung super ini mempunyai pertumbuhan badan yang lebih cepat jika kita bandingkan dengan jenis ayam kampung lainnya. Ayam kampung super mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat ini maka akan membuat kita menghemat waktu dalam segi pemeliharaan.
  3. Yang menjadi kelebihan lainnya dari ayam super ini yaitu lemak di dalam tubuhnya yang sangat sedikit. Dan hal ini akan sangat pengaruh baik sekali dalam segi kesehatan bagi tubuh manusia kalau di konsumsi.
  4. Jika kita bandingkan dengan ayam jenis ayam lainnya seperti ayam ras, ayam kampung super ini harga dari makanannya relatif lebih murah. Bahkan sisa dari makanan kita bisa kita manfaatkan untuk tambahan pakan dari ayam jenis ini.
  5. Ayam kampung super ini memiliki massa panen sekitar lebihkurang umur 58 hari atau maksimal 2 bulan, pada umur tersebut ayam kampung super siap potong dan tentunya sudah siap untuk kebutuhan konsumsi.  
  6. Dalam hal ketahanan tubuh ayam kampung super, ayam kampung super ini lebih tahan dalam menghadapi penyakit dan juga pergantian cuaca. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan kita karena musuh yang terbesar dari beternak ayam adalah penyakit. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih yang dimiliki ayam kampung super akan membuat kita merasa tenang dalam menghadapi berbagai situasi yang dapat mengancam kesehatan ayam.
  7. Para peternak ayam sekarang mulai melirik beternak ayam kampung super, jika kita lihat dari segi populasi ayam kampung super sangat banyak dibanding ayam kampung. Usia ayam kampung super juga relatif lebih singkat sehingga peternak dapat memanen dengan cepat pula.
  8. Daging ayam kampung super bisa disamakan dengan daging ayam kampung biasa, dari rasa dan kualitas daging sama dengan ayam kampung biasa tidak ada bedanya. 
Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai kelebihan ayam kampung super.

Kelemahan Ayam Kampung Super Yang Perlu Untuk Di Ketahui
Memang benar bahwa setiap hal pasti memiliki dua sisi. Apabila ada kelebihan, maka akan ada pula kekuranganya. Begitu pun dengan ayam kampung super ini.

Berikut ini adalah kelemahan beternak ayam kampung super yang perlu untuk diketahui:
  1. Modal lebih besar dari ternak ayam kampung biasa.
  2. Kalau ayam kampung biasa dapat diternakan atau dipelihara dengan cara-cara sederhana, akantetapi berbeda dengan ayam kampung super. Pada pemeliharaan ayam kampung super ada sedikit penambahan peralatan, di mana itu akan membutuhkan modal. Namun, kalau dihitung dengan masa panen yang cepat, sebenarnya investasi modal awal akan cepat kembali
  3. Boros makanan/pakan. 
  4. Dengan masa pertumbuhan yang relatif lebih cepat dan ukuran tubuh yang besar, sebenarnya wajar-wajar saja kalau ayam jenis ini nafsu makannya cukup tinggi. Hal itu membuat biaya untuk makanannya pun jadi boros. akantetapi jika dibandingkan dengan ayam pedaging, rakusnya jenis ayam kampung super ini tetap dapat dikatakan lebih hemat.
  5. Harga telur lebih murah. 
  6. Jika telur ayam kampung biasa dapat kita temui di warung-warung dan dapat diperjual-belikan per butir, lain halnya dengan telur ayam kampung super. Telur jenis ayam kampung super distribusi telurnya dilakukan seperti ayam negri, yaitu dijual satuan kilogram. Dengan standar tersebut, maka harga telurnya pun menjadi lebih murah jika kita bandingkan dengan telur ayam kampung.
  7. Bukan pengeram yang baik. 
  8. Ayam kampung super tidak seperti jenis ayam kampung biasa, ayam kampung super ternyata tipe yang malas mengerami telurnya.
==========================================================
Kelebihan Dan Kekurangan Memelihara DOC AYAM KAMPUNG di dalam Box

Sebenarnya sangat banyak cara dan teknik dalam memelihara doc ayam kampung super atau anakan ayam kampung. Dari sekian banyak cara, Salah satunya yaitu menggunakan box. Menggunakan Box selain efisiensi yang tinggi pemeliharaan melalui box ini juga lebih banyak di gunakan oleh peternak doc ayam di seluruh indonesia.

Meskipun pemeliharaan doc ayam kampung super melalui box ini banyak kelebihannya tetapi juga ada kekuranganya seperti yang akan saya uraikan di bawah ini.

Kelebihan atau keuntungan memelihara doc ayam kampung super dengan menggunakan box, diantaranya yaitu :
Memudahkan dalam penannganan dan seleksi, Tahan terhadap cuaca luar, Kotoran dari anak ayam bisa langsung jatuh kebawah sehingga kadar amoniak menjadi rendah, Untuk jumlah anak ayam kurang dari 500 ekor cukup menggunakan lampu daya 5 watt dan menjadi lebih mudah dari pada memasang alat pemanas menggunakan gas elpiji. Doc/anak ayam menjadi tidak mudah tertular penyakit, Tidak perlu mengganti litter

Dibawah ini merupakan Kekurangan memelihara doc ayam kampung super menggunakan box :
  1. Saat pemindahan doc ayam menjadi sedikit lebih repot
  2. Biaya investasi menjadi tinggi
  3. Pemborosan daya karena memakai cahaya bersumber dari listrik (lampu)
  4. Memakan lebih banyak tempat
Akantetapi dari berbagai kekurangan tersebut dapat di atasi kalau kita memaksimalkan berbagai kelebihan dari cara diatas, sehingga nantinya hasil pertumbuhan anak ayam yang kita dapat menjadi memuaskan.

Dibawah ini beberapa adalah hal yang perlu diperhatikan kalau kita memelihara doc ayam kampung super dengan cara diatas :

Manajemen Lampu, hal ini merupakan sangat penting terutama dalam hal penghematan daya listrik. Gunakan dimmer tujuannya untuk mengatur secara otomatis intesitas cahaya dari lampu tersebut. Ataupun bisa juga dengan mengganti watt lampu yang lebih rendah mengikuti perkembangan anak ayam itu. Dan juga matikan lampu pada waktu siang hari.

Kelola dan atur kepadatan populasi anak ayam kampung super  per box'nya dan sesuaikan dengan pertumbuhan anak ayam kampung super tersebut.

Kontrol sirkulasi udara sesuai dengan pertumbuhan anak ayam kampung super tersebut.

Memelihara anak ayam kampung super dengan metode ini bisa diterapkan sampai anak ayam ini berumur sekitar lebih kurang 40 hari. Sedangkan untuk ukuran dan juga bahan box tidak ada batasannya, dapat disesuaikan dengan ruangan yang kita miliki. Bisa juga kita gunakan box yang terbuat dari bahan bambu, karena jika kita buat dari bahan bambu tentunya dari segi biaya akan lebih rendah.

Jangan sampai lupa lakukan Vaksinasi untuk anak ayam kampung super tersebut. Vaksinasi sebaiknya dilakukan pada umur anak ayam 1 - 4 hari menggunakan Vaksin ND. Vaksin ini dapat dibeli di toko pakan/ ternak.

Data ini kami rangkum dari beberapa sumber

Baca juga cara beternak ayam pedaging, cara beternak ayam cemani, cara beternak ayam petelur, cara beternak ayam serama, cara beternak ayam aduan, cara beternak ayam arab dan cara beternak ayam turky.

Belum ada Komentar untuk "kelebihan ayam kampung dan kekurangan beternak ayam kampung super"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel