Ciri-Ciri Fisik Ayam Aduan Yang Berkualitas dan bentuk sisik kaki ayam aduan yang bagus

PETERNAKAN AYAM ADUAN

ciri-ciri ayam aduan yang mempunyai pukulan keras memiliki tubuh atau fisik, bentuk kaki dan sisik kaki.

Ciri-Ciri Fisik Ayam Aduan Yang Berkualitas - Bagi yang ingin mengetahui mengenai ayam aduan yang memiliki ciri - ciri kaki Ayam Kuat dan mempunyai pukulan yang keras serta akurat, dalam artikel ini kami ingin menguraikan atau menjelaskan secara singkat tentang ayam aduan yang mempunyai ciri-ciri kaki Ayam kuat dan juga memiliki pukulan yang keras serta akurat. Ayam aduan yang memiliki pukulan yang kuat sekarang ini menjadi incaran para penghobi ayam petarung karena kekuatan pukulan merupakan salah satu faktor penentu dalam sebuah pertandingan ayam. Ayam aduan jika tidak memiliki kekuatan pukulan maka sangat mustahil untuk menang karena ayam aduan akan cepat menang apabila mempunyai kekuatan pukulan keras dan bisa melancarkan serangan dengan akurat terlebih-lebih kalau ayam aduan tersebut memiliki taji. Bisa dibayangkan kalau seekor ayam aduan memiliki taji dan dipukulkan dengan keras maka yang terjadi taji ayam tersebut akan masuk lebih dalam kebagian tubuh ayam lawan baik di bagian kepala maupun bagian badan lawan. 

Baca juga :

Adapun ciri-ciri ayam aduan yang mempunyai pukulan keras memiliki tubuh atau fisik, bentuk kaki dan sisik kaki.

Fisik atau Tubuh Ayam Aduan Yang Mempunyai Pukulan Keras
Tubuh/ Fisik ayam aduan yang bagus merupakan kunci seekor ayam petarung dalam mencapai sebuah kemenangan dalam pertandingan, karena tubuh/ Fisik merupakan tempat melekatnya otot -otot ayam aduan dalam melepaskan pukulan. Adapun ciri tubuh ayam aduan yang memiliki kekuatan pukulan keras harus empuk dan lentur. Apabila ayam aduan ini kita pegang akan terasa sekali keempukan tubuh ayam aduan yang bagus itu. Fisik atau tubuh ayam aduan yang empuk memiliki kekuatan pukulan lebih bagus atau lebih sempurna jika dibandingkan tubuh ayam aduan yang berbadan keras.
Fisik atau Tubuh Ayam Aduan Yang Mempunyai Pukulan Keras


Diatas merupakan tubuh ayam aduan yang berbadan empuk dan memiliki pukulan keras dan akurat, disebut juga pukulan mati. Karena badan atau fisik ayam aduan yang empuk dan juga lentur akan memudahkan akurasi pukulan yang sempurna.

Bentuk Kaki Ayam Aduan Kuat Pukul Keras
Bentuk tulang kaki ayam aduan merupakan kualitas ayam dalam melepaskan pukulan. Semakin panjang kaki ayam aduan tersebut maka akan semakin buruk kualitas dan juga akurasi pukulan ayam aduan tersebut. Bentuk Kaki ayam aduan yang bagus harus lebih pendek dari paha dan terlihat jelas sekali. Bentuk kaki ayam aduan yang memiliki pukulan keras harus terlihat menekuk dan bukan sejajar atau lurus dengan paha.

Bentuk Sisik Kaki Ayam Aduan Yang Mempunyai Pukulan Keras
Sisik kaki merupakan pembungkus kaki ayam, baik untuk perlindungan dari benturan lawan maupun sebagai senjata untuk memberikan sakitnya pukulan. Berikut ini ciri sisik kaki ayam aduan yang memiliki kekuatan pukul keras harus terlihat kering dengan sisik kaki bagian belakang dari kaki tampak berderet mengarah keatas, namun ada juga yang mengarah kebawah yang dalam katuranggan ayam aduan disebut sisik naga mangsa dan sisik naga temurun.
Bentuk Sisik Kaki Ayam Aduan Yang Mempunyai Pukulan Keras

Gambar diatas adalah contoh dari sisik kaki ayam aduan yang kuat pukul keras, terlihat sekali kaki ayam aduan tersebut mempunyai sisik dengan ukuran yang besar dan terlihat kering. ayam aduan terlihat tidak bisa berdiri dengan kaki lurus melainkan kaki ayam aduan tersebut terlihar menekuk kebelakang itu di karenakan sisik kaki bagian belakang menghadap keatas. Oleh karena itulah yang membatasi kaki ayam aduan ini tidak bisa lurus dengan paha namun ayam aduan semacam ini sanggup melepaskan pukulan yang sangat keras. Tetapi untuk mencapai pukulan yang akurat dan sempurna tubuh ayam aduan harus lah lentur dan empuk. maka dari itu dalam memilih seekor ayam aduan harus mencakup ketiga kriteria seperti di sebutkan diatas. Karena ketiga kriteria diatas merupakan kesatuan untuk mencapai ayam aduan kuat memukul keras dan akurat.

Baca Juga :

JENIS-JENIS SISIK KAKI AYAM ADUAN YANG BERKUALITAS
Ada 10 Bentuk kaki Ayam aduan yang berkualitas, secara fisik, bagian kaki ayam aduan juga merupakan salahsatu faktor penting dalam menentukan kelayakan ayam tersebut untuk di jadikan sebagai ayam aduan. ayam memiliki kaki lemah, maka jangan berharap ayam aduan anda menjadi juara, Karena seekor ayam aduan sangat mengandalkan kakinya untuk menjatuhkan lawan dalam sebuah pertarungan.

Bentuk dan ukuran kaki ayam aduan sangat beragam. ada yang bentuknya bulat dan ada juga yang persegi, blimbing dengan ukuran kecil atau besar. Sebagian para peternak ayam aduan menilai kaki yang kecil lebih cepat dan pukulanya lebih sakit. Akan tetapi untuk menentukan pilihan bentuk kaki ayam aduan yang baik, kita membutuhkan pengalaman yang cukup tinggi dalam menilai karakter ayam aduan.

Dulu mungkin, para penghobi ayam aduan di indonesia lebih menyukai ayam yang mempunyai kaki blimbing karena ayam aduan yang bentuk kaki seperti ini mempunyai pukulan yang berat, Akan tetapi, berdasarkan dari pengalaman para peternak ayam di bangkok, kaki ayam aduan yang berbentuk bulat yang diameternya lebih kecil mempunyai pukulan yang lebih sakit.

Dalam memilih ayam aduan, kita juga harus melihat dari bentuk sisiknya. Sisik kaki ayam aduan yang baik, sangat penting saat ayam bertarung melawan musuhnya.

Dibawah ini adalah beberapa istilah ayam aduan berdasarkan sisik kakinya menurut primbon jawa.
  1. Sisik Naga Temurun. Sisik kaki belakang terlihat menghadap kebawah.itu menandakan pukulan ayam ini sangat dalam hingga meremukkan lawan.
  2. Sisik Naga Mangsa. Sisik melingkar seperti gelang orang jawa menyebutnya sisik ubed. Keunggulan ayam aduan ini adalah, musuh yang menerima pukulan ayam ini akan menyerah karena pukulanya sangat menyakitkan.
  3. Sisik Tanjung Karang. sisik kaki jari belakang kiri dan kanan pecah atau terbelah. itu menandakan pukulan ayam aduan ini bisa membuat lawan kebingungan.
  4. Sisik Putri Kinurung. Pada kaki ayam aduan yang mempunyai sisik ubed terdapat sisik yang menyelip atau keluar di bagian sisik utama. ayam aduan dengan sisik seperti ini pukulanya mengakibatkan lawan sempoyongan dan tidak seimbang,
  5. Sisik Tunggak Winarayan. Sisik jari belakang (jari kelingking) di bagian kanan dan bagian kiri pecah. itu menandakan pukulan ayam aduan membuat lawan ketakutan.
  6. Sisik Naga Banda. Sisik kaki mirip kulit salak. itu menandakan pukulan ayam aduan ini sangat mematikan sehingga lawan menjadi lari tunggang langgang dari arena pertandingan.
  7. Sisik Batu Rantai. Bagian Bawah jari kaki terdapat sisik. itu menandakan pukulan ayam ini sangat menyakitkan.
  8. Sisik Batu Karang. Sisik di seluruh jari kaki ayam pecah. itu menandakan pukulan ayam ini dapat membutakan mata lawan.
  9. Sisik Batu Lapak. Bagian bawah telapak kaki terdapat sisik di bagian tengah. itu menandakan pukulan ayam aduan ini dapat mengakibatkan musuh lemas dan kehilangan tenaga.
  10. Sisik Satriya sinekti. Kaki terlihat mulus tanpa sisik, itu menandakan Ayam selalu unggul dan selalu menang dalam pertandingan.
Data peternakan ayam ini kami olah dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Fisik Ayam Aduan Yang Berkualitas dan bentuk sisik kaki ayam aduan yang bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel