Macam-Macam Jenis Ayam Yang Baik Untuk Dikonsumsi

PETERNAKAN

Macam-Macam Jenis Ayam Konsumsi

Macam-Macam Jenis Ayam Konsumsi- Ayam adalah salah satu hewan unggas yang paling umum di seluruh dunia dan ayam sudah diternakkan dan dikonsumsi oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Hingga abad ke-19, ayam masih hanya dipelihara atau diternakkan di rumah tangga, dengan tujuan untuk menghasilkan daging serta untuk diambil telurnya. Kemudian pada akhir dari abad ke-19 dan awal abad ke-20, peternakan ayam rumahan menjadi cikal bakal peternakan ayam untuk tujuan komersial/bisnis, karena mengingat permintaan pasar yang terus meningkat. Sementara skala peternakan ayam yang besar sudah memunculkan banyak varian/jenis ayam untuk meningkatkan produksi ayam. Beberapa varian/jenis ayam baru yang sudah dikembangkan, beberapa di antaranya yaitu ayam Inggris, Amerika, Mediterania, Asiatic, Wyandotte, Rhode Island Red, Plymouth Rock, New Hampshire, Black Cochin, Leghorn, dan lain sebagainya
Manfaat makan daging ayam bagi kesehatan tubuh manusia jelas sangat banyak, karena daging ayam mengandung protein yang sangat tinggi, serta vitamin dan mineral. Mengkonsumsi daging ayam juga diyakini bisa membantu menurunkan berat badan, tekanan darah, mengontrol kadar kolesterol serta mengurangi resiko penyakit kanker. Yang akan kita bahas dibawah ini adalah macam-macam jenis ayam yang baik untuk dikonsumsi.
  1. Ayam Kampung (Ayam Bukan Ras – Buras)
  2. Jenis ayam ini sangat mudah untuk ditemui karena cukup banyak berkeliaran di lingkungan sekitar. Bahkan saat ini masih banyak kalangan rumah tangga yang memelihara/menternak jenis ayam ini dengan jumlah terbatas. Ada 2 jenis ayam kampung (ayam bukan ras - Buras) yang menjadi produk dipasaran. Yang pertama yaitu bibit ayam kampung yang diternakkan/dipelihara seperti ayam broiler/ayam pedaging dengan kandang dan cara pemeliharaan khusus. Ayam kampung (ayam ras - Buras) ini dipelihara sekitar 3 sampai 5 bulan, bobot ayam akan berkisar sekitar 500 hingga 700 gram. Yang Kedua yaitu ayam kampung yang tidak dipelihara atau diternakkan secara khusus. Ayam kampung (ayam bukan ras - Buras) dipelihara secara alami dan ia mencari makan sendiri di sekitaran lingkungannya. Jika jenis ayam ini diternakkan atau dipelihara lebih dari 6 bulan, berat badannya sekitar 600 sampai 700 gram, kalau lebih dari 6 bulan maka bobotnya akan bertambah lebih dari 1kg.
  3. Ayam Broiler/Ayam Pedaging
  4. Ayam broiler yaitu jenis ayam pedaging atau biasa disebut ayam potong yang paling banyak terdapat di pasaran. Jenis ayam pedaging (broiler) ini lebih mudah dalam pemeliharaannya. Jenis ayam pedaging ini diternakkan dan sudah bisa dipanen dalam waktu 30 hingga 45 hari tergantung pada bobot ayam yang diinginkan .Berat ayam antara 900 gram sampai 2,5 kg. Paling lama jenis ayam pedaging ini bisa dipanen dalam waktu lebihkurang 60 hari. Karena kalau lebih tidak dapat menambah bobot badan yang signifikan. Jenis ayam pedaging ini banyak dikomsumsi oleh berbagai usaha kuliner dan masakan rumah tangga.
  5. Ayam Petelur
  6. Jenis ayam ras ini biasanya banyak dijadikan sebagai penghasil telur. Akantetapi setelah berusia 12 sampai 18 bulan biasanya produktivitasnya akan menurun. Tidak banyak lagi telur yang dihasilkan ketika sudah memasuki umur lebih dari 12 bulan. Setelah ayam ini masuk pada umur tidak produktif biasanya jenis ayam ini akan disembelih untuk diambil dagingnya. Bentuk badan ayam Petelur ini di bagian perutnya besar dan penuh dengan lemak. Kulit dan kakinya berwarna kuning. Bobot badan ayam petelur biasanya besar-besar bisa mulai dari 2,5 kg - 5 kg. Jenis ayam ini biasanya sangat enak dikonsumsi.
  7. Ayam Pejantan
  8. Jenis ayam petelur dengan bibit khusus yg waktu ditetaskan hanya berjenis kelamin jantan saja. Karena alasan efisiensi, jenis ayam pejantan dipelihara atau diternakkan selama sektar 40 sampai 45 hari untuk mencapai bobot badan sekitar 600 – 800 gram. Setelah dipotong/disembelih dan bersih bulunya sekilas ayam pejantan ini agak mirip dengan ayam kampung. Rumah Makan biasanya sering menggunakan jenis ayam ini untuk masakannya. 
  9. Ayam Organik
  10. Bibit ayam organik ini yang dilahirkan dari induk yg diternakkan atau dipellihara secara organik, sama sekali tidak menggunakan bahan kimia selama pemeliharaannya. Bahan makanannya didapat dari bahan yg alami bukan bahan makanan yang mengandung bahan-bahan kimia atau obat-obatan. Selain dari itu ayam organik ini disembelih/dipotong dan dibersihkan dengan bahan yang bebas bahan kimia. Jenis ayam ini biasanya lebih mahal harganya jika dibandingkan dengan ayam jenis lainnya apalagi jika mempunyai sertifikat organik resmi. Ayam jenis ini sangat disukai oleh orang-orang yang mulai hidup sehat dan memperhatikan asupan makanannya termasuk asupan dengan bahan ayam.
  11. Ayam Probiotik dan Prebiotik
  12. Ayam Probiotik yaitu Jenis ayam broiler/ayam pedaging, yang diberi pakan mengandung probiotik yaitu pakan/makanan dari mikroorganisme yang bisa memperbaiki keseimbangan saluran cerna. Contohnya bahan pakan seperti Bifidobacterium, Lactobacillus dan Bacillus. Bisa juga bahan pangan yg terbuat dari jenis fungi, seperti Saccharomyces cerevisae dan Aspergllus oryzae. Jenis ayam (Ayam Probiotik dan Prebiotikini lebih baik dalam urusan pencernaannya dan dari beberapa sumber mengatakan, ayam probiotik mempunyai kadar kolesterol yang lebih rendah dari ayam boiler/ayam pedaging.  
    Ayam Prebiotik: Jenis ayam yang diberi makanan sumber karbohidrat kompleks, seperti frukto-oligosakarida, inulin, oligosakarida kedelai dan laktulosa, sebagai ‘makanan’ bagi mikroba baik dalam tubuh ayam. Prebiotik ini nantinya akan meningkatkan komposisi mikroba baik yang akan memperbaiki kinerja saluran cerna ayam tersebut. Kondisinya ayam akan semakin sehat pada pencernaannya.

Baca juga cara beternak ayam cemani, cara beternak ayam arab, cara beternak ayam kate, cara beternak kalkun, cara beternak ayam aduan birma, cara beternak ayam aduan filipina, cara beternak ayam aduan bangkok, cara beternak ayam aduan pakhoy, cara beternak ayam aduan brasil dan cara mengatasi penyakit ayam.

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Jenis Ayam Yang Baik Untuk Dikonsumsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel