Keunggulan dan kelebihan ayam aduan siam dan cara membedakan jenis kelamin pada ayam

PETERNAKAN

Peternakan Ayam Aduan

Peternakan Ayam Aduan- Ayam Siam merupakan nama panggilan untuk ayam jenis ini, ayam siam juga salah satu jenis ayam aduan yang cukup handal dalam pertarungan ayam, ayam siam memiliki mental baja dan pantang menyerah ini yang menjadi ciri khas dan karakter dari ayam aduan siam ini, selain dari itu pukulan ayam siam ini juga tergolong sangat kuat. Ayam siam saat ini sudah menyebar di hampir seluruh indonesia dan masyarakat biasanya menyebut ayam siam ini sebagai ayam kampung siam. ayam siam juga menjadi salah satu jenis ayam aduan yang cukup di minati oleh para penghoby ayam aduan sebab dalam bertarung ayam siam tidak bisa di anggap remeh.
Kalau kita berbicara mengenai kelebihan atau keunggulan ayam siam maka sangat banyak keunggulan yang dimiliki oleh ayam jenis ini bila di bandingkan dengan jenis ayam aduan lainnya seperti ayam aduan bangkok atau ayam aduan jenis lainnya, di mana ayam aduan jenis ini memiliki kaki yang sangat kuat dan juga stamina yang bagus selain itu ayam aduan ini tahan lama dalam bertarung , maka dari itu ayam aduan siam ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai ayam petarung atau ayam laga.
Ayam aduan siam ini juga menjadi salah satu ayam yang tidak dilindungi karena populasi dari ayam aduan siam ini sangat banyak dan sangat mudah dijumpai bahkan hampir di setiap sudut pelosok indonesia ada ayam jenis ini, untuk masalah harga biasanya harga ayam siam itu sendiri sangat bervariasi di setiap kota akantetapi rata –rata harga ayam aduan siam ini berkisar antara 150 ribu rupiah hingga 700 ribu rupiah , itu bisa kurang dan bisa saja lebih dari itu karena tergantung si penjual ayam tersebut, akan tetapi apabila ayam aduan siam tersebut telah terlatih dalam bertarung maka harganya bisa sangat tinggi hingga mencapai jutaan rupiah bahkan bisa puluhan juta rupiah, bagaimana apakah anda tertarik untuk memelihara dan beternak ayam aduan siam ini.?

Diantara jenis ayam aduan lainnya, Ayam siam merupakan salah satu ayam aduan yang paling banyak di pelihara di indonesia. Ayam aduan ini juga di tempah khusus dan untuk segi kualitas teknik dari ayam siam ini juga sangat menarik karena cenderung mempunyai banyak teknik bertarung yang variatif. Ciri-ciri utama dari ayam siam yaitu postur tubuhnya yang kekar dan tegak juga ayam siam memiliki tulang yang besar. Ayam siam juga mempunyai kaki yang cukup kuat dan memiliki stamina yang bagus dan ayam siam tahan lama dalam bertarung, oleh karena itu ayam siam sangat banyak penggemarnya.

CIRI-CIRI AYAM SIAM

Ciri-Ciri khusus Ayam Siam Beserta Kelebihannya
Ayam siam merupakan salah satu jenis ayam aduan yang cukup banyak dikembangbiakan di Indonesia. Ayam aduan ini (ayam siam) memiliki banyak variasi atau gaya dalam bertarung, dalam perawatannya ayam siam dilatih secara khusus untuk aduan.

Asal Usul Ayam Siam
Ayam aduan ini berasal dari hasil perkawinan silang antara jenis ayam bangkok dengan jenis ayam aduan lainnya, diantaranya yaitu dengan jenis ayam kampung, walaupun demikian kualitas dalam bertarung masih dapat mengimbangi dengan ayam bangkok asli maupun dengan ayam hasil perkawinan silang dengan ayam aduan jenis yang lain. Hal ini dapat kita lihat di dalam arena aduan, kualitas bertarung ayam siam sudah terbukti unggul serta sangat banyak kelebihan-kelebihannya. 

Keunggulan dan Kelebihan Ayam Siam
Seperti penjelasan diatas, ayam siam memiliki pukulan yang cukup keras, Ayam siam memiliki mental baja dan pantang menyerah ketika sedang bertarung, ayam siam ini pada saat bertarung meskipun dalam posisi terdesak ataupun terluka parah sekalipun, ayam siam ini akan terus berlaga pantang untuk lari. Ini merupakan salah satu kelebihan ayam siam dalam laganya. Selain dari itu ayam aduan ini juga mempunyai banyak variasi dalam gaya tarungnya dan kelebihan lainnya ayam siam yaitu selalu mampu mencari peluang untuk mengalahkan lawannya.

Berdasarkan fakta dilapangan, jenis ayam bangkok yang masih muda akan ketakutan jika berhadapan dengan ayam siam. Hal ini bisa dibuktikan jika dihadapkan antara ayam bangkok yang masih muda dengan ayam siam, maka bisa kita lihat ayam bangkok tersebut akan meronta-ronta ketakutan. Namun berbeda halnya bila ayam bangkok muda dihadapkan dengan ayam jenis-jenis ayam lainnya, ia tidak akan gentar.

Mungkin penyebab ayam bangkok muda sangat takut terhadap ayam siam kemungkinan besar karena masih tergolong sedarah. Akan tetapi hal ini tidak bisa dipastikan dengan benar, namun itulah fakta yang terjadi dilapangan.
Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai ciri khusus ayam siam beserta keunggulannya, data ini kami kutip dari beberapa sumber.

Cara Membedakan Anak Ayam Jantan dan Betina
Bagaimanakah cara membedakan jenis kelamin anak ayam??
Untuk membedakan antara anak ayam berjenis kelamin jantan atau betina untuk usia seminggu memang sedikit sulit, biasanya seseorang hanya melihat dari penampilan fisiknya, seperti dari bentuk muka ataupun jengger anak ayam tersebut, anak ayam siam yang berkelamin jantan akan terlihat dari tingkah lakunya yang lebih lincah jika dibandingkan dengan anak ayam siam betina, cara berdirinya tegak, dan terlihat gagah. Cara lain yang dapat dilakukan untuk menentukan jenis kelamin anak ayam siam yaitu dengan melihat mukanya. Untuk anak ayam siam yang jantan bentuk mukanya agak sedikit bulat, demikian juga jika lehernya tinggi, itu kemungkinan besar berkelamin jantan.

Cara lainnya untuk Membedakan jenis kelamin antara Anak Ayam Jantan dan Betina dengan memperhatikan jengger anak ayam, kaki atau bulu anak ayam siam tersebut. Tetapi ada juga yang melihat dari kloaka anak ayam untuk menentukan jenis kelaminnya, dengan metode kloaka ini anak ayam usia seharipun sudah bisa dipastikan jenis kelaminnya. Kloaka merupakan lubang posterior yang berfungsi sebagai satu-satunya lubang untuk saluran pencernaan, urin, dan (umumnya) genital pada spesies hewan tertentu. Semua jenis burung, reptilia, dan amfibi mempunyai kloaka yang dipakai untuk mengekskresikan baik urin maupun feses. Marsupialia dan monotremata juga mempunyai satu kloaka, walaupun marsupialia dan beberapa burung mempunyai saluran genital yang terpisah. Sebaliknya, sebagian spesies anggota mamalia berplasenta dan ikan bertulang keras tidak mempunyai kloaka melainkan suatu saluran khusus yang berfungsi seperti kloaka.

Apabila menggunakan cara seperti ini lebih tepat, tetapi lebih membutuhkan keterampilan khusus dan pengalaman. Sebaiknya setelah anak ayam siam menetas seleksi kelamin harus segera dilakukan, paling lambat 36 jam setelah anak ayam siam menetas. Pada saat ini anak ayam siam belum diberi makanan atau minuman hingga kloakanya belum mengeras dan ini akan memudahkan kita dalam seleksi dan juga bertujuan untuk mengurangi stres pada anak ayam siam tersebut. Dari kloaka dapat diketahui jenis kelaminnya. Anak ayam jantan Organ kelamin tampak kecil sekali, dan bentuknya menyerupai seperti kepala jarum. Ini bisa terlihat dalam penerangan yang cukup. Sedangkan pada anak ayam betina bentuk seperti itu sangat jarang sekali ditemukan.

Membedakan Jenis Kelamin Anak Ayam

Cara Membedakan antara Anak Ayam Jantan dan anak ayam Betina melalui kloaka :
  1. Anak ayam yang baru saja menetas dipegang dengan tangan kanan.
  2. Kemudian lehernya dijepit di antara jari tengah dan jari manis tangan kiri, Jangan dijepit terlalu keras 
  3. Selanjutnya perut bagian bawah diraba dengan ibu jari dan kelingking tangan kiri. Apabila terasa keras, anus anak ayam diletakkan pada wadah kotoran yang telah disediakan.
  4. Kemudian punggung anak ayam tersebut diketuk-ketuk secara perlahan dengan jari tengah tangan kiri hingga kotoran keluar dan jatuh ke penampung.
  5. Selanjutnya bagian bawah lubang anus ditekan dengan menggunakan ibu jari tangan mengarah ke atas.
  6. Kemudian telunjuk tangan kanan juga diletakkan pada anus.
  7. Ketiga jari  telunjuk kanan, ibu jari kanan, dan ibu jari kiri digerak-gerakkan secara bersama-sama sehingga anus terbuka dan kloaka bagian dalam menonjol keluar.
  8. Kemudian Kloaka tersebut diamati di bawah lampu dan dikenali jenis kelaminnya. Bila ada tonjolan sebesar kepala jarum, itu berarti anak ayam jantan.

Data ini kami rangkum dari beberapa sumber

Baca juga cara beternak ayam cemani, cara beternak ayam serama, cara beternak ayam kampung, cara beternak ayam arab, cara beternak ayam turky, cara beternak ayam petelur, cara beternak sapi bali, cara betenak ayam pedaging dan cara beternak ayam aduan,

Belum ada Komentar untuk "Keunggulan dan kelebihan ayam aduan siam dan cara membedakan jenis kelamin pada ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel