Trik Memilih Dan Melatih Ayam Aduan

PETERNAKAN AYAM ADUAN

Trik Memilih Dan Melatih Ayam Petarung

Trik Memilih Dan Melatih Ayam Aduan - Dalam memilih seekor ayam aduan untuk dijadikan sebagai ayam petarung, bagi para penghobi ayam aduan memiliki pedoman masing-masing dan juga dengan cara yang berbeda-beda pula dan dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa trik atau cara dalam memilih Ayam Aduan dengan Melihat Sayapnya yang mungkin bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk memilih ayam aduan yang berkualitas bagus yang nantinya ketika diadu bisa berpeluang sebagai ayam petarung yang baik. kemudian ayam aduan yang berkualitas bagus dapat kita ketahui dengan memegangnya atau pun dengan melihat dari badan, kaki, leher, mata, paruh jengger dan warna bulunya. Sedangkan jika kita ingin memprediksi kemampuan ayam aduan dalam bertarung bisa kita lihat dari warna bulu sayap dari ayam aduan itu sendiri. Sedangkan jika kita ingin melihat bagian sayap ayam aduan untuk memprediksinya, kita bisa melihat bagian sayap kecil yg letaknya diatas bulu sayap.
BENTUK SAYAP AYAM ADUAN TERBAIK
GAMBAR SAYAP AYAM ADUAN TERBAIK

Gambar diatas merupakan Trik atau Cara Membaca Ayam Aduan dengan Melihat bulu sayapnya yang bisa dilakukan dengan sangat mudah bagi para pecinta ayam aduan khususnya bagi pemula. Pada gambar yang tertera diatas seperti yang kita lihat terdapat kode dengan nomor 1 sampai 3 yang memiliki arti yang berbeda-beda pula dan semua ayam aduan akan mempunyai sayap kecil yang berbeda-beda. Namun yang membedakan sayap tersebut yaitu panjang pendeknya bulu sayap tersebut, bisa juga sayap nomor 2 akan memiliki ukuran lebih panjang ataupun bisa juga sayap nomor 3 memiliki bulu yang lebih panjang itu tergantung dari kelebihan ayam aduan itu sendiri. 
Untuk lebih jelasnya bisa kita baca bersama pada keterangan seperti berikut ini:
  1. Pada sayap ayam aduan yang berkode nomor 1 memiliki arti yang bahwa ayam aduan itu mempunyai tipical dan gaya bertarung lebih bagus pada awal-awal pertarungan.
  2. Pada sayap ayam aduan yang berkode nomor 2 memiliki arti bahwa kemampuan ayam aduan dalam melancarkan pukulan dan juga dalam menghindari pukulan lawan akan semakin menurun.
  3. Selanjutnya pada sayap ayam aduan yang berkode nomor 3 memiliki arti bahwa kualitas ayam aduan akan semakin menurun pada akhir-akhir pertarungan dan biasanya pada airan yang ke 4 dan ke 5.
Dari keterangan yang disebutkan diatas dapat disimpulkan yang bahwa semakin panjang sayap dari ayam aduan tersebut maka akan semakin baik kualitasnya dan jika terdapat bulu sayap yang memiliki ukuran panjang yang sama dari ketiga tiganya, maka memiliki makna bahwa ayam aduan tersebut mempunyai kemampuan yang sangat bagus pada awal pertarungan sampai akhir pertarungan.

Cara Melatih Kekuatan Otot Sayap Ayam Aduan
Ayam aduan layaknya atlet yang harus memiliki ketahanan fisik dan juga kekuatan otot yang prima. 
Kekuatan ayam aduan tidak lain dan tidak bukan yaitu berasal dari kekuatan otot yang sangat berperan dalam pertarungan, yakni, otot leher, otot kaki dan otot sayap. dalam artikel ini juga kami akan menjelaskan pentingnya kekuatan otot sayap ayam aduan untuk menghasilkan bobot pukulan yang bagus.

Latihan Otot sayap ayam aduan bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Adapun cara yang paling umum dilakukan yaitu membuat angringan yang diletakkan pada kandang umbaran. Hal ini bertujuan sebagai perangsang kekuatan cengkraman kaki ayam aduan dan sayap yang dipadupadankan dengan kekuatan lutut ayam aduan. Tetapi, terkadang cara seperti ini kurang efektif karena ketika ayam aduan tidak mendapatkan porsi angkringan yg cukup, maka semua otot-ototnya akan kendor dengan sendirinya. Maka kekuatan sayap inilah yang nantinya mengkolaborasikan kekuatan lompatan dengan tinggi hingga mengenai sasaran dengan tepat.
Oleh karenanya perlu kita lakukan suatu metode latihan yang benar dan tepat serta bisa dilaksanakan secara berkelanjutan untuk membentuk kekuatan otot sayap ayam aduan, Adapun langkah - langkah yang bisa kita lakukan yaitu sebagai berikut ini : 
  1. Pastikan bahwa bulu ayam aduan tersebut sudah tuntas 100 % atau sekitar umur >8 bulan)
  2. Sebaiknya gunakan pasir ataupun menggunakan media yang empuk untuk alas melatih ayam aduan
  3. Tangan kiri kita memegang dada ayam, sementara tangan kanan kita memegang brutu ayam
  4. Lalu lemparkan ayam ke atas dengan posisi dadanya dilempar terlebih dahulu
  5. Hal seperti ini di lakukan sesuai ketahanan ayam itu sendiri, bertahap mulai dari 5 kali sampai 25 kali lompatan. 
  6. Untuk Indikator ayam sudah tidak kuat yaitu dengan terbukanya mulut ayam (kathoran)
  7. Yang terakhir berikan jamu setelah selesai berlatih. kemudian setelah itu ayam di istirahatkan.

Data ini kami rangkum dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "Trik Memilih Dan Melatih Ayam Aduan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel