Cara Merawat dan Melatih Fisik Ayam Aduan Agar Tidak Cepat Lelah Dan Lemah Ketika Bertarung

PETERNAKAN AYAM ADUAN

Latihan dan Rawatan Bagi Ayam Aduan

Cara Merawat dan Melatih Fisik Ayam Aduan Agar Tidak Cepat LelahAyam aduan cepat lelah, lemah, loyo, nafas pendek, serta cepat kehabisan tenaga, itu semua dapat di atasi dengan cara perawatan dan latihan fisik yang tepat. berikut ini akan kami uraikan mengenai cara merawat dan melatih fisik ayam aduan supaya tidak cepat lelah dan lemah. Ayam aduan yang cepat lelah dan lemah, akan sangat mudah kehabisan tenaga pada saat bertarung di arena ini merupakan kendala bagi para penghobi ayam aduan, karena ayam aduan yang di proyeksikan untuk menjuarai sebuah pertarungan tidak mampu mengeluarkan kemampuan terbaik yang di miliki nya secara optimal yang kemudian ayam aduan kita akan sangat mudah di kalahkan lawan.

Dalam melatih ayam aduan menjadi kuat dan tidak cepat lelah dan lemah, akan membutuhkan perawatan dan juga pelatihan khusus untuk ayam yang akan di pertandingkan. Rawatan dan latihan bagi ayam aduan merupakan 2 kategori yang saling mengaitkan, karena suatu latihan tanpa di imbangi dengan perawatan yang tepat tidak akan mencapai keberhasilan seperti yang kita harapkan. Untuk merawat ayam aduan yang ingin di pertandingkan sebaiknya di rawat dengan sebaik - baiknya, sedangkan jenis perawatan yang di butuhkan harus sesuai dengan kebutuhan ayam dalam pertandingan dan sebaiknya hindarilah jenis latihan untuk ayam aduan yang tidak anda ketahui keuntungan dan kerugiannya karena bisa menyebabkan ayam aduan kita akan mudah kelelahan atau bisa menyebabkan ayam aduan kita menjadi kaku.

Latihan Bagi Ayam Aduan
Cara melatih fisik ayam aduan supaya tidak cepat lemah dan lelah ini merupakan salah satu kunci kemenangan dalam sebuah pertandingan, karena sebagus-bagusnya ayam aduan bila ayam aduan tersebut cepat lelah dan loyo maka akan menjadi bulan-bulanan ayam lawan ketika berada dalam arena tarung. Maka dari itu, melatih fisik ayam aduan supaya tidak cepat lelah dan loyo harus di lakukan jika ayam aduan kita di harapkan untuk meraih sebuah kemenangan. Berikut cara melatih fisik ayam aduan supaya tidak cepat lelah dan loyo :

Latihan bagi ayam aduan sebaiknya di imbangi dengan perawatan yang memadai supaya ayam aduan tersebut dapat mencapai keberhasilan dalam latihan. Sebuah kesuksesan dalam latihan ayam aduan akan di tandai dengan meningkatnya tenaga dan stamina ayam pada waktu uji tanding dengan ayam lain yang semula hanya bertenaga hanya dua airan akan dapat mencapai lima aliran. Dalam pertandingan di arena tarung, akan sangat terlihat tenaga ayam aduan mengalami perbedaan yaitu; ada ayam aduan yang memiliki tenaga hanya tiga airan saja dan ada juga ayam aduan sampai mencapai lima airan penuh ayam masih bertenaga full atau tidak terlihat ada nya perbedaan tenaga antara pada airan pertama sampai dengan selesai karena tenaga ayam aduan sewaktu bertarung akan di pengaruhi oleh perawatan yang tepat dan dibarengi dengan latihan yang benar. Akan tetapi selain itu juga ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan ayam aduan cepat lelah selain dari perawatan dan latihan tersebut.

Baca juga :
Faktor-Faktor Penyebab Ayam Aduan Cepat Lelah Dan Lemah
Dalam sebuah pertarungan ayam aduan akan begitu terlihat nafas ayam ngos-ngosan, kelelahan, pukulan menurun, kedua sayap turun dan akan terlihat jalan ayam menjadi leot karena disebabkan oleh beberapa hal di antaranya yaitu:

Perawatan dan latihan
Ayam aduan apabila tidak mendapatkan perawatan dan latihan yang tepat, maka sudah tentu tidak akan memiliki tenaga yang baik, yang akan terjadi yaitu ayam ini akan cepat lelah.

Ayam Aduan terluka parah
Di dalam arena, ayam terluka merupakan sesuatu hal yang biasa, baik itu luka luar maupun luka dalam, apa lagi bagi ayam yang bertaji maka luka akan sangat sulit untuk di hindari tapi apabila luka ayam sudah mencapai keseriusan maka ayam tersebut akan mengalami penurunan tenaga secara drastis. Dengan adanya luka pada ayam yang cukup parah bisa menjadi faktor ayam cepat lelah dan lemah.

Otot Ayam Aduan
Otot berlemak pada ayam aduan juga merupakan salahsatu penyebab dari cepatnya rasa lelah pada ayam aduan ketika bertarung, jika otot leher dan badan kurang kuat maka tidak akan sanggup menerima pukulan yang pada akhirnya ayam akan terlihat kelelahan dan lemah.

Ayam Aduan Dalam Keadaan Sakit
Dalam sebuah pertandingan yang sedang berlangsung ayam aduan yang sedang sakit akan mengalami suatu penurunan tenaga dan stamina secara drastis, ayam aduan yang sedang tidak fit ataupun sakit juga menjadi salah satu faktor ayam cepat lelah.

Pakan dan Obat-obatan Untuk Ayam Aduan
Pemberian pakan yang salah juga bisa menjadikan ayam lemah dan cepat lelah/loyo, selain itu juga seringnya ayam aduan di berikan obat-obatan juga bisa menjadi faktor melemahnya stamina ayam aduan dan akan mengakibatkan ayam cepat lelah atau lemah/ loyo.

Adapun usaha yang bisa kita lakukan untuk menghindari dari melemahnya tenaga ayam aduan, yaitu hendaknya melakukan perawatan dan latihan yang baik dan benar supaya ayam aduan kita tidak cepat lelah/ lemah. Jadi, perawatan dan latihan terhadap ayam aduan merupakan suatu kesatuan yang sulit untuk di pisahkan karena kedua-duanya saling mendukung dan saling di butuhkan.

Untuk menghasilkan atau mencetak ayam aduan yang kuat dan juga tangguh perlu adanya rawatan dan latihan khusus karena dalam sebuah pertarungan ayam akan membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk menyelesaikannya.

Cara Merawat Ayam Aduan
Merawat ayam aduan bukanlah hal yang sulit apabila kita sudah mengetahuinya dan yang perlu untuk di perhatikan ialah mengetahui keuntungan dan kerugian terhadap segala jenis perawatan yang akan kita lakukan terhadap ayam aduan tersebut, karena jenis perawatan di setiap orang sedikit banyak pasti mengalami perbedaan. adapun jenis rawatan ayam aduan secara umum yaitu sebagai berikut ini:

1. Ayam aduan yang akan di gunakan khusus untuk pertandingan sebaiknya di rawat mulai sejak kecil dengan cara di perhatikan jenis pakannya, jangan memberi pakan sembarangan untuk calon ayam aduan karena pertumbuhan tubuh yang kurang optimal akan menjadikan ayam tersebut kurang kuat,

2. Setelah ayam dewasa, ayam aduan tersebut di rawat seperti biasa, salah satunya dengan cara di mandikan pada pagi hari dan di jemur tetapi dengan batasan - batasan tertentu jangan sampai ayam aduan tersebut merasakan kepanasan yang berlebihan.

Ayam aduan jenis bangkok ataupun jenis ayam aduan lainnya seperti ayam makhoe, ayam magon, ayam saigon dan ayam pakhoy yang telah mendapatkan perawatan secara baik dan rutin secara otomatis akan memiliki stamina dan tenaga yang baik pula. Akantetapi jenis perawatan untuk ayam aduan birma asli/ori, mempunyai jenis perawatan yang berbeda dengan ayam aduan lainnya karena ayam aduan jenis birma tidak membutuhkan latihan fisik yang terlalu berat,

Data ini kami olah dari beberapa sumber, mohon maaf apabila banyak terdapat kesalahan dalam penyampaiannya

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat dan Melatih Fisik Ayam Aduan Agar Tidak Cepat Lelah Dan Lemah Ketika Bertarung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel