Katuranggan Jenis Ayam Aduan Bangkok dari Warna Bulunya

PETERNAKAN AYAM ADUAN

Jenis-Jenis Ayam Aduan

Jenis-Jenis Ayam Aduan - Dalam penamaan katuranggan ayam aduan, warna bulu dianggap dapat mempengaruhi bagaimana suatu jenis ayam aduan ketika menjalani pertarungan di arena laga. Pemahaman ini sangat diyakini oleh banyak botoh ayam. Salah satu hal yang membuat pemahaman katuranggan ayam dipercaya yaitu karena warna bulu ayam dapat mempengaruhi mental ayam lawan pada saat bertarung. Apa saja jenis-jenis ayam  aduan bangkok berdasarkan warna bulunya??  Bagaimana keistimewaan dari jenis ayam bangkok yang berbulu taduang atau hitam, wiring kuning, bangkeh, dan warna-warna bulu ayam lainnya? dibawah ini penjelasan lengkapnya!

Katuranggan Jenis Ayam Aduan Bangkok dari Warna Bulu
Pada dasarnya warna bulu ayam aduan bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan berkelas atau tidaknya suatu ayam aduan. Namun, bulu dengan warna yang cantik dan indah sering kali menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Bulu ayam aduan sering kali menjadi standar kualitas dan nilai harga ayam aduan tersebut. Berikut ini merupakan beberapa jenis ayam aduan bangkok berdasarkan warna bulu dalam ilmu katuranggan.

1. Ayam Hitam atau Ayam Taduang
Ayam ini memiliki karakteristik bulu dan rawis serta mata, paruh, dan kakinya berwarna hitam. Ayam taduang atau Ayam hitam dipercaya mempunyai tuah. Kehebatan dalam bertarung pada ayam hitam dapat muncul tanpa diduga-duga. Namun tidak semua ayam hitam atau ayam taduang memiliki sifat yang demikian.

2. Ayam Wiring
Ayam wiring merupakan jenis ayam aduan bangkok dengan warna bulu hitam dengan warna rawis kuning kemerahan pada bagian leher dan ekor. Ayam wiring dapat kita bedakan menjadi 2 jenis yaitu yang pertama ayam wiring kuning dan yang kedua ayam wiring galih. Ayam wiring kuning yaitu ayam wiring dengan warna dominan rawis kuning keemasan dan memiliki paruh dan kaki yang juga berwarna kuning. Sedangkan Ayam wiring galih yaitu ayam dengan rawis yang warnanya lebih cenderung merah-merah tua kecoklatan. Perlu untuk diketahui bahwa ayam wiring adalah ayam kelas satu dalam katuranggan ayam aduan bangkok. maka dari itu, sering kali kita jumpai ayam aduan ini dengan bulu wiring dijual dengan harga yang cukup tinggi.

3. Ayam Kanso Atau Ayam Kelabu
Ayam Kanso atau ayam kelabu. Jenis ayam aduan bangkok ini mempunya bulu dengan warna dasar abu-abu. Ayam aduan ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu yang pertama ayam kanso monyet dan yang kedua ayam kanso api. Ayam kanso monyet yaitu ayam aduan dengan rawis abu-abu kehitaman, sedangkan ayam kanso api yaitu ayam kanso dengan warna rawis kuning kemerah-merahan.

4. Ayam Kinantan Atau Ayam Putih
Jenis ayam aduan bangkok ini mempunyai bulu dengan warna utama putih. Warna putih tersebut bahkan menjadi warna mata, paruh, hingga sisik kakinya. Ayam kinantan dipercaya mempunyai tuah yang tanpa ampun. Jika sedang hoki, pemiliknya bisa mendapat ayam kinantan yg benar-benar hebat di dalam arena. 

5. Ayam Bangkeh
Ayam aduan bangkeh merupakan jenis ayam bangkok yang memiliki warna bulu kuning kemerah-merahan baik pada rawis maupun pada bulu utamanya. Di dalam ilmu katuranggan, jenis ayam bangkeh ini dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu yang pertama ayam bangkeh api dan yang kedua ayam bangkeh emas. Ayam bangkeh api yaitu ayam bangkeh dengan warna bulu kuning gelap kemerah-merahan, ayam bangkeh emas yaitu ayam bangkeh dengan warna bulu kuning keemasan.

6. Ayam Kuriak atau Ayam Jali
Ayam kuriak merupakan jenis ayam aduan bangkok dengan warna bulu campuran yang artinya bulu ayam kuriak atau ayam jali ini bisa merupakan perpaduan dari berbagai warna, misalnya warna putih, hitam, atau warna-warna lainnya. dalam dunia ayam aduan, ayam jenis kuriak sangat jarang ditemui. karena kelangkaannya, ayam kuriak atau ayam jali ini juga sering dijual dengan harga yang sangat mahal.


Itulah sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis ayam aduan bangkok berdasarkan warna bulunya dalam ilmu katuranggan.

Belum ada Komentar untuk "Katuranggan Jenis Ayam Aduan Bangkok dari Warna Bulunya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel