cara mudah mengobati penyakit bubul pada ayam aduan

PETERNAKAN AYAM ADUAN

cara mudah mengobati penyakit bubul pada ayam aduan

Cara Pengobatan Penyakit Bubul Pada Ayam Aduan - Dalam artikel kali ini kami ingin menguraikan tentang Cara Mengobati Penyakit Bubul di Kaki Ayam. Kita sebagai peternak ayam atau penghobi ayam baik ayam aduan maupun jenis ayam lainnya yang merupakan peliharaan kita sangat menjengkelkan apabila ayam aduan peliharaan kita terkena penyakit bubul. Oleh karena nya pada kesempatan ini kami ingin menguraikan mengenai Cara Mengobati Penyakit Bubul di Kaki Ayam Aduan ataupun bubul yang ada di kaki ayam jenis lainnya. sebelum kita melakukan pengobatan bubul di kaki ayam, yang pertama kita harus mengetahui seberapa parah nya ayam aduan tersebut terkena penyakit bubul. Karena dalam mengobati penyakit bubul ayam tergantung dari seberapa parahnya kaki ayam bubulan itu.

Penyakit bubul pada ayam dikarenakan oleh bakteri yang masuk di dalam kaki ayam aduan yang sedang luka atau lecet. bakterinya dapat berupa tanah, kotoran ayam, ataupun sisa - sisa makanan yang membusuk.

Cara Pertama

Adapun cara mengobati penyakit bubul bisa sebagai berikut ini:
Mungkin salahsatu masalah kesehatan yang sering sekali dialami ayam aduan/ ayam laga adalah telapak kaki bubulan. Kaki ayam bubulan terjadi karena adanya infeksi bakteri pada telapak kaki ayam yang terluka/ lecet. Setelah ayam diadu, telapak kaki ayam tersebut umumnya akan mengalami luka-luka. Luka tersebut apa bila kita biarkan akan terinfeksi bakteri terutama kalau kandang ayam jago yang ditinggalinya kotor atau pun jarang dibersihkan.

Penyakit bubulan pada ayam aduan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan ayam aduan tersebut mengalami cacat permanen. Maka dari itu, pengetahuan mengenai cara pengobatan dan jenis obat bubul ayam yang baik perlu diketahui.

Obat Bubul Ayam Aduan/ Ayam Laga
Penyakit bubul pada kaki ayam aduan bisa disembuhkan dengan beberapa obat. Berikut ini adalah beberapa obat untuk mengobati penyakit bubul pada kaki ayam dan cara menggunakannya.
  1. Garam dan Deterjen
  2. Pengobatan penyakit bubul pada ayam yang pertama bisa kita coba yaitu pengobatan menggunakan deterjen atau garam. Cara Pengobatan penyakit bubul seperti ini sebenarnya cukup efektif jika diterapkan pada bubul yang masih belum begitu parah. Caranya adalah siapkan comberan atau lumpur lalu isi menggunakan air garam atau air deterjen bekas cucian. Setelah ayam ini dimandikan pada waktu pagi hari, jemur ayam ini di atas kubangan lumpur tersebut. Penyakit bubulan yang mengeras akan rontok pada waktu sore harinya.
  3. Counterpain
  4. Obat kram otot seperti Counterpain dapat juga kita manfaatkan sebagai obat untuk mengobati bubul ayam yang ampuh. Cara penggunaannya yaitu cukup dioles pada bagian telapak kaki ayam aduan yang terserang penyakit bubul, pegang ayam ini selama 5 menit hingga krim yang menempel kering, setelah itu masukkan ayam tersebut ke dalam kandang yang alasnya sudah dilapisi dengan sekam padi atau jerami.
  5. Obat Kutil
  6. Obat kutil juga bisa kita manfaatkan sebagai obat untuk mengobati penyakit bubul ayam yang mujarab, terutama obat kutil yang bermerek Colomac. Cara penggunaannya yaitu, bersihkan telapak kaki ayam yang terserang bubul, lalu usap menggunakan alkohol, setelah itu olesi bagian kaki yang bubulan tersebut menggunakan obat kutil Colomac. Kemudian tutup luka menggunakan plester. Biarkan beberapa hari dan usahakan alas kandang ayam aduan ini berasa empuk dengan penambahan sekam padi atau jerami.
  7. Paku Bakar
  8. Pada tingkat serangan penyakit bubul yang sudah sangat parah, beberapa para peternak ayam aduan/ ayam laga juga menyarankan penggunaan paku bakar sebagai obat untuk mengobati bubul pada kaki ayam yang paling mujarab. Paku yang berukuran seperti luka bubul tersebut dibakar sampai panas, lalu ditempelkan ke mata bubul tersebut sampai ayam ini merasa kepanasan dan menghentak-hentakkan cakarnya. Cara Pengobatan seperti ini dilakukan setiap hari selama 3 hari secara berturut - turut atau sampai penyakit bubul pada telapak kaki ayam benar - benar sembuh.
  9. Operasi Bedah 
  10. Mungkin cara terakhir yang bisa kita lakukan untuk mengobati penyakit bubul pada ayam yaitu dengan melakukan operasi sederhana. Mungkin cara ini adalah cara yang benar - benar ampuh namun sebaiknya dilakukan apa bila cara - cara lain sudah dicoba tetapi tidak membuahkan hasil. Operasi sederhana bisa kita lakukan kalau beberapa peralatannya sudah disiapkan. Peralatan - peralatan yang dibutuhkan tersebut diantaranya yaitu alkohol, silet, kapas, kain kasa, benang, jarum, dan betadine. Setelah semua peralatan siap, barulah prosedur operasi pengobatan penyakit bubul ayam bisa kita laksanakan, Caranya sebagai berikut ini:
  • Kaki ayam aduan yang terkena penyakit bubul dipegang secara terbalik menghadap ke atas untuk kemudian disterilkan dengan menggunakan alkohol.
  • Benjolan bubul yang sudah kita bersihkan kemudian diiris menyilang membentuk huruf X. Untuk pengirisan sebaiknya kita lakukan dengan menggunakan silet baru supaya tidak terjadi infeksi.
  • Kemudian pencet bubul yang sudah kita sayat tadi hingga nanah dari kaki keluar semua. Apa bila ada darah yang keluar, bisa kita bersihkan dengan menggunakan kapas atau kain bersih.
  • Lalu setelah isi bubul tersebut keluar dan bersih, kemudian oleskan betadine secukupnya pada bekas sayatan tadi.
  • Jika sayatan terlalu besar karena ukuran bubulan ayam besar, ada baiknya kita terlebih dahulu menjahit lukanya dengan menggunakan jarum dan benang.
  • Kemudian setelah itu, tutup luka jahitan tersebut menggunakan perban. Dan biarkan selama seminggu dan periksa secara rutin. Olesi betadine kembali dan tutup kembali luka apabila masih belum mengering, dan lakukan seperti itu seterusnya sampai luka bubul benar - benar sembuh total.
Baca juga:
========================================================

Cara Kedua

1. Apabila ayam aduan peliharaan kita yang terkena penyakit bubul itu baru sedikit ataupun belum begitu parah bisa dilakukan pengobatan dengan cara dibersihkan dengan menggunakan air hangat lalu setelah bersih kaki ayam aduan yang bubulan tersebut anda balut dengan menggunakan hansaplas. Dengan catatan penyakit bubul pada kaki ayam aduan tersebut baru sedikit sekali dan masih dalam keadaan bubul belum membengkak besar.

2. Apa bila ayam aduan yang terkena penyakit bubul itu sudah mulai membengkak dan sudah sangat parah, cara pengobatannya yaitu harus dilakukan dengan bersungguh - sungguh, karena penyakit bubulan ini sangat sulit sekali sembuhnya. Kalau di biarkan saja penyakit bubul itu sulit sekali sembuh dengan sendirinya bahkan bisa-bisa menjadi lebih parah. Karena ayam aduan yang terkena penyakit bubul itu bila berjalan bubulnya itu makin membengkak dan semakin parah. Cara pengobatannya adalah dengan cara terlebih dahulu di bersihkan kaki ayam aduan yang bubulan tersebut dengan air hangat, Kemudian setelah kaki ayam ini bersih kita balut dengan kain bersih. Dan yang harus di perhatikan yaitu balutan diharuskan tebal dan empuk. Apa bila anda menggunakan kain yang agak tipis maka anda harus membalutnya dengan balutan yang berkali-kali sampai menjadi tebal dengan tujuan kalau ayam berjalan kaki ayam bubulan itu tidak membengkak lagi. kalau anda rajin memeriksa balutan tersebut mungkin dalam waktu kurang dari tiga bulan penyakit bubul itu sudah kering dan mengecil. Namun apa bila menginginkan kaki ayam bubulan itu segera sembuh dengan lebih cepat, adapun caranya yaitu sebagai berikut:

Pertama siapkan dulu sandal jepit bekas, cuter dan plaster. Kemudian setelah alat - alat tersebut sudah dipersiapkan lalu buat sandal ayam yang membentuk mirip dengan bentuk jari - jari dari ayam tersebut. Cara memakainya yaitu; letakkan kaki ayam aduan yang bubulan tersebut diatas sandal yang sudah di buat tadi dan membalutnya dengan plaster. Akan tetapi cara seperti ini anda harus rajin-rajin dalam memeriksanya, karena biasanya ayam aduan yang terkena bubul tersebut setelah kita beri sandal itu ia suka mematukinya dan dikhawatirkan sandal tersebut terlepas. Kalau anda rajin dalam memeriksanya biasanya ayam yang terkena bubul itu akan sembuh kurang dari satu bulan.

Baca Juga:
Cara Menghindari Ayam Aduan Terkena Penyakit Bubulan
Untuk menghindari ayam aduan peliharaan anda dari penyakit bubulan, sebaiknya sering - seringlah anda membersihkan kaki ayam peliharaan anda setelah di abar ataupun setelah selesai di adu. Karena biasanya ayam jago setelah diabar kaki ayam tersebut biasanya terluka. Kalau luka itu tidak dibersihkan dengan benar akan menimbulkan penyakit bubul terlebih kalau telapak kaki ayam terdapat benjolan seperti ada dagingnya ayam seperti ini akan mudah terkena bubulan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara pengobatan penyakit bubul pada ayam peliharaan dan beberapa obat bubul ayam yang bisa kita terapkan untuk menyembuhkan penyakit bubul pada ayam aduan peliharaan kita. Data ini kami olah dari berbagai sumber, Semoga bermanfaat!!!

Belum ada Komentar untuk "cara mudah mengobati penyakit bubul pada ayam aduan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel