Kandungan daun pepaya, dan khasiat daun pepaya untuk menyembuhkan penyakit cacingan pada ayam

PETERNAKAN AYAM

daun pepaya sebagai obat bagi ayam cacingan

Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya Bagi Tubuh Ayam
Cara Penggemukan Ayam Aduan - Penyakit cacingan atau helminthiasis umumnya kurang disadari oleh para peternak ayam terutama bagi mereka para penghobi ayam aduan karena terkadang penyakit cacingan ini tidak menimbulkan kematian yang secara mendadak dan tinggi terhadap ayam peliharaan. Ternak Ayam peliharaa yang terinfeksi penyakit cacingan pun tidak menunjukkan gejala - gejala klinis yang menciri. Dari banyak kasus yang terjadi, penyakit cacingan pada ayam akan menimbulkan beberapa kerugian seperti produksi telur menurun dan penurunan efisiensi ransum. Cacing yang sering sekali menyerang ayam peliharaan secara umum terdiri dari 2 jenis yaitu cacing pita (Raillietina sp, Davainea sp). dan cacing gilik (Ascaridia sp, Syngamus trachea, Oxyspirura mansonii, Heterakis sallinae)

Penyakit Cacingan Pada Ayam
Ayam aduan yang terkena helminthiasis badannya akan terlihat tetap kurus meskipun kita telah memberinya banyak makanan. Hal ini menjadi sangat merugikan bagi kita, karena kita sebagai peternak telah mengeluarkan banyak biaya untuk membeli pakan ayam, namun ayam peliharaan tersebut tidak bertambah gemuk juga. Tetapi kita tidak perlu pusing untuk mencari obat cacingan karena daun papaya dapat menjadi salah satu alternative untuk menghilangkan penyakit cacingan pada ayam.

Pepaya (Carica papaya L.) adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika Latin yaitu Meksiko bagian utara dan Amerika bagian Selatan. Namun kini tanaman pepaya telah menyebar luas dan banyak di budidayakan di seluruh daerah tropis, tak terkecuali di negara Indonesia.

Pepaya juga merupakan tanaman serba guna. Tanaman yang satu ini selain menghasilkan buah yang segar dan banyak mengandung manfaat, disamping itu getah dari tanaman pepaya juga bisa dijadikan bahan kosmetik, dan lain sebagainya. Selain manfaat dari getah pepaya, Daun pepaya juga mengandung banyak sekali manfaat. Daun pepaya bisa kita gunakan sebagai obat cacing, dan juga dapat digunakan sebagai penambah nafsu makan bagi manusia dan juga hewan (Ayam). Mungkin tidak semua orang mengetahui manfaat dari daun pepaya ini. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami ingin menguraikan mengenai Pemanfaatan Daun Pepaya Sebagai Tambahan Makanan Ayam Peliharaan, untuk membuktikan yang bahwa daun pepaya bisa digunakan sebagai alternatif yang sangat murah dan mudah untuk menciptakan ayam peliharaan yang sehat bebas dari penyakit cacingan dan menguntungkan bagi konsumen maupun peternak ayam sendiri.

Didalam daun pepaya, terdapat berbagai macam zat, antara lain :
  1. Vitamin A 18250 SI 
  2. Vitamin C 140 mg 
  3. Vitamin B1 0,15 mg 
  4. Hidrat Arang 11,9 gram 
  5. Kalori 79 kal 
  6. Protein 8,0 gram 
  7. Lemak 2 gram 
  8. Kalsium 353 mg 
  9. Fosfor 63 mg 
  10. Besi 0,8 mg 
  11. Air 75,4 gram 
  12. dan juga Kandungan carposide pada daun pepaya berkhasiat sebagai obat cacing. 
Daun Pepaya Selain dapat dimanfaatkan sebagai obat cacing pada ayam, daun ini, selain rasanya juga pahit, ternyata memiliki berbagai manfaat lainnya seperti :
  1. Melancarkan Pencernaan
  2. Penambah Nafsu Makan pada unggas / ayam
  3. Digunakan Untuk Obat Jerawat 
  4. Mengurangi Nyeri Haid 
  5. Anti kanker, dan masih banyak manfaat lainnya, terutama bagi unggas/ Ayam
Baca juga :
Pakan / Makanan Ayam 

Pada umumnya, pengertian pakan digunakan untuk hewan / Unggas (Ayam, Bebek, Burung, Ikan). Berkaitan dengan pakan /Makanan ayam, maka dihadapkan pada masalah - masalah kontinuitas, kuantitatif, kualitatif dan keseimbangan zat pakan /makanan ayam yang terkandung di dalamnya.

Bahan makanan/ pakan ayam (bahan makanan bagi ternak ayam) yaitu segala sesuatu yang baik diberikan untuk ayam (organic maunpun ayam non organic) yang sebagian atau pun seluruhnya mampu dicerna tanpa mengganggu kesehatan pencernaan ayam tersebut. 

Zat pakan (zat makanan ayam ) yaitu bagian dari bahan pakan yang mampu dicerna, dan dapat diserap, serta bermanfaat bagi tubuh ayam itu sendiri. (ada enam macam zat pakan ; karbohidrat, mineral, protein, air dan vitamin)

Belum ada Komentar untuk "Kandungan daun pepaya, dan khasiat daun pepaya untuk menyembuhkan penyakit cacingan pada ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel