Ciri-ciri Atau Gejala Ayam Terserang Penyakit Snot dan Cara Menyembuhkan Penyakit Snot Pada Ayam

PETERNAKAN AYAM

Penyakit snot menyerang ayam peliharaan

Cara Menyembuhkan Penyakit Snot Yang Menyerang Ayam Peliharaan - Snot adalah istilah dalam bahasa inggris kalau diterjemahkan berarti lendir dari hidung yang biasa menyerang pada unggas khususnya ayam. Pilek atau snot pada  ayam umumnya muncul pada saat musim penghujan atau penyakit snot ini bisa disebabkan oleh kondisi lingkungan kandang ayam yang dingin dan lembab.

Penyebab penyakit Snot Pada Ayam
Penyakit snot merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Haemophillus Gallinarum. Bakteri Haemophillus Gallinarum ini sering menyerang anak ayam akibat dari adanya perubahan musim yang mempengaruhi kesehatan dan ketahanan tubuh pada ayam. Biasanya penyakit Snot ini sering sekali ditemukan di peternakan-peternakan ayam yang ada di daerah tropis. Tetapi penyakit snot ini juga menyerang hampir semua umur ayam, tapi sangat rentan jika terkena pada anak ayam, anak ayam yang berumur kurang dari 16 minggu mempunyai tingkat atau angka kematian yang cukup tinggi apabila terkena penyakit snot ini. Angka atau tingkat kematian yang ditimbulkan oleh penyakit snot dapat mencapai sampai 30% tapi angka morbiditas atau angka kesakitannya bisa mencapai hingga 80%. Penyakit Snot ini bersifat kronis.

Penularan-penularan penyakit Snot pada Ayam
Penularan penyakit Snot biasanya tersebar melalui kontak langsung antara ayam yang sudah terjangkit penyakit snot dengan ayam yang masih sehat dalam satu kandang, lewat peralatan kandang, lewat udara dan lewat makanan ataupun minuman yang sudah tercemar bakteri. Bakteri-bakteri penyebab ingusan pada ayam ini adalah Haemophillus gallinarum. 

Penyakit snot pada unggas/ ayam dengan ciri-cirinya mata ayam berbusa dan hidung berair atau keluar air melalui hidung, ayam seperti mengantuk, nafsu makan turun, ayam terdengar mengorok, tandanya ayam terkena penyakit Snot atau coryza yang disebabkan oleh bakteri Haemophillus gallinarum yang sedang aktif dalam tubuh ayam tersebut. Penyakit snot ini bisa menyerang anak ayam hingga ayam usia dewasa. Penyakit snot muncul bersamaan dengan perubahan cuaca, dari musim kemarau kepenghujan ataupun bisa juga sebaliknya dan bisa dengan cukup mudah menular baik dari ayam yang berdekatan, melalui kandang ataupun bisa juga melalui pakan atau minuman. Penyakit snot bisa menyerang ayam atau unggas dari semua umur mulai dari anakan sampai ayam usia dewasa terlebih lagi ayam betina yang memiliki umur kurang dari 8 bulan ayam betina akan lebih mudah terjangkit penyakit snot 

Penyakit snot bisa dibilang cukup berbahaya bagi unggas atau ayam karena bisa mencapai tingkat kematian yang relatif cepat. Untuk usaha pencegahannya bisa dilakukan dengan pembersihan kandang dari kotoran - kotoran yang menumpuk di lantai kandang yang bisa menjadikan kelembaban kandang. Kandang ayam yang lembab akan menyebabkan ayam peliharaan menjadi pilex atau snot. Untuk menanggulangi hal seperti tersebut, usahakan kandang ayam tersebut harus terkena sinar matahari langsung tetapi tetap terlindung dari siraman air hujan karena air hujan cukup berbahaya bagi unggas atau ayam karena bila ayam terkena air hujan biasanya vitalitas ayam akan turun secara drastis dan ayam bisa mudah terserang penyakit snot. Untuk menghindari penularan penyakit snot sebaiknya ayam atau unggas yang sudah terkena penyakit snot dikandangkan sendirian atau dipisahkan dari kelompok lain ataupun jangan sampai berdekatan dengan ayam lain yang masih sehat.

Baca Juga;

Gejala - Gejala Penyakit Snot Pada Ayam
Gejala-gejala yang sering terjadi pada ayam akibat dari penyakit SNOT ini adalah seperti berikut :
  1. Dari hidung ayam yang terkena sakit snot keluar lendir kental yang berwarna kekuningan dan berbau khas
  2. Muncul kerak-kerak dihidung anak ayam
  3. Ayam terlihat mengantuk, kurang bergairah yang ditandai dengan sayapnya turun.
  4. Muka dan mata bengkak akibat dari pembengkakan sinus infra orbital (organ pernapasan ayam)
  5. Napsu makan menurun sehingga tembolok akan terasa kosong atau kempes jika diraba
  6. Ayam suka  dan sering menggelengkan kepalanya.
  7. Pertumbuhan anak ayam menjadi lambat.
  8. Mata ayam yang terkena penyakit snot kadang tertutup lama dan tidak dapat terbuka
Untuk Cara Mengobati Ayam Terserang Penyakit Snot bisa dilakukan dengan 2 cara, diantaranya yaitu dengan pengobatan alami dan yang kedua dengan buatan pabrik/ bahan kimia.

Cara Mengobati Ayam Terserang Penyakit Snot atau Pilek

  1. Menggunakan bahan-bahan alami yang sangat aman untuk ayam laga dan bisa diberikan untuk ayam selain ayam laga atau ayam aduan, karena bahan-bahan ini bisa menghemat biaya dalam pengobatan. Langkah-langkah atau Cara membuat resepnya yaitu sebagai berikut: Siapkan terlebih dahulu tepung beras sebanyak 200 garm, lalu ditambah kencur 150gram + jahe secukupnya kemudian di tumbuk hingga halus. setelah semua bahan-bahan tersebut sudah ditumbuk halus selanjutnya kita aduk secara merata dan bisa di tambahkan sedikit air tapi jangan sampai encer dan bentuklah adonan tersebut seperti pil dan setelah itu dijemur hingga kering. Setelah menjadi kering obat tersebut bisa di cekokkan untuk ayam yang terkena penyakit snot setiap pagi dan sore sampai ayam sembuh, biasanya dalam waktu 2 hari ayam akan sembuh dari sakit pilex/snot. Pengobatan snot pada ayam dengan cara alami seperti ini sangat aman bagi ayam. Karena obat yang diberikan bisa menambah stamina tubuh ayam aduan.
  2. Mengobati ayam yang terserang penyakit snot atau pilek juga bisa dilakukan dengan pengobatan dengan menggunakan obat kimia, Tetapi kurang aman untuk ayam laga atau ayam aduan karena biasanya ayam setelah diobati dengan bahan-bahan kimia tersebut ayam terlihat mudah capek dan kurang bertenaga. Obat-obat kimia ini cocok digunakan untuk ayam lainnya selain ayam aduan/ ayam laga. Adapun obat-obat yang bisa menyembuhkan penyakit snot pada ayam ada bermacam-macam merk nya diantaranya yaitu: Sulfatiasol, Eritromisin, Sulfadimetoksin, Sulfametasin, Sulfamerasin. Streptomisin, cara memberikannya bisa dicampur dengan air minum ataupun dicampurkan ke dalam pakan ayam dengan dosis sesuai ukuran ayam tersebut ataupun dosis pemberiannya sesuai petunjuk.

Baca Juga:

Demikianlah cara penyembuhan ayam terlihat mengantuk atau pilex/ terserang penyakit snot.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri Atau Gejala Ayam Terserang Penyakit Snot dan Cara Menyembuhkan Penyakit Snot Pada Ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel