Kelebihan ayam ras petelur dan Kekurangan Ayam Ras Petelur

PETERNAKAN

PETERNAKAN AYAM PETELUR

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Ras Petelur- Ayam petelur merupakan salahsatu jenis ayam yang bisa menghasilkan telur dalam jumlah yang cukup banyak, Namun ayam jenis ini, hanya bertelur dalam jumlah yang banyak, tetapi tidak mempunyai sifat untuk mengerami telurnya. Jadi sebaiknya telur yang dihasilkan oleh ayam petelur ini harus segera dipindahkan, supaya tidak terinjak oleh induk ayam sehingga telur bisa pecah.

Ada beberapa kelebihan atau keuntungan jika kita mencoba untuk memelihara ayam petelur ini. Keuntungan yang pertama yaitu pada tingkat mortalitas atau tingkat kematian pada ayam. Jenis Ayam petelur memiliki karakteristik yang berbeda dari ayam jenis lain seperti pada jenis ayam potong yang sangat mudah sekali untuk mati apabila mengalami stress. Ayam petelur memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik hampir menyamai seperti ayam kampung.

Tipe Ayam Petelur Unggul 
Tipe-tipe ayam petelur dapat dibagi menjadi 2 tipe:

1)      Tipe Ayam Petelur Ringan.
Tipe Ayam petelur ringan memiliki badan yang lebih ramping/kurus-mungil atau kecil dan mata terlihat bersinar. Bulu berwarna putih bersih dan berjengger merah. Ayam petelur tipe ringan ini berasal dari galur murni white leghorn. Tipe ayam ini disebut juga dengan ayam petelur putih. Ayam galur ini sulit dicari, tetapi ayam petelur ringan komersial sekarang ini sudah banyak dijual di Indonesia dengan berbagai nama. Saat ini setiap pembibit ayam petelur di tanah air pasti memiliki dan menjual ayam petelur ringan komersial ini. Tipe Ayam ini dapat bertelur lebih dari 260 telur per tahun produksi hen house. Tipe Ayam petelur ringan ini sangat sensitif terhadap cuaca panas dan kebisingan dan ayam petelur ringan ini mudah sekali kaget dan jika kaget ayam petelur ini produksi telurnya akan cepat menurun, begitu juga jika kepanasan. Kemudian Ayam tipe ini memang khusus untuk bertelur saja sehingga semua kemampuan ayam ini diarahkan pada kemampuan untuk bertelur, karena dagingnya hanya sedikit.

Contoh Ayam Petelur Ringan

a)   Ayam White Leghorns
Ayam White Leghorns merupakan  jenis ayam yang berasal dari  Tuscany , Italy tengah . Burung yang pertama sekali diimpor ke Amerika Utara pada tahun 1853. Ayam White Leghorns juga merupakan salah satu strain komersial yang sangat populer dari ayam petelur di seluruh dunia. Ayam White Leghorns mempunyai telinga putih dan warna kaki kuning serta mata berwarna merah. Yang betina mempunyai pial dilipat ganda dan perut yang mendalam. Mata yang menonjol dan paruh yang pendek dan gemuk. Bentuk telinga didefinisikan dengan baik dan bentuk pial yang relatif panjang, halus dan tipis. Kaki panjang dan berbulu dengan 4 jari kaki pada kaki dengan kaki belakang panjang lurus dan mempunyai bulu pada tubuh yang lembut dan juga halus. Ayam White Leghorns juga salah satu ras yang digunakan untuk menciptakan sebuah persilangan hibrida moderen. Sebagai burung mereka sangat produktif dan bisa beradaptasi dengan semua kondisi. Ayam White Leghorns juga termasuk penghasil telur yang sangat baik yang berwarna putih, ayam white leghorns mampu menghasilkan telur sekitar 280 per tahunnya, dengan rasio konversi umpan-ke-telur unggul ( Ayam White Leghorn hanya perlu sekitar 125 gr makanan bergizi sehari-hari). Ayam White Leghorn tidak dianggap sebagai penghasil daging yang baik. Ayam White Leghorns merupakan jenis ayam petelur yang aktif dan efisien. Ayam jenis ini biasanya menghindari kontak dengan manusia dan lebih cenderung gelisah dan bertingkah. Ayam ini karena merupakan penghasil telur yang baik, ayam white leghorns lebih disukai oleh laboratorium untuk sebuah penelitian embriobiologi dan unggas serta ayam jenis ini menjadi nomor satu produksi dalam skala besar yang digunakan untuk telur komersial di negara Amerika Serikat.

2)      Tipe Ayam Petelur Medium.
Bobot tubuh tipe ayam ini cukup berat. Beratnya masih berada di antara bobot ayam petelur ringan dan ayam pedaging (broiler). Maka dari itu ayam ini disebut tipe ayam petelur medium. Bentuk tubuh ayam petelur ini tidak kurus dan juga tidak terlihat gemuk. Ayam jenis ini telurnya cukup banyak dan dapat menghasilkan daging yang banyak pula. Tipe Ayam ini disebut juga dengan ayam tipe dwiguna. itu dikarenakan warnanya yang cokelat, makanya ayam ini disebut ayam petelur cokelat yang umumnya memiliki warna bulu yang cokelat juga. Dipasaran orang mengatakan telur ayam yang berwarna cokelat lebih disukai dari pada telur ayam yang berwarna putih, jika dilihat dari warna kulitnya memang lebih menarik yang berwarna cokelat dari pada telur yang putih, tetapi dari segi gizi dan rasa relatif sama tidak ada perbedaan. Satu hal yang berbeda mungkin dari segi harganya dipasaran, harga telur yang berwarna cokelat lebih mahal dari pada telur yang berwarna putih. Hal ini disebabkan telur cokelat lebih berat dari pada telur warna putih dan produksi telur cokelat lebih sedikit dari pada telur putih. Selain dari itu daging dari ayam petelur medium ini lebih laku dijual sebagai ayam pedaging dengan rasa yang tergolong lebih enak. 
Inilah beberapa jenis ayam komersial hasil dari persilangan yang memiliki performa yang baik.

Di bawah ini ada Beberapa jenis ayam ras petelur yang sudah teruji kualitasnya pada saat ini dan.
  1. Dekalb Xl-Link: Warna bulu putih, jenis type ringan, produksi telur(hen house) 255-280, ransum 1,8-2,0 kg/dosin telur
  2. Babcock B-300 v: Warna bulu putih, jenis type ringan, produksi telur(hen house) 270, ransum 1,82 kg/dosin telur
  3. Hisex white: Warna bulu putih, jenis type ringan, produksi telur(hen house) 288, ransum 1,89 gr/dosin telur
  4. Hubbarb leghorn: Warna bulu putih, jenis type ringan, produksi telur(hen house)260, ransum 1,8-1,86 kg/dosin telur
  5. H & W nick: Warna bulu putih, jenis type ringan, produksi telur(hen house) 272, ransum 1,7-1,9 kg/dosin telur
  6. Shaver S 288: Warna bulu putih, jenis type ringan, produksi telur(hen house)280, ransum 1,7-1,9 kg/dosin telur
  7. Ross white: Warna bulu putih, jenis type ringan, produksi telur(hen house) 275, ransum 1,9 kg/dosin telur
  8. Hisex brown: Warna bulu cokelat, jenis type Dwiguna, produksi telur(hen house)272, ransum 1,98 kg/dosin telur
  9. Babcock B 380: Warna bulu cokelat, jenis type Dwiguna, produksi telur(hen house) 260-275, ransum 1,9 kg/dosin telur
  10. Ross Brown: Warna bulu cokelat, jenis type Dwiguna, produksi telur(hen house) 270, ransum 2,0 kg/dosin telur
  11. Hubbarb golden cornet: Warna bulu cokelat, jenis type Dwiguna, produksi telur(hen house) 260, ransum 1,24-1,3 kg/dosin telur
  12. Warren sex sal link: Warna bulu cokelat, jenis type Dwiguna, produksi telur(hen house) 280, ransum 2,04 kg/dosin telur
  13. Shaver star cross 579: Warna bulu cokelat, jenis type Dwiguna, produksi telur(hen house) 265, ransum 2,0-2,08 kg/dosin telur
Kelebihan dan Kekurangan Ayam Ras Petelur

1. Kelebihan Ayam Ras Petelur

Ayam petelur memiliki sifat-sifat unggul seperti berikut.
  1. Kemampuan berproduksi ayam ras petelur sangat tinggi yaitu antara 250 sampai 280 butir/tahun, dengan bobot telur antara 50-60 g/tahun.
  2. Laju pertumbuhan ayam petelur sangat pesat. Pada umur 4,5 hingga 5,0 bulan telah mencapai kedewasaan kelamin, dengan berat badan antara 1,6 sampai 1,7 kg. Pada waktu itu, sebagian pada kelompok ayam tersebut sudah berproduksi. 
  3. Periode ayam petelur lebih panjang, dapat berlangsung selama 13 sampai 14 bulan, atau hingga ayam berumur 19-20 bulan. Walaupun ayam ras ini hanya mengalami 1 periode bertelur , akan tetapi periode bertelurnya berlangsung cukup panjang dan produktif. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya periode mengeram pada ayam ras petelur tersebut.
  4. Kemampuan ayam ras petelur dalam memanfaatkan ransum sangat baik dan berkolerasi positif. Konversi terhadap penggunaan pakan cukup bagus, yaitu setiap 2,2-2,5 kg pakan dapat menghasilkan 1 kg telur. 
2. Kelemahan Ayam Ras Petelur
  1. Tuntutan hidup ayam ras petelur sangat tinggi, yaitu selalu menuntut pakan atau ransum dalam jumlah dan kualitas yang tinggi dan air minum yang cukup, dan ayam ras petelur ini menggantungkan diri sepenuhnya kepada peternak. Dengan demikian, ayam petelur tidak cocok bila diternakkan secara ekstensif.
  2. Ayam ras petelur sangat peka terhadap perubahan lingkungan. ayam ras petelur kemampuannya dalam beradaptasi dengan lingkungan lebih rendah dari pada ayam kampung dan juga Ayam ras petelur lebih mudah mengalami stress .
  3. Memiliki sifat kanibalisme yang lebih tinggi daripada jenis ayam kampung lainnya.
Catatan : Walaupun secara umum ayam ras ini mempunyai beberapa keunggulan atau kelebihan, akan tetapi bila kita membeli bibit ayam ras tersebut, tetap harus diteliti atau diperiksa terlebih dahulu.

Data ini kami olah dari beberapa sumber

Baca juga cara beternak ayam cemani, cara beternak ayam serama, cara beternak ayam pedaging, cara beternak ayam kampung super dan cara beternak ayam aduan.

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan ayam ras petelur dan Kekurangan Ayam Ras Petelur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel