cara pengobatan penyakit kuning pada ayam bangkok aduan

PETERNAKAN AYAM ADUAN

Cara Pengobatan Penyakit Kuning Pada Ayam Bangkok Aduan

Cara Pengobatan Penyakit Kuning Pada Ayam Bangkok Aduan - Mungkin sebagian dari para penggemar ayam bangkok pernah mengalami ayam bangkok peliharaanya terkena penyakit kuning, ayam bangkok yang terkena penyakit kuning akan terlihat kurus dengan ciri-ciri seperti wajah pucat ke kuningan, hal ini terjadi di karenakan virus ataupun pada saat bertarung terkena pukulan badan yang sangat berat sehingga tubuh ayam tersebut tidak mampu menahannya.

Munculnya berbagai penyakit dalam pemeliharaan ayam bangkok aduan pasti tidak di inginkan akan keberadaannya. penyakit-penyakit tersebut sebenarnya dapat disembuhkan dengan dicari terlebih dulu asal-muasalnya penyakit tersebut. kemudian setelah itu, barulah kita lakukan pengobatan baik dengan menggunakan obat kimiawi ataupun dengan menggunakan obat tradisional. ataupun bisa juga kita mengkombinasikan keduanya. obat-obat tradisional yang merupakan sebuah warisan turun-temurun dari nenek moyang kita dahulu untuk menyembuhkan berbagai penyakit ayam, namun pada saat ini sudah mulai mengalami kemajuan yang cukup signifikan karena alami dan tidak mengandung efek samping.
Penyakit kuning yang menyerang ayam bangkok aduan mungkin seringkali diidentikan dengan penyakit gangguan fungsi hati yang menyerang manusia pada umumnya. sebenarnya penyakit kuning ini belum dapat di pastikan hanya menyerang fungsi hati tersebut sebelum diketahui secara benar sebab dan asal-muasalnya, bagian-bagian tubuh ayam yang terserang penyakit, lalu langkah pengobatan yang bisa kita lakukan. sehingga dalam proses pengobatannya tidak salah dengan memberikan obat sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. gejala atau tanda-tanda dari penyakit kuning pada ayam yang sudah semakin parah yaitu kulit ayam nampak kekuningan.
Penyakit kuning pada ayam bangkok aduan bisa terjadi karena beberapa sebab, diantaranya yaitu:
  1. Luka dalam sehabis tarung.
  2. Infeksi hati
  3. Goham di tenggorokan
  4. Cacingan parah
  5. Radang usus 
  6. Salmonella
Baca Juga:

CARA PERTAMA
Apabila ayam yang terkena penyakit kuning ini belum begitu parah ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar ayam bangkok peliharaan kita bisa kembali pulih namun butuh waktu agak lama. berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk menyembuhkan penyakit kuning pada ayam bangkok.
  1. setiap hari ayam yang terkena penyakit kuning ini di mandikan dengan air hangat
  2. kemudian berikan jamu tradisional untuk ayam bangkok diantaranya di beri daun pepaya muda yang jantan, bukan daun pepaya yang ada buahnya untuk banyaknya berilah secukupnya saja
  3. lalu berilah gula merah yang di campur dengan asam setiap hari di godok jadi satu
  4. terakhir berilah untuk ayam yang sakit kuning ini suplemen vitamin untuk menjaga kesehatan ayam
dengan melakukan hal-hal seperti di sebutkan di atas mudah-mudahan dalam waktu 3 minggu ayam yang sakit kuning ini kembali normal dan siap untuk berlaga lagi

==========================================================

CARA KEDUA
Adapun cara mengatasi penyakit kuning pada ayam bangkok aduan yang dapat dilakukan apabila ayam aduan peliharaan kita ini sudah cukup parah terkena penyakit kuning, caranya yaitu :
  1. Dengan menggunakan Obat Alami/obat tradisional
  2. Pemberian obat alami atau obat-obat tradisional menggunakan daun binahong, tumbukan kunyit, temu putih, dan daun tapak liman yang diambil airnya. selain itu, ampas dari tumbukan obat ini bisa dicampurkan dengan makanan lunak. adapun waktu yang tepat dalam pemberian adalah setiap sore hari dan dilakukan secara rutin selama 1 minggu.
  3. Dengan menggunakan obat kimia
  4. Pengobatan cara ini menggunakan supertetra dan penambahan vitamin sekaligus dicampur telur dan madu.
  5. Dengan menggunakan obat kombinasi
  6. Pemberian daging bekicot yang sudah kita cacah dagingnya, lalu dilolohkan pada ayam yang terkena penyakit kuning. ditambah dengan tonikum bayer atau hufabion dengan dosis pemberian 2 kali sehari. waktu yang tepat dalam pemberiannya bisa dilakukan pada pagi dan sore hari. lebih bagus lagi kalau ada penambahan gula jawa didalamnya

Belum ada Komentar untuk "cara pengobatan penyakit kuning pada ayam bangkok aduan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel