cara pemilihan babon atau indukan ayam aduan yang berkualitas

PETERNAKAN AYAM ADUAN

ciri-ciri babon yang berkualitas bagus

Tips dalam memilih indukan ayam betina

Dalam perindukan ayam aduan, dikenal 2 jenis induk istimewa yaitu induk unggul dan induk cetak. induk unggul yaitu induk pilihan, memiliki silsilah perindukan yang baik, bentuk badan ideal (seperti botol), menunjukkan teknik bertarung yang baik dan struktur tulang yang bagus. Induk ini juga harus mempunyai sifat dominan pada keturunan, sehingga nantinya anak yang dihasikan cenderung akan mewarisi kelebihan dari induknya. bahkan jika nanti ayam tersebut dikawinkan dengan pejantan yang kurang bagus pun, anak-anak yang dihasilkan akan ikut induk dan bahkan lebih bagus dari bapaknya. induk ayam aduan unggul biasanya berasal dari galur murni.

Bagi para penghobi breeding ayam aduan, memahami cara memilih indukan ayam aduan yang baik merupakan suatu keharusan. seekor induk betina mungkin bisa diibaratkan sebagai mesin utama dalam sebuah peternakan ayam aduan, dan khusus untuk urusan breeding, sering berperan lebih ‘penting’ dari pada pejantan. memilih induk ayam betina yang baik tidak lah mudah, mungkin lebih sulit dari pada memilih pejantan yang berkualitas. seekor pejantan bisa kita pilih dengan melihat teknik bertarungnya dalam menghadapi berbagai tipe lawan, namun memilih seekor induk betina yang baik tidak cukup demikian.

Induk cetak merupakan induk yang memiliki kecenderungan resesif dalam keturunan. anak-anak yang dihasilkan akan cenderung mirip dengan bapaknya. seekor induk cetak yang baik, akan menghasilkan anak-anak yang jelek ketika pejantannya jelek. begitu juga sebaliknya akan menghasilkan anak-anak bagus ketika pejantannya bagus. apabila induk cetak dikawinkan dengan pejantan yang tidak bagus dan anaknya bagus, maka ia gagal dalam kriteria induk cetak dan harganya turun.

Induk cetak bisa cetak teknik, cetak fisik atau cetak semuanya. untuk uji cetak fisik, yaitu dengan cara mengawinkan berbeda bulu ataupun bentuk jengger yang berbeda. seekor induk cetak berwarna hitam harus menghasilkan anak -anak berwarna putih ketika pejantannya berwarna putih. Bila kita kawinkan dengan ayam katai, maka anaknya pun harus berukuran kecil. kemudian untuk uji cetak teknik, harus dikawinkan dengan pejantan yang berteknik jelek, lalu dengan pejantan berteknik bagus. seekor induk betina yang cetak sempurna, harganya bisa sangat mahal dan tidak realistis. induk cetak bisa berasal dari galur murni maupun campuran atau turunan yang sudah jauh.

PENSELEKSIAN INDUK BETINA AYAM ADUAN

Memilih Induk Betina Sebelum Beternak

Memilih indukan betina sebagai penerus keturunan di kandang Ayam aduan memang agak susah-susah gampang. Mengapa demikian? Bagi para penghobi Ayam Aduan, tentu ingin mempunyai ayam aduan yang sanggup menggebrak di arena pertarungan, baik itu secara fisik mental maupun secara tekhniknya. Tetapi untuk bisa mendapatkan ayam aduan yang berkualitas terbaik tentunya itu tidak luput dari seekor indukan dan pejantan yang unggul dari segi teknik bertarung, dalam segi fisik dan pukulan. kenapa demikian? karena seekor indukan ayam aduan yang berkualitas serta pejantannya tentu nantinya akan menghasilkan keturunan yang bagus juga, maka dari itu kita harus jeli dan juga paham dalam memilih ayam babon yang juga berkualitas.
Memilih indukan ayam aduan yang memenuhi kriteria memang tidak mudah bahkan cenderung sulit, ayam aduan lebih mudah dikenali dengan ciri-ciri fisik dan gaya bertarung atau teknik dalam menghadapi berbagai macam lawan ketika di adu. Berikut cara memilih ayam indukan yang baik dan juga berkualitas super?? Dalam dunia ayam aduan  dikenal  2 tipe indukan yaitu:
  1. Babon (indukan) cetak merupakan indukan yang cenderung resesif dalam menghasilkan keturunan. Anak-anak yang di hasilkan akan cenderung sama atau mirip seperti dengan pejantannya. Seekor walau pun indukan cetak yang berkualitas bagus, akan menghasilkan anak-anak yang kurang bagus ketika pejantannya jelek. Begitu juga sebaliknya ketika menghasilkan anak-anak yang bagus jika pejantannya berkualitas bagus. Apabila indukan cetak dikawinkan dengan pejantan yang kurang bagus atau jelek dan anak-anaknya bagus, maka ia gugur dalam kriteria indukan cetak dan menjadi tidak jelas, maka alternatif selanjutnya yaitu kita harus menggantinya. Indukan cetak bisa mencetak teknik, fisik atau cetak semuanya. Cara mengujinya yaitu dengan mengawinkan berbeda bulu ataupun dikawinkan dengan bentuk jengger yang beda. Apabila bulunya berwarna hitam maka nantinya akan menghasilkan anak-anak yang berbulu hitam, begitu juga dengan bentuk jengger, tulangan, badan dan segala hal tergantung pada pejantannya. 
  2. Indukan Unggul yaitu indukan pilihan, memiliki sifat dominan terhadap keturunan sehingga anaknya akan mewarisi kelebihan yg dimiliki oleh induknya, mempunyai silsilah keturunan yang berkualitas bagus dan kondisi fisik yang bagus seperti bentuk badan yang bagus, tulangan dan gaya bertarung yang baik. ketika kita kawinkan dengan pejantan yg kurang bagus pun, anak-anak yang dihasilkan nantinya akan cenderung ikut induk dan bahkan akan lebih bagus dari pejantannya. indukan unggul biasanya berasal dari jalur murni.
Meskipun hal ini terlihat sangat mudah tapi dalam kenyataanya cukup sulit dalam menentukan seekor indukan termasuk dalam indukan cetak maupun indukan unggul karena di butuhkan pembuktian paling tidak 2 sampai 3 kali bertelur. dalam beternak ayam aduan sebaiknya terdapat lebih dari satu indukan misal 3 sampai 5 sehingga didapatkan indukan yang bisa dipastikan penghasil keturunan yang berkualitas bagus.

Data ini kami rangkum dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "cara pemilihan babon atau indukan ayam aduan yang berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel