perbedaan jenis ayam berdasarkan keperluan pemeliharaanya

PETERNAKAN

Jenis-jenis ayam peliharaan

Jenis-jenis ayam peliharaan- Ayam peliharaan (Gallus gallus domesticus) merupakan unggas yang biasa dipelihara atau diternakkan orang untuk dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup pemeliharanya. Ayam peliharaan juga merupakan keturunan langsung dari subspesies ayam hutan yg dikenal sebagai ayam hutan merah atau ayam bangkiwa (bankiva fowl).
Dari hasil kawin silang antarras ayam telah menghasilkan ratusan galur murni atau galur unggul dengan bermacam-macam fungsi; yang paling umum yaitu ayam potong (untuk disembelih) dan ayam petelur (untuk diambil telurnya). Jenis Ayam biasa juga dapat dikawin silangkan dengan kerabat dekatnya seperti : ayam hutan hijau, yang nantinya akan menghasilkan hibrida mandul yg jantannya lebih dikenal sebagai ayam bekisar.
Masyarakat indonesia lebih mengenal dengan istilah ayam ras dan ayam bukan ras (buras, atau kampung). Pengertian "ayam ras" menurut istilah itu yg dimaksud sebenarnya yaitu ras yang dikembangkan untuk usaha komersial masal, seperti jenis Leghorn (lehor). Ke dalam kelompok ayam buras terdapat juga ras lokal ayam yang khas tapi tidak dikembangkan untuk usaha komersial massal.

Perbedaan ayam ras pedaging dan ayam ras petelur
Ayam juga merupakan salah satu hewan yang tergolong dalam pembagian hewan unggas. Seperti hewan unggas lainnya, hewan yang satu ini bukanlah hewan yang bisa terbang jauh. Ayam mempunyai sayap seperti burung, tetapi sayap yang dimiliki ayam tidak mampu membuat dirinya terbang jauh seperti halnya burung. Jika kita lihat dari jenis perawatan hewan, ayam termasuk salah satu hewan yang cukup mudah untuk dipelihara. Jika ayam tersebut mempunyai sumber makanan yg cukup, hal itu akan membuat ayam akan mudah dan dapat dipelihara dalam waktu lama.

Jika dilihat dari fungsinya, Ayam mempunyai beraneka ragam fungsi yaitu ayam petelur(layer) dan ayam pedaging(Broiler). Ayam petelur yaitu ayam yang dimanfaatkan telurnya sedangkan ayam pedaging yaitu ayam yang berguna untuk dimanfaatkan dagingnya. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan dijelaskan perbedaan ayam ayam petelur dan ayam pedaging:
  1. Ayam ras petelur
  2. Ayam ras ini adalah hasil rekayasa penyilangan pengembangan dari ayam betina. Ayam petelur ini pun diciptakan hanya untuk bertelur. Ayam petelur biasa disebut dengan nama ayam layer. Ayam jenis ini hampir tiap hari dapat bertelur. Sama dengan ayam pedaging/broiler, ayam petelur pun harus mempunyai perlakuan khusus, diantaranya seperti menjaga makannnya dan menjaga perawataannya. Pakan atau makanan yang diberikan pun harus pakan yang dapat membuat ayam selalu bertelur.
  3. Ayam ras pedaging (Broiler)
  4. Ayam pedaging atau disebut juga broiler merupakan jenis ayam yg diciptakan khusus dengan sistem penyilangan bibit-bibit ayam terbaik. Ayam pedaging atau broiler berwarna putih. Ayam pedaging dapat tumbuh dengan cepat, rata-rata pertumbuhan siap panen ayam broiler/ayam pedaging yaitu 21 hari sampai 35 hari dengan rata-rata bobot badan dari berat 1 kg sampai 1,8 kg. Untuk memelihara ayam broiler/ayam pedaging pun membutuhkan perlakuan khusus, diantaranya yaitu dengan memperhatikan ukuran kandang, pemilihan pakan/makanan yang tepat dan kegiatan vaksianasi yang tepat. Ayam broiler atau ayam pedaging memerlukan pakan atau makanan yang mempunyai sumber vitamin dan protein yang tinggi. Tujuannya untuk mencapai target pertumbuhan ayam yang cepat. Bagi para peternak pun tidak perlu resah karena dari pihak pabrik yang menyediakan bibit ayam ini pun menyediakan makanan ataupakan yang baik untuk ayam tersebut.

===========================================================
Jenis-jenis ayam peliharaan

Perbedaan ayam ras dan ayam bukan ras
Jika kita berbicara tentang ayam, kita akan berbicara mengenai perbedaan antara beberapa jenis ayam. Seperti kita ketahui, ayam terdiri dari banyak jenis. Akantetapi kalau kita bandingkan menurut golongannya secara umum, ayam memiliki dua jenis, yang pertama yaitu ayam ras dan yang kedua ayam bukan ras. Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan menjelaskan mengenai perbedaan antara ayam ras dan ayam bukan ras. 

Pada zaman modern seperti saat sekarang ini, begitu banyak penelitiian dan pengembangan di lakukan di berbagai aspek oleh pemerintah dan pihak swasta. Mereka berlomba-lomba menciptakan berbagai terobosan baru dan inovasi baru untuk menciptakan segala sesuatu yang praktis dan mudah dilakukan. Begitupan dengan bidang peternakan. Hampir seluruh dinas peternakan di berbagai negara menciptakan inovasi atau melakukan pengembangan terhadap hewan ternak. Mereka berlomba lomba membuat bagaimana hewan ternak agar dapat menghasilkan kualitas yang bagus, bergizi, cepat panen dan mudah diternakan. Salah satu hewan yang menjadi bahan pengembangan yaitu ayam. Ayam pun dilakukan pengembangan sehingga menjadi 2 bagian, yaitu ayam ras dan ayam bukan ras. 

Dibawah ini adalah penjelasan mengenai ayam ras dan ayam bukan ras:
  1. Ayam Ras
  2. Ayam ras adalah ayam hasil budidaya teknologi. Ayam ras bertipikal pertumbuhan yang cepat, daging lebih banyak, makanan/pakan irit dan umur panen ayampun lebih cepat yaitu sekitar 21 hari sampai 35 hari. Ayam ras didapat dari hasil penyilangan dari beberapa ayam  unggul dari berbagai daerah. Pada dasarnya, ayam ras dapat di bagi menjadi 2 bagian, yaitu ayam ras petelur dan ayam ras pedaging. dari gambar diatas dapat kita lihat, gambar ayam yang pertama yaitu ayam yang berwarna putih itu merupakan ayam ras jenis pedaging, pada ayam jenis ini yang dimanfaatkan yaitu dagingnya. Kemudian pada gambar ayam yang kedua yang berwarna cokelat, itu merupakan ayam ras jenis petelur, sesuai dengan namanya ayam jenis ini hanya diciptakan untuk diambil telurnya.
  3. Ayam bukan Ras
  4. Ayam bukan ras adalah ayam asli tanpa melakukan pengembangan. Ayam jenis ini biasanya disebut juga dengan ayam kampung. Ayam jenis ini biasanya para peternak bisa memanfaatkannya dari berbagai aspek ayam, dapat dimanfaatkan dagingnya, dan juga telurnya. Ayam jenis ini dapat dipanen ketika sudah berumur 3 bulan hingga 6 bulan. perawatan ayam bukan ras bisa dibilang mudah. Hal ini dikarenakan ayam jenis ini dapat dipelihara secara sampingan. Ayam bukan ras bisa dipelihara lepas disekitar lingkungan rumah. Ayam bukan ras memiliki kandungan protein yang sangat tinggi apabila dibandingkan dengan ayam ras.
Demikianlah beberapa perbedaan ayam ras pedaging dan ayam ras petelur, serta perbedaan ayam ras dan ayam bukan ras yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua.



Data ini diolah dari berbagai sumber

Baca juga cara beternak ayam pedaging, cara beternak ayam serama, cara beternak ayam kampung, cara beternak ayam kate, cara beternak ayam petelur, cara beternak ayam arab, cara beternak ayam mutiara, cara beternak ayam hutan, cara beternak ayam cemani dan cara beternak ayam aduan bangkok, cara beternak ayam aduan brasil dan cara beternak ayam aduan birma.

Belum ada Komentar untuk "perbedaan jenis ayam berdasarkan keperluan pemeliharaanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel