Cara mempercepat rontok bulu ayam aduan yang sedang mabung

PETERNAKAN AYAM ADUAN

cara mempercepat rontok bulu ayam aduan yang sedang mabung

Cara mempercepat rontok bulu ayam aduan yang sedang mabung - Merawat kulit dan bulu ayam laga atau ayam aduan merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh para pecinta ayam laga, dan ayam aduan di negera Thailand. Salah satu cara yang banyak digunakan yaitu penggunaan KEMIN yang membuat warna bulu dari ayam aduan ini menjadi kuning, disamping itu penggunaan KEMIN ini menjadi salahsatu ciri khas dari ayam laga asli dari Thailand. Para penghobi ayam laga di Indonesia beranggapan yang bahwa penggunaan kemin hanya akan mempertebal kulit, padahal kemin juga berguna untuk mempermudah sirkulasi udara pada bulu ayam. Kulit ayam yang tidak memiliki kelenjar keringat dipisahkan menjadi dua bagian penting yaitu Dermis dan Epidermis. Epidermis adalah bagian luar dari kulit yang terdiri dari Stratum Germinativum dan Stratum Corneum. Stratum corneum yaitu bagian kulit ayam paling luar yang terdiri dari sel-sel yang pipih, dan mengeras dan disertai beberapa sel-sel yang mati.
Bulu ayam menutup seluruh tubuh sebenarnya berguna untuk menjaga suhu tubuh dari udara dingin, terutama bulu-bulu halus yang menyelimuti seluruh badan ayam, sedangkan bulu pada sayap dan bulu ekor sebagai alat terbang dan juga sebagai kemudi. Pada ayam laga, bulu halus tersebut diubah fungsinya sebagai alat pendingin badan, bukan sebagai penjaga suhu badan supaya keseimbangan suhu badan ayam laga dapat terjaga dan tidak terbuang keluar.
Seperti yang sudah di jelaskan diatas, tujuan pemberian kemin pada ayam laga adalah untuk mempertebal kulit, penggunaan kemin bisa dilakukan dengan mencampurkannya dengan kapur sirih sehingga bisa memberikan hasil yang lebih bagus. Selain dari itu pemberian kombinasi ramuan ini juga ditujukan untuk melarutkan lemak yang terdapat pada bulu halus yang menutupi badan ayam laga, sehingga air akan mudah menyerap pada saat bulu dibasahi disamping itu juga mudah menguap ketika suhu badan ayam aduan meningkat seiring dengan meningkatnya aktivitas tubuh ketika ayam laga diadu.

Dalam artikel ini juga kami ingin berbagi informasi tentang bagaimana cara untuk mempercepat rontoknya bulu yang sudah lama pada ayam jago yang sedang mabung. Informasi ini kami rangkum dari para penghobi ayam laga yang sudah berpengalaman.

Proses pergantian bulu pada ayam jago atau ayam aduan yang sedang mabung memang cukup lama. Ayam aduan yang dalam kondisi mabung pola bertarung nya akan sedikit berubah, karena banyak bulu-bulu yang sedang tumbuh di sekitar area leher, bagian punggung, dan ekor masih muda serta mengandung darah. Ayam aduan yang dalam keadaan ini saat terkena patukan ayam lawan atau kena pukulan akan mengakibatkan luka pada bulu-bulu yang sedang tumbuh tersebut. Bahkan kadang-kadang ayam jago ini merasa geli atau risih ketika kita pegang apalagi kalau sedang di abar. Jika ayam jago yang sedang mabung ini kita coba adu dengan ayam yang lebih muda, hasilnya ayam jago ini tidak terlalu agresif dan cenderung lemas/ loyo tenaganya, Mungkin hanya beberapa menit saja ayam ini pun lari.

Baca Juga:

Berikut cara mempercepat rontoknya bulu ayam aduan ketika mabung sehingga proses mabung menjadi lebih cepat.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Ayam jago yang sedang mabung tersebut dikurung, dengan kondisi kurungan tertutup kain. Seperti burung murai yang berada dalam kurungan di krakap kain.
  2. Setelah itu biarkan selama 1 minggu jangan pernah di pindahkan dari dalam kurungan dan jangan di buka krakapnya. Krakap ini dibuka hanya ketika diberi pakan dan minum saja.
  3. Setelah itu beri untuk ayam laga tersebut udang rebon.
  4. Selama dalam proses ini kotoran ayam tidak perlu dibersihkan, dan krakap jangan dibuka. Tujuannya adalah supaya tekanan kelembaban atau suhu hangat dalam kurungan ini tidak keluar. Hal inilah yang menyebabkan proses rontoknya bulu ayam.
  5. Setelah kurang lebih selama 1 minggu bulu-bulu yang lama akan rontok dan berganti dengan yang baru, krakap ini sudah boleh dibuka.
  6. Kemudian untuk mempercepat tumbuhnya bulu pada ayam laga ini, kita harus beri untuk ayam petarung ini suplemen minyak ikan sebanyak 1 butir perhari nya, Untuk pemberiannya selama tiga hari saja, karena apabila terlalu banyak biasanya bulu-bulu yang tumbuh terlalu lembut dan lemas.
Baca Juga:

Itulah sedikit informasi mengenai cara merawat bulu ayam aduan dan cara mempercepat rontok bulu ayam aduan yang sedang mabung yang di olah dari beberapa sumber, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara mempercepat rontok bulu ayam aduan yang sedang mabung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel