CARA MENGOBATI PENYAKIT KURAP ATAU KOREP PADA AYAM BANGKOK ADUAN

PETERNAKAN AYAM BANGKOK ADUAN

ciri ayam bangkok aduan terkena penyakit kurap

Penyakit Kulit Pada Ayam Bangkok Aduan - Korep atau ada yang menyebutnya kurap, penyakit yang satu ini sudah tidak asing lagi dikalangan para peternak ayam bangkok aduan, namun ada beberapa peternak ayam bangkok yang kesulitan untuk mencari obat yang mujarab buat ayam bangkok aduannya.
Mungkin ada yang bertanya apa itu korep?? sebagian orang ada yang menyebutnya dengan penyakit kurap, penyakit ini bisa di tandai dengan lapisan jamur yang berwarna putih, pada umumnya menyerang area muka ayam, bahkan jika sudah sangat parah dapat menyebar sampai keseluruh permukaan kulit dan merontokan bulu, penyakit kulit ini bisa menyebabkan menurunnya stamina ayam bangkok aduan serta nafas menjadi buruk.
Korep atau kurap pada kepala ayam bangkok aduan memang sangat mengganggu dan juga membahayakan. sebenarnya bukan hanya ayam aduan saja yang bisa terkena penyakit kurap ini, namun juga semua jenis ayam peliharaan bisa terkena penyakit kurap/ parasit, seperti jenis ayam hias juga akan berkurang keindahannya apabila sudah terkena penyakit kurap atau korep.
selain kurap atau korep itu merusak jaringan kulit dan akan membuat bulu ayam bangkok aduan menjadi rontok, juga dapat menyebabkan ayam bangkok ini menjadi lemas atau lesu. itu akan sangat membahayakan bagi seekor ayam bangkok aduan yang di tuntut untuk selalu mempunyai stamina yang sempurna dan vitalitas tinggi.
penyakit kurap/ korep pada ayam aduan bukanlah penyakit yang tidak bisa di sembuhkan, meskipun penyakit ini cenderung kembali lagi, akan tetapi tergantung dari kita sebagai pemiliknya yang harus selalu menjaga kesehatan dan juga kebersihan ayam bangkok aduan peliharaan kita.
Oleh karena nya, jangan biarkan penyebaran kurap/ korep sampai menjalar ke seluruh badan dan teman sekandangnya. maka segera lah melakukan pengobatan dengan cepat dan tepat.

CIRI-CIRI AYAM TERSERANG PENYAKIT KURAP
Apabila kurap/ korep sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh ayam bangkok hingga pada kaki nya, ayam bangkok ini akan semakin terlihat pucat dan nafsu makan nya menjadi menurun kemudian pada akhirnya menjadi kurus hingga diakhiri dengan kematian.

PENYEBAB PENYAKIT KURAP PADA AYAM
Penyebab kurapan pada ayam bangkok aduan biasanya timbul karena kurangnya kebersihan dari permukaan kulit ayam bangkok tersebut. Atau pun bisa juga disebabkan pada saat tarung kurangnya perawatan dalam membersihkan kepala ayam bangkok tersebut sehingga menyebabkan korep/ kurap. Selain itu juga bisa tertular oleh ayam lain pada saat di tarungkan.

CARA PENCEGAHAN PENYAKIT KURAP PADA AYAM
Cara sederhana untuk pencegahan penyakit kulit ini (kurap) dapat dilakukan dengan beberapa cara: setiap ayam bangkok habis diadu latih, sebaiknya bersihkan muka atau permukaan kulit ayam bangkok ini dengan menggunakan air hangat. Setelah itu berikan untuk ayam bangkok ini antibiotik atau alkohol untuk menghindari infeksi dan juga untuk mencegah munculnya penyakit kurap atau korep.

Baca Juga:

Ada beberapa cara untuk mengobati penyakit kurap pada ayam bangkok aduan dan hasilnya cukup memuaskan, separah apapun kondisi ayam bangkok aduan peliharaan kita, dapat segera disembuhkan. Dibawah ini beberapa cara mengatasi penyakit kurap pada ayam bangkok aduan:
  1. Cabuti bulu ayam bangkok yang terserang penyakit kurap/ korep pada kulit. Dalam pencabutan bulu ini cukup mudah karena akar bulu ayam bangkok ini sudah terserang penyakit kurap sehingga bulu-bulu ini tidak kuat lagi tertanam di kulit. Lalu setelah itu kita oleskan "minyak rem", biasanya yg tipe DOT 3 untuk dioleskan ke bagian kulit ayam bangkok yang terserang penyakit kurap/ korep. Sambil mengoleskan minyak rem ini, kurap atau korep yang ada kita gosok sampai lepas dari kulit ayam bangkok ini. Kemudian oleskan sekali lagi minyak rem tadi ke bagian tubuh ayam yang sakit. Selama dalam masa pengobatan, tempatkan ayam bangkok ini pada tempat yang teduh dan kering, dan sebaiknya terhindar dari sinar matahari langsung. Ayam bangkok yang terkena penyakit kurap ini jangan kena air dan juga tidak perlu dijemur. Untuk menjaga supaya badan ayam bangkok ini tidak kaku, ayam bangkok ini bisa di umbar di tempat yang berpasir yang teduh supaya ayam bangkok aduan tersebut bisa mandi pasir. Selama 3 hari, ulangi lagi mengolesi  ayam bangkok aduan yang terkena penyakit kurap dengan minyak rem. Dalam 2 kali pengolesan, akan ada kemajuan yang memuaskan, penyakit kurap akan hilang dan ayam bangkok ini akan terlihat merah kembali.
  2. Gunakan salep Alber-T sangat manjur. Bila pakai salep Alber-T, sebaiknya muka ayam bangkok jangan kena air dulu.
  3. Menggunakan obat daktarin, waktu pagi dan sore di olesin, selama seminggu penyakit kurap pada ayam akan hilang.
  4. Menggunakan obat per Oral Nizoral 200 mg, berikan pada ayam bangkok aduan dengan dosis 1 tablet x 1 hari, pemberian obat ini selama 2 - 3 hari, lalu biarkan selama 1 minggu jangan dimandikan dulu ayam ini.
  5. Pakai salep luka Betadine juga bisa. Caranya harus dibersihkan terlebih dahulu sampai benar- bersih kemudian kita olesi obat betadine. Ulangi setiap sore sampai ayam bangkok ini benar-benar sembuh.
  6. Dengan menggunakan minyak kemiri, caranya yaitu kemiri dibakar tapi jangan terlalu gosong. Lalu di remas-remas hingga keluar minyaknya dan oleskan pada bagian kurap. Maksimal 3 x penggunaan bisa sembuh, akan tetapi selama dalam masa pengobatan ayamnya jangan kena air dulu.
  7. Gunakan ketosonasol, ada yang bentuk salep ada juga yang pil. Jika yang pil diminumkan, tetapi ayam tersebut jadi lemas. Jika yang salep caranya yaitu di bersihkan dulu kurapnya dengan menggunakan sikat gigi sampai bersih, kemudian diolesi salep. Dianjurkan 1 minggu pengobatan agar tuntas penyembuhannya sehingga penyakit kurap pada ayam bangkok tidak muncul lagi.
  8. Dengan memakai salep Formico. Formico ada 2 macam, salep dan tablet, kalau penyakit kurap pada ayam bangkok aduan sudah parah/ sampai dibadan coba pakai salep ini 1x seminggu. Tapi akan lebih baik lagi kalau memakai dua-duanya.
  9. Memandikan dengan air rebus daun sirih lalu keringkan setelah itu kita oleskan obat salep kulit pada bagian tubuh ayam bangkok yang terkena bercak-bercak putih ( 2 x sehari ). Selama dalam masa pengobatan ayam bangkok ini jangan di mandikan dan sebaiknya kontrol setiap hari kalau terdapat bercak baru oleskan kembali di bagian tersebut. Pada hari ke 5, cucilah ataupun dilap dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi minyak goreng yg dicampur bubuk tetrachlor, dan jangan terlalu basah. Selama 10 hari jangan sekali-kali kena air, dengan kondisi ayam bangkok ini tetap dijemur.
Baca Juga:

Mengobati penyakit kurap pada ayam bangkok aduan dengan ramuan obat herbal, caranya yaitu:
  1. Lengkuas. Lengkuas diyakini mampu mengobati penyakit kurap dengan sangat baik karena lengkuas dikenal sebagai rempah yang bersifat anti-jamur. Cara menggunakannya yaitu : Ambil lengkuas lantas memarkan, lalu tempelkan lengkuas yang sudah dimemarkan tersebut pada area kulit ayam bangkok aduan yang telah terinfeksi dengan jamur kurap, lalu kita tunggu selama beberapa saat hingga lengkuas kering baru kemudian kita bersihkan dengan menggunakan air hangat.
  2. Daun tembakau. Atasi penyakit kurap atau korep pada ayam bangkok dengan memakai daun tembakau. Caranya yaitu dengan mengambil beberapa helai daun tembakau untuk kemudian ditumbuk hingga halus lalu kita oleskan secara merata pada kulit ayam bangkok aduan yang sudah terinfeksi dengan jamur kurap, sebaiknya perawatan ini dilakukan secara rutin, sebanyak 1-2 kali setiap hari.
  3. Bawang putih. Bawang putih besifat anti-jamur yang mana bawang putih ini sangat ampuh untuk melawan dan juga mengobati berbagai penyakit kulit pada ayam. Cara menggunakannya yaitu menumbuk halus bawang putih sehingga menjadi pasta yang halus kemudian aplikasikan tumbukan bawang putih ini di area kulit ayam bangkok yang terinfeksi oleh jamur kurap. Setelah penyakit kurap ini sembuh, sebaiknya jangan berhenti untuk mengaplikasikan bawang putih pada kulit ayam bangkok aduan yang terinfeksi jamur kurap kurang lebih selama 2 minggu secara berturut-turut tujuannya untuk mencegah terjadinya infeksi kembali.
  4. Manfaatkan belerang. belerang yaitu salah satu bahan alami terbaik yang cukup efektif untuk menjaga kulit ayam bangkok agar tetap sehat sekaligus untuk membantu membunuh jamur dan bakteri. Bisa kita gunakan belerang cair untuk diaplikasikan pada kulit ayam bangkok aduan yang telah terinfeksi oleh penyakit kurap tersebut dan setelah itu biarkan selama beberapa menit lalu bersihkan, ulangi perawatan alami ini, 1-2 kali setiap harinya hingga penyakit kurap/ korep pada ayam menjadi sembuh. Saat ini belerang cair bisa ditemukan dengan cukup mudah di toko obat-obatan.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai CARA MENGOBATI PENYAKIT KURAP PADA AYAM BANGKOK ADUAN. data ini kami rangkum dari beberapa sumber

Semoga artikel ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "CARA MENGOBATI PENYAKIT KURAP ATAU KOREP PADA AYAM BANGKOK ADUAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel