ayam aduan jalak harupat

PETERNAKAN AYAM ADUAN

jenis ayam aduan terbaik

Ayam Jalak Harupat - Selain ayam Olagan dan ayam Ciparage, ayam Jalak Harupat juga merupakan ayam aduan lokal yang tidak kalah hebatnya dengan memiliki pukulan yang tak kalah dengan ayam aduan asal luar negri. Sesuai dengan namanya ayam jenis ini berkembang di Jawa Barat seperti di Bandung, Ciamis, Tasikmalaya dan Garut.
Saat ini belum banyak informasi mengenai ayam Jalak Harupat, Tetapi menurut dari beberapa sumber yang di dapat jalak harupat melambangkan ke gagahan ke beranian, nama tersebut (jalak harupat) terpilih saat pemkab bandung melakukan sayembara dalam penamaan stadion tersebut, lalu ayam yang seperti apa si jalak harupat ini??
menurut dari beberapa info si jalak harupat merupakan salahsatu ayam yang berasal dari tanah pasundan yang dikenal karena kehebatan nya yang tidak pernah lari dari arena aduan meskipun keadaannya tidak memungkinkan untuk bertahan,sebagian sumber lainnya mengatakan bulu ayam si jalak harupat berwarna kuning ke coklatan dengan ekor hitam kalau langsung di simpulkan ini mungkin bukan jenis bulu ayam jalak harupat warna di atas lebih pantas atau cocok ke jalak emas, Ada beberapa pertanyaan muncul sejak kapan si jalak harupat ini mulai dikenal masyarakat luas? si jalak harupat yaitu nama ayam atau jenis bulu ayam? semuanya belum ada jawaban yang pasti karena tidak sedikit orang memberi nama ayam nya si jalak meskipun bulu ayamnya berwarna merah atau brumbun, sedikit kesimpulan mungkin baru tidak akan ada legenda tanpa cerita , Kalau si jalak harupat ini disebutkan oleh beberapa botoh sebagai ayam yang gagah berani begitu katanya meski belum bisa memberikan asal usul yang lebih terperinci dan jelas,,, minimal mendapat sedikit gambaran kita pernah memiliki atau memelihara ayam yang melegenda,,,,
Ciri-Ciri Umum Ayam Jalak Harupat Yaitu :
  1. Warna bulu dominan hitam kebiruan dengan variasi warna kuning kehijauan.
  2. Bentuk tubuh sedang sama dengan ayam kampung
  3. Jengger dan pial kecil berwarna merah
  4. Leher pendek
  5. Produksi telur serta bobot setelah dewasa tidak jauh berbeda dengan ayam buras atau ayam kampung. 
  6. Paruh dan Kaki berwarna kuning kehitaman
Mohon maaf jika penjelasan diatas banyak salahnya, Data ini diolah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "ayam aduan jalak harupat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel