Peternakan ayam Plymount Rock asal luar negri dan jenis-jenis ayam Plymount Rock

PETERNAKAN

peternakan Ayam Plymouth Rock

Peternakan Ayam Hias - Ayam Plymouth Rock disebut juga ayam rock atau ayam bareed rock. Ayam ini mempunyai warna bulu bercorak hitam-putih seperti terlihat pada gambar di atas. Jenis ayam ini berasal dari Amerika dan biasanya diternakkan untuk diambil daging dan telurnya.

Dengan seiring perkembangan zaman, saat ini semakin banyak orang yang melakukan penyilangan untuk menghasilkan atau untuk mendapatkan jenis ayam baru. Pada saat ini varietas ayam plymouth rock terdiri dari Barred Plymouth Rock, Blue Plymouth Rock, Buff dan White Rock.

Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa ayam Playmout Rock juga dikembangkan di negara Inggris. Ayam Playmout Rock diternakkan untuk diambil daging dan telurnya. Di Negara Amerika ayam Plymouth Rock cukup populer karena produksi daging dan telur yang sangat baik. Dan semenjak itu banyak sekali dilakukan persilangan-persilangan sehingga semakin banyak pula varietas ayam Playmouth Rock yang dihasilkan.

Selain itu Ayam Plymouth Rock atau Barred Plymouth Rock juga merupakan salah satu keturunan bagi pengembangan ayam broiler pada tahun 1920-an. Ayam Plymouth Rock terkenal akan pertumbuhannya yang sangat cepat sehingga sangat cocok dikembangkan sebagai ayam pedaging/potong.

Ciri-Ciri Ayam Plymouth Rock yaitu seperti dibawah ini :
  1. Ayam Plymouth Rock memiliki Jengger dan pial berwarna merah.
  2. Cuping telinga berwarna merah.
  3. Iris mata berwarna merah
  4. Paruh berwarna kuning cerah
  5. Bentuk jengger tunggal dengan lima gerigi dan tegak
  6. Badan besar dan panjang dengan bentuk agak bulat
  7. Ayam Plymouth Rock termasuk hewan yang mudah beradaptasi
  8. Kulitnya berwarna kuning
  9. Kakinya berwarna kuning.
  10. Berat badan ayam jantan 3,5 – 4,4 kg dan betina 2,75 – 3,5 kg
  11. Telur berwarna coklat.
  12. Dapat menghasilkan 170-200 telur per tahun
  13. disembarang tempat, asalkan ketersediaan makanan melimpah.
Karakteristik Ayam Plymouth Rock
Ayam plymouth rock memiliki perawakan tubuh yang besar, terutama jenis Ayam Plymouth Rock yang dikembangkan sebagai penghasil daging. Kulit dan kakinya berwarna kekuningan, serta dadanya dalam sebagai tanda bahwa mempunyai hasil produksi daging yang cukup baik. Muka Ayam Plymouth Rock berwarna dengan cuping telinga berwarna merah,  jengger yang berwarna cerah dan paruh berwarna kuning cerah.

Warna Ayam Plymouth Rock
Ada 8 jenis warna ayam Plymouth rock yang sudah dikenal di sebagian negara, namun di Australia, terdapat dua jenis warna Ayam Plymouth Rock, yaitu Light Barred dan Dark Barred. Perbedaan antara warna-warna ini sangat jelas, dengan perbandingan warna putih dan abu-abu yg lebih luas pada Light Barred daripada pada Dark Barred.
Kemudian daftar warna yang benar untuk sebagian besar dunia (Yaitu Amerika, Kanada dan Inggris,), adalah sebagai berikut : Buff, Partridge, Silver Penciled, Barred, White, Columbian, Black dan Blue,.
Di negara Australia terdapat beberapa kelas ayam Plymouth rock. Kelas ini agak sedikit berbeda dengan kelas Amerika, karena di Australia memiliki standarisasi yang berbeda dengan dengan di Amerika, yaitu White, Buff, Partridge, Light Barred, Dark Barred, Silver Penciled, Columbian, Black dan Blue,.

Telur Ayam Plymouth Rock
Telur Ayam Plymouth rock memiliki bentuk yang khas, dengan mempunyai warna cokelat agak kemerah mudaan. Jumlah telur yang dihasilkan oleh ayam Ayam Plymouth Rock pertahun tergantung dari masing – masing strain ayam tersebut.
=============================================================

Peternakan Ayam Plymouth Rock 

Perbandingan Ayam Plymouth Rock ( Amerika ) Dengan Kelas Yang Lainnya
Ayam kelas Amerika dikembangbiakkan untuk tujuan dwiguna, yaitu untuk memproduksi daging dan telur. Tanda – tanda umum ayam Amerika yaitu warna kulitnya terang, cuping telinga merah, kerabang telur coklat kecuali kerabang telur ayam Lamona berwarna putih, shank berwarna kuning, dan tidak berbulu. Breed ayam Amerika yang sangat terkenal yaitu Plymouth Rock, Rhode Island White, Wyandotte, Rhode Isaland Red, New Hampshire, White Amercan. Ayam Plymouth rock dan New Hampshire dikembangbiakkan sebagai ayam pedaging karena produksi dagingnya cepat, warna kulit kuning, dan bulu terang.

 Perbandingan beberapa kelas ayam :
1
Kelas Mediteran
Bentuk badan langsing, cuping telinga putih, produksi telur tinggi, tidak mengeram, cepat mencapai dewasa kelamin, kerabang telur putih, kaki tidak berbulu, dan single comb.Ayam Andalusin, ayam Leghorn, ayam Minorca, ayam Ancona, dan ayam Butter Cup.
2
Kelas Asia
Bentuk badan besar, memiliki sifat mengeram, cakar berbulu, tulang besar dan kuat, cuping telinga merah, dan kerabang telur coklat.Ayam Brahma, ayam langshan, dan ayam Cochin.
3
Kelas Inggris
Termasuk ayam dwiguna dengan mempunyai bentuk badan besar dan bentuk daging baik, cuping telinga merah, kulit berwarna putih, kerabang telur coklat, dan mempunyai sifat mengeram.Ayam Orpington, ayam Cornish, ayam Australop dan ayam Dorking.
4
Kelas Polandia
Merupakan jenis ayam hias yang mempunyai mahkota ( crest ) dan janggot Ayam Polandia
5
Kelas Perancis
Dipelihara sebagai ayam hiasBreed Houdan, breed Creve, breed Fave Rolles, dan breed La Fleche.
6
Kelas Kontinental
Ayam Campine : Bulu leher putih, warna bulu lurik, kerabang telur putih.
Ayam Lakenvelder : warna putih perak, dengan warna leher dan ekor coklat -  hitam.
Ayam Lakenvelder dan Ayam Campine.
7
Kelas Hamburg
Bentuk tubuh kecil, dan lebih dikenal sebagai ayam hias, telur berwarna putih, warna bulu silver atau hitam – putih, jengger pea.Ayam Hamburgh

Contoh Jenis Ayam Plymouh Rock

Dibawah ini merupakan beberapa contoh kelas ayam Plymouth Rock :
Light Barred
Kelas ayam ini memiliki karakteristik bulu yang hampir sama dengan kelas Dark Barred, hanya saja warnanya jauh lebih cerah dan tampak bercahaya jika dibandingkan dengan kelas Dark Barred.

Dark Bareed
Kelas ayam ini memiliki karakteristik bulu perpaduan antara warna putih dan warna abu abu. Yang mana warna dasarnya yaitu putih, kemudian berisi bintik – bintik warna abu – abu. jika kita lihat dari ukuran tubuhnya, ayam jenis ini termasuk dalam jenis ayam penghasil daging yang sangat baik

Partridge Plymouth Rock
Pejantan dan betina dari ayam jenis ini memiliki kenampakan warna yang sedikit berbeda. Yang mana ayam jantan memiliki warna yang cerah kemerah – merahan sedangkan ayam betina memiliki warna yang gelap kekuning – kuningan. Bila dilihat dari karakter tubuhnya, kelas ayam ini termasuk jenis ayam penghasil telur yang sangat baik.

Black Plymouth Rock
Sesuai dengan namanya, ayam Plymouth Rock jenis pedaging ini memiliki warna bulu yang hitam, wajah yang berwarna merah cerah dan kaki kuning.

White Plymouth Rock
Hampir keseluruhan tubuh dari ayam kelas ini ditutupi oleh bulu yang berwarna putih bersih.


Data peternakan Ayam ini kami olah dari berbagai sumber.


Baca juga cara beternak ayam pedaging, cara beternak ayam arab, cara beternak ayam hutan, cara beternak ayam buras atau ayam kampung, cara beternak ayam serama, cara beternak ayam petelur, cara beternak ayam kate, cara beternak ayam cemani, dan cara beternak ayam aduan.

Belum ada Komentar untuk "Peternakan ayam Plymount Rock asal luar negri dan jenis-jenis ayam Plymount Rock"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel